10 Super Food Bagi Ibu Hamil

Super Food Bagi Ibu Hamil

Tahukah Moms bahwa saat moms sedang hamil, moms dituntut untuk melakukan kebiasaan makan yang lebih baik. Bagaimanapun tubuh moms akan mengalami perubahan besar, dan pastinya moms dan bayi moms sangat membutuhkan vitamin dan nutrisi dosis penuh pada makanan agar tetap sehat dan kuat, maka dari itu moms harus mengonsumsi super food yang memiliki kandungan gizi yang bagus agar moms sehat saat hamil.

Kebutuhan gizi ibu hamil sangat penting untuk diperhatikan. Walaupun gejala morning sickness sudah mulai berkurang, namun Moms tidak boleh lengah. Asupan nutrisi tetap dibutuhkan guna mengoptimalkan perkembangan janin dalam rahim serta memperkecil risiko keguguran.

Ada beberapa gizi yang perlu diperhatikan oleh moms saat sedang hamil, Cosmomom akan menjelaskan sedikit tentang gizi yang diperlukan oleh Moms saat sedang hamil :

1. Asam Lemak Omega-3

Kebutuhan gizi ibu hamil yang pertama dan terbilang penting yakni asam lemak omega-3. Senyawa ini merupakan asam lemak essensial atau tak jenuh yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Menurut studi, asam lemak omega-3 dapat membantu perkembangan otak dan sistem saraf janin, mengoptimalkan perkembangan otot, mata dan mencegah terjadinya cacat pada bayi.

Beberapa Super food bagi ibu hamil mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk ibu hamil seperti DHA (asam docosahexaenoic) dan EPA (asam eicosapentaenoic), serta ALA (asam alfa-linolenat). Para ahli merekomendasikan ibu hamil untuk mengonsumsi asam lemak omega-3 sekitar 1,4 gram peram perhari.

2. Karbohidrat

Karbohidrat juga menjadi salah satu kebutuhan gizi ibu hamil. Karbohidrat berperan sebagai pemasok kebutuhan energi tubuh. Sehingga ibu tidak mudah lemas atau letih.

Namun demikian, bagi pengidap diabetes sebaiknya membatasi konsumsi sumber karbohidrat tertentu (seperti nasi putih) dikarenakan nasi mengandung gula cukup tinggi yang bisa memperparah diabetes.

3. Asam Folat

Asam folat atau juga dikenal sebagai vitamin B -12 adalah salah satu asupan nutrisi yang sangat penting bagi ibu hamil. Idealnya, tubuh membutuhkan sekitar 400 mikrogram asam folat perhari. Namun saat hamil, kadar yang dibutuhkan meningkat menjadi 600 mikrogram perhari.

Super food bagi ibu hamil yang mengandung Asam folat berguna untuk mengurangi risiko bayi lahir cacat, meningkatkan produksi sel darah merah, mencegah keguguran, dan membantu pertumbuhan jaringan tubuh pada bayi.

4. Zat Besi

Kebutuhan lain pada super food saat ibu hamil yang tak kalah penting yakni zat besi. Mineral ini berperan dalam membantu sistem pengangkutan oksigen dalam tubuh, meningkatkan volume darah, meningkatkan pasokan energi, membantu membentuk plasenta, memperkecil risko bayi lahir prematur serta mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil.

5. Kalsium

Super food bagi ibu hamil yang mengandung Kalsium merupakan mineral yang dapat memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil. Menurut pakar kesehatan, ibu hamil disarankan mengonsumsi kalsium sekitar 1000 miligram perhari.

Kalsium dapat membantu pertumbuhan tulang janin dan tentunya juga bermanfaat untuk ibu agar tidak sakit tulang (misalnya saja osteoporosis, bungkung dan sejenisnya). Selain itu, kalsium juga dapat membantu pertumbuhan kuncup gigi bayi serta mengatur cairan dalam tubuh.

6. Serat

Ibu hamil sangat rentan mengalami sembelit atau susah BAB. Maka itu, serat menjadi kebutuhan penting saat kehamilan. Bahkan disarankan untuk dikonsumsi setiap hari.

Beberapa manfaat serat bagi ibu hamil yakni melancarkan proses pencernaan, mencegah terjadinya intoleransi glukosa yang merupakan pemicu penyakit diabetes, mengurangi risiko pre-eklamsia, menurunkan risiko kanker endometrium, kanker kolon dan payudara, serta mencegah kanker ovarium ataupun kanker serviks. Kebutuhan serat yang disarankan bagi ibu hamil yakni sekitar 25-35 miligram perhari.

7. Vitamin C

Kebutuhan gizi ibu hamil trimester kedua berikutnya adalah vitamin C. Vitamin ini dikenal sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, vitamin C juga dapat menjaga kesehatan ibu hamil dan janinya juga, loh! Vitamin C membantu penyerapan zat besi dalam tubuh, meningatkan fungsi paru-paru, membantu penyembuhan luka, mengomptimalkan proses metabolisme, serta menunjang pertumbuhan tulang dan sendi. Para ahli menyarankan agar ibu hamil mengonsumsi vitamin C setidaknya sekitar 85 miligram perhari.

8. Vitamin B6 (piroksidin)

Vitamin B6 juga dikelompokkan dalam kebutuhan gizi ibu hamil. Mengonsumsi vitamin B6 selama kehamilan dapat membantu mengurangi gejala mual dan muntah, mengatasi masalah anemia, membantu pembentukan sel darah merah.

9. Zink

Ibu hamil juga sangat dianjurkan untuk meningkatkan asupan mineral zink. Mineral ini dapat mengoptimalkan proses tumbuh kembang janin dalam rahim, membantu pembentukan DNA janin, melancarkan metabolisme tubuh, menghindari bayi lahir prematur, keguguran dan masalah kehamilan lainnya.

10. Air putih

Air putih juga dibutuhkan oleh ibu hamil. Gunanya untuk mencegah dehidrasi, membantu mengeluarkan toksin dari dalam tubuh, mengurangi morning sickness, melancarkan prederan darah, dan membantu penyerapan nutrisi. Sebaiknya konsumsi air putih sekitar 8-10 gelas perhari selama kehamilan.

itulah beberapa gizi yang diperlukan oleh Moms saat sedang hamil. Agar gizi Moms saat sedang hamil tercukupi, Moms harus memakan beberapa makanan-makanan yang disebut sebagai Super Food.

Tetapi apa saja makanan yang dianggap sebagai Super Food bagi ibu hamil ? Untuk itu cosmomom akan membahas mengenai 10 Super Food bagi ibu hamil yang harus dikonsumsi moms :

1. Telur

Apa yang didapat dari telur :

Apa yang biasa lakukan dengan telur? apakah digoreng? diacak? direbus keras atau disajikan sebagai telur dadar, telur adalah standar emas untuk protein prenatal. Selain itu telur juga menjadi sumber folat, zat besi dan kolin.

Mengapa telur baik untuk moms dan bayi :

Bukan hanya itu, telur juga sebagai sumber protein yang relatif murah, serbaguna dan nyaman, tetapi juga mengandung kolin.

apakah moms pernah mendengar kata “kolin”? Kolin sangat penting untuk perkembangan otak janin dan mengurangi risiko cacat tabung saraf, seperti spina bifida (cacat lahir yang ditandai dengan terbentuknya celah atau defek pada tulang belakang dan sumsum tulang belakang bayi).

Tetapi agar moms tidak kehilangan keuntungan dari telur, Moms harus makan semua, karena kolin terkandung dalam kuning telur (jadi jangan hanya memakan putih telurnya saja).

Bonus :

Berikan bayi dorongan otak dengan membeli telur yang diperkaya dengan omega-3.

2. Ubi Jalar

Apa yang didapat dari ubi jalar :

Jangan hanya dipakai untuk Thanksgiving saja, karena ubi jalar sangat penuh dengan serat bergizi, vitamin B6, potasium (bahkan melebihi pisang), vitamin C dan zat besi, serta tembaga dan beta karoten (senyawa karotenoid, atau pigmen yang memberikan warna pada tumbuhan yang dikenal memiliki efek antioksidan).

Mengapa ubi jalar baik untuk moms dan bayi :

Tentu baik, sebenarnya banyak makanan yang baik untuk moms, tapi cosmomom memilih ubi jalar sebagai Super Food bagi ibu hamil karena mengandung beta karoten (antioksidan yang  dapat mengubah tubuh moms menjadi vitamin A).

Dan vitamin A berperan penting dalam perkembangan mata, tulang dan kulit bayi. Kacang oranye ini juga merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan zat besi moms, dan ubi jalar juga mengandung tembaga, mineral yang membantu tubuh Anda menyerap zat besi. ubi jalar ini dapat dipanggang atau digoreng (um, yummy,!).

3. Kacang

Apa yang mereka dapatkan dari kacang :

Cemilan renyah ini penuh dengan lemak sehat (termasuk omega-3 yang meningkatkan otak, protein, serat dan berbagai vitamin dan mineral. Plus, noshing pada kacang akan membantu membuat penyok dalam magnesium 350 miligram yang seharusnya moms dapatkan sekarang saat sedang hamil.

Mengapa kacang baik untuk moms dan bayi :

Mengkonsumsi makanan kaya magnesium seperti kacang dapat membantu mengurangi risiko persalinan prematur dan membantu perkembangan sistem saraf bayi. Secangkir almond iris mengandung hampir 250 mg magnesium, jadi simpanlah cemilan ringan prenatal ini di tas moms ya.

Untuk mengontrol agar tidak sering mengidam :

Agar moms dapat mengontrolnya, cobalah menggigit pistachio dengan cangkang. Mereka memiliki magnesium sedikit kurang (150 mg per cangkir), tapi butuh waktu lebih lama untuk makan, memberi tubuh moms lebih banyak waktu untuk lapar agar dapat kenyang.

4. Kacang Polong dan Lentil (Miju-miju)

Apa yang dapatkan dari kacang polong dan miju-miju :

Jika moms kurang menyukai makan daging atau bahkan tidak menyukainya sama sekali, mungkin kacang polong dan miju-miju ini sangat cocok, karena memiliki sumber protein dan zat besi yang hebat, juga folat, serat dan kalsium.

Mengapa Kacang polong dan miju-miju baik untuk moms dan bayi :

Kacang ini banyak mengandung mineral pada bayi dan moms yang ditemukan pada produk hewani, jadi itu adalah pilihan terbaik untuk calon ibu mertua yang vegetarian dan vegan.

Kacang juga kaya akan seng, mineral penting yang terkait dengan risiko persalinan prematur yang lebih rendah, berat lahir rendah dan persalinan yang berkepanjangan. Kacang mengganggu perut Anda?

Ada beberapa sumber seng lain selain kacang polong dan lentil contohnya adalah daging, ayam, susu, sereal yang diperkaya, kacang mete, kacang polong, kepiting dan tiram (hanya tidak boleh memakannya saat mentah!).

5. Daging tanpa lemak

Apa yang didapat dari daging tanpa lemak :

Daging tanpa lemak ini adalah sumber protein yang hebat, selain itu daging sapi tanpa lemak juga mengandung vitamin B dan besi.

Mengapa daging ini baik untuk moms dan bayi :

Karena tubuh moms membutuhkan lebih banyak protein sekarang (sekitar 25 gram ekstra sehari) untuk membantu bayi tumbuh dan untuk memastikan otot-ototnya berkembang dengan baik.

Karena apabila tidak mendapatkan cukup mineral dapat mengganggu pertumbuhan bayi dan meningkatkan risiko persalinan prematur dan berat lahir rendah.

Zat besi penting bagi moms untuk pembentukan sel darah merah (untuk mencegah anemia). Selama kehamilan, volume darah Anda meningkat, jadi Anda perlu menaikkan asupan zat besi Anda (sekitar 27 miligram per hari), maka dari itu super food ini cocok untuk moms.

Bonus :

Daging mengandung vitamin B6 yang besar dan kuat, yang membantu pertumbuhan jaringan dan otak bayi saat mengurangi morning sickness, dan B12, yang membantu menjaga kesehatan saraf dan sel darah merah.

6. Jus jeruk

Apa yang didapatkan dari jus jeruk :

Moms harus minum jus jerus pada pagi hari untuk mengisi folat, potassium dan, tentu saja, vitamin C.

Mengapa jus jeruk baik untuk moms dan bayi :

moms mungkin pernah mendengar banyak tentang asam folat dan folat (bentuk sintetis yang moms dapatkan dari suplemen dan makanan), dan dengan alasan itu asam folat memiliki nutrisi penting untuk mencegah cacat lahir tertentu.

Dan untuk memastikan kehamilan yang sehat setelah itu, maka cobalah untuk mendapatkan 400 mikrogram yang direkomendasikan sehari.

Kalium dalam Jus jeruk penting untuk menjaga fungsi otot, metabolisme dan kesehatan secara keseluruhan. Selain itu ibu hamil perlu mengonsumsi lebih banyak kalium karena volume darahnya yang melebar.

Dan seperti yang sudah Anda ketahui, jus jeruk adalah sumber vitamin C yang sangat baik, yang selain melawan pilek, membantu tubuh moms lebih baik dalam menyerap zat besi dan menjaga gigi dan tulang moms tetap sehat dan sehat.

moms juga bisa mendapatkan vitamin C dari brokoli, tomat, stroberi, paprika merah dan berbagai buah jeruk, termasuk makanan ringan prenatal lainnya seperti mangga, yang dikemas dengan lebih dari 20 vitamin dan mineral yang berbeda.

Bonus :

Memilih jus jeruk yang diperkaya dengan vitamin D, dapat meningkatkan sirkulasi darah di plasenta dan membantu penyerapan kalsium sehingga bayi akan memiliki tulang yang lebih kuat.

7. yogurt

Apa yang didapatnya dari yogurt :

Surprise! Yoghurt polos ternyata mengandung sedikit lebih banyak kalsium dibanding susu. Plus, nutrisi nutrisi membangun tulang, termasuk protein, vitamin B dan seng.

Mengapa yogurt baik moms dan bayi:

Kalsium sangat penting untuk menjaga agar tulang dan gigi moms agar tetap sehat dan membantu bayi mengembangkannya. Ibu hamil harus mendapatkan 1.000 mg kalsium per hari untuk mengurangi risiko berat lahir rendah dan persalinan prematur.

Jika jumlah kalsium moms sedikit, maka tubuh moms akan mengambil kebutuhan kalsium bayi dari tulang moms, dan membuat moms berisiko lebih besar terkena osteoporosis di kemudian hari.

Bonus :

Snack pada yogurt Yunani yang di diberi buah diatasnya mengandung dua kali lipat protein (dan serat) punch.

8. Gandum

Apa yang didapat dari gandum :

Gandum dipenuhi serat, protein dan vitamin B6.

Mengapa gandum baik untuk moms dan bayi :

Mulailah pagi Anda dengan benar dengan semangkuk oatmeal bagus. Biji-bijian utuh sangat bagus untuk menjaga tingkat energi Anda naik, terutama jika morning sickness membuat Anda merasa sedikit lelah.

Plus, semua serat itu akan membantu kehamilan lain yang menyenangkan: sembelit. Tapi manfaatnya tidak hanya untuk moms saja.

Super Food bagi ibu hamil ini Juga mengandung protein dan vitamin B6, yang keduanya penting untuk perkembangan bayi.

Bonus :

Carilah variasi makanan yang diperkuat dengan zat besi, vitamin B dan asam folat.

9. Sayuran Hijau

Apa yang didapatkan dari sayuran hijau :

Sayuran hijau Penuh dengan antioksidan dan nutrisi, sayuran hijau gelap seperti bayam, asparagus, brokoli dan kangkung harus ada dalam daftar belanjaan moms.

Mengapa sayuran hijau baik untuk moms dan bayi :

Makanan super ini sangat penting bagi calon ibu dan bayi yang sedang berkembang. Itu karena, selain semua antioksidan tersebut, sayuran berdaun hijau mengandung kalsium, potassium, serat, folat dan vitamin A. selain asparagus atau bayam? Jeruk juga merupakan sumber vitamin A.

10. Ikan salmon

Apa yang didapatkan dari ikan salmon :

Ikan berminyak ini adalah sumber asam lemak dan protein omega-3 yang sangat baik.

Mengapa ikan salmon baik untuk moms dan bayi :

Lupakan tentang pendahuluan DVD Baby Einstein untuk memberi bayi dorongan otak, cukup memasukkan salmon ke dalam makanan moms selama sembilan bulan ke depan.

Asam lemak omega-3 (alias DHA dan EPA) pada ikan membantu otak bayi berkembang, dan kadar DHA yang lebih tinggi pada bayi baru lahir bahkan dikaitkan dengan IQ yang lebih tinggi, kemampuan motorik maju dan sedikit masalah neurologis di kemudian hari.

Omega-3 bagus untuk pengembangan mata bayi juga, dan salmon juga merupakan sumber protein nabati yang sangat baik untuk moms.

Khawatir makanan laut? Super Food bagi ibu hamil ini mengandung merkuri yang rendah dan dianggap aman untuk ibu hamil, tapi batasi asupan moms menjadi dua sampai tiga porsi empat ons atau kurang setiap minggu agar aman.

Itulah 10 Super Food bagi ibu hamil agar sang bayi tumbuh sehat sempurna, semoga setelah membaca ini moms menjadi lebih memilih nutrisi makanan yang cocok untuk moms saat hamil, dan saat melahirkan bayi moms lahir dengan sehat dan tidak cacat atau prematur. Semoga bermanfaat.

Reply

1 × 1 =