10 Cara Agar Tidur Menjadi Lebih Nyenyak Dan Nyaman Saat Hamil

Moms saat hamil pasti lebih lelah dari biasa, dan yang moms inginkan hanyalah tidur nyenyak. Tetapi terkadang moms suka sulit saat tidur, nah bagaimana cara agar tidur menjadi lebih nyenyak dan nyaman saat moms sedang hamil?

beberapa ahli seperti : Sam Sugar, MD, direktur Program MedCheck and Sleep Health di Pusat Kehidupan Panjang Pritikin + Spa di Miami, dan Matthew Mingrone, MD, memimpin dokter di Eos Sleep di San Francisco, mereka akan menjelaskan beberapa Cara Agar Tidur Menjadi Lebih Nyenyak Dan Nyaman :

1. Kurangin makan snack saat larut malam

Kita tahu bayi lapar, akan tetapi, jangan mengkonsumsi makanan/minuman apapun dua jam sebelum tidur. “Ada kemungkinan hal itu akan menyebabkan refluks atau sakit maag,” kata Dr. Sugar. Dan itu akan membuat moms jadi terjaga dan tidak nyaman.

2. Berpindah posisi menjadi miring

Moms diharuskan tidur dengan posisi miring, karena hal itu akan mengurangi jumlah tekanan pada rahim moms dan membantu moms bernapas dengan lebih baik.

Selain itu, posisi ini akan membantu meredakan sakit punggung. Dan memang ada sisi baiknya. Menurut American Pregnancy Association, saat tidur dengan posisi miring dapat membantu meningkatkan jumlah darah dan nutrisi yang mengalir ke bayi.

3. Menopang tubuh moms dengan bantal

Dapatkan bantal yang kuat, dan gunakan bantal tersebut untuk menopang kepala dan tubuh bagian atas beberapa inci. Posisi ini memungkinkan gravitasi untuk mengurangi tekanan pada diafragma moms dan membantu moms bernafas lebih mudah.

“Bantal yang diletakkan secara strategis membantu menopang perut dan bisa membantu Anda tidur, cobalah menopang tubuh moms dengan bantal untuk mendapatkan dukungan semacam ini,” kata Dr. Mingrone.

4. Berhenti berguling dan berputar saat sedang tidur

Sepertinya tidak masuk akal, tapi jika moms tidak bisa tidur, jangan hanya terbaring di ranjang. “Bangun dan lakukan sesuatu yang mungkin membuat Anda bosan selama beberapa menit,” kata Dr. Sugar.

Cobalah berkeliling rumah atau melipat pakaian. Mungkin terasa aneh, tapi kita semua tahu bahwa tugas rumah tangga terkadang membosankan, maka dari itu coba gunakan untuk keuntungan moms. apabila moms sudah sedikit tenang, kembalilah ke tempat tidur dan lihat apakah Anda bisa tertidur.

5. Jadikan tempat tidur moms menjadi nyaman untuk digunakan

Tempat tidur yang nyaman adalah kunci agar moms dapat tidur dengan nyaman. Karena tulang belakang moms terasa lebih banyak tekanan dari biasanya, dapatkan bantal ukuran yang berbeda dan atur ulang untuk mengangkat tubuh Anda atau meringankan sakit punggung.

moms mungkin perlu kasur yang empuk untuk merasa nyaman. dan apabila moms tidak mendapatkan cukup banyak dukungan dari kasur maka moms akan mengalami sakit punggung atau sakit otot, untuk itu moms mungkin perlu menambahkan Bed rest yang aman.

6. Menjaga waktu tidur siang

“Jika anda mempunyai waktu untuk tidur siang, maka tidurlah, akan tetapi jangan tidur siang lebih dari 30 menit”, kata Dr. Sugar.

Apabila moms tidur lebih lama dari itu, tubuh moms akan memasuki tahap tidur nyenyak dan ini akan membuat lebih sulit bagi moms untuk bangun dan akan membuat moms merasa grogi.

Namun jangan khawatir moms, meskipun moms hanya boleh tidur siang setengah jam, moms dapat mengambil beberapa kesempatan tidur siang setiap hari. Ini adalah perawatan yang sempurna untuk kelelahan saat siang hari.

Sebelum moms membaca artikel ini hingga selesai, Masih ada 4 point agar moms tahu Cara Agar Tidur Menjadi Lebih Nyenyak Dan Nyaman

7. Menurunkan suhu temperatur pada kamar

Panas pada tubuh moms akan meningkat selama kehamilan. moms mungkin akan merasa panas sepanjang waktu, dan jika kamar moms terlalu hangat, maka Anda mungkin sulit tidur.

Jadi cobalah moms bereksperimen dengan termostat untuk menemukan suhu yang paling nyaman untuk moms,  mungkin beberapa derajat lebih rendah dari biasanya.

“Bagi kebanyakan orang, pengaturan termostat ke 60an rendah [derajat Fahrenheit] adalah suhu tidur ideal,” kata Dr. Mingrone.

8. Menjauhi aktivitas berat saat sebelum tidur

Beberapa menit sebelum moms tidur, jauhi stimulasi eksternal, itu berarti buku, ponsel cerdas, surat kabar, televisi atau sumber kebisingan atau cahaya potensial.

Selain itu, moms harus menjauh dari melakukan aktivitas berat seperti latihan saat larut malam atau membersihkan rumah moms saat sebelum tidur.

9. Jangan bekerja di tempat tidur

Jangan bekerja di tempat tidur ya moms, seperti menjawab beberapa email atau membayar tagihan. karena moms harus tahu bahwa tempat tidur moms adalah untuk beristirahat, jadi moms tidak perlu bekerja di tempat tidur.

10. Mematikan lampu kamar

Jaga agar ruangan tetap tenang dan gelap. Jika moms memiliki jam alarm dengan cahaya terang atau perangkat elektronik lain yang memiliki sumber cahaya (seperti layar smartphone dan laptop), Pastikan kecerahan tidak menghadap kearah moms.

Letakkan secarik kain di atasnya atau balikkan. “Cahaya buatan bisa mengganggu tidur alami dan menghambat produksi hormon melatonin, yang bisa mengacaukan siklus tidur Anda,” kata Dr. Mingrone.

Jaga agar tirai atau gorden moms tetap tertutup, jika ada terlalu banyak cahaya terang di pagi hari, investasikan beberapa tirai pemadaman.

Itulah beberapa cara agar tidur menjadi lebih nyenyak dan nyaman, semoga setelah moms membaca artikel ini moms akan dapat tidur dengan nyenyak dan nyaman saat moms sedang hamil. Semoga bermanfaat.

Reply

sixteen + 1 =