14 Makanan Terbaik Untuk Dikonsumsi Selama Menyusui

Sebagai ibu menyusui, moms pasti memiliki beberapa pertimbangan dalam memilih makanan, sebab apa yang moms makan, secara tidak langsung juga menjadi apa yang baby makan.

Fase menyusui adalah fase dimana moms harus benar-benar memperhatikan makanan dan kesehatan moms.

Apapun yang moms makan tak hanya krusial untuk pemulihan moms pasca melahirkan, tapi juga akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas air susu moms.

Berikut ini adalah daftar makanan yang direkomendasikan selama moms menyusui. Makanan ini tak hanya memiliki nutrisi yang baik tapi juga efektif untuk meningkatkan produksi ASI.

1. Oatmeal

Oatmeal selalu menjadi makanan yang direkomendasikan kepada ibu menyusui untuk meningkatkan produksi ASI.

Selain membantu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan membantu mengontrol tekanan darah, Oatmeal juga berperan dalam memberikan efek menenangkan bagi moms.

Efek ini dapat merangsang produksi hormon oksitoksin yang ikut terlibat dalam proses produksi ASI dalam tubuh.

Dapatkan Sagiko Chocolate Oatmeal di lazada.co.id

 

Dapatkan Old Wessex Organic Irish Style Oatmeal di lazada.co.id

2. Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki kandungan EFA dan Omega -3 yang sangat tinggi. Nutrisi ini sangat penting bagi ibu menyusui. Selain membuat ASI moms lebih berkualitas, salmon juga mendorong meningkatkan produksi hormon-hormon laktasi sehingga kuantitas ASI moms meningkat.

3. Bayam

Sayuran hijau sepert bayam, kangkung dan daun katuk kaya akan kalsium, asam folat, dan zat besi. Sayuran hijau ini sangat baik untuk ibu dengan anemia.

Bayam juga mengandung phytoestrogen yang diyakini oleh para ahli mampu meningkatkan kesehatan jaringan payudara dan laktasi. Makanlah dalam jumlah yang cukup, konsumsi yang berlebihan bisa menyebabkan baby mengalami diare.

4. Wortel

Seperti pada bayam, wortel juga kaya akan nutrisi yang mendukung untuk meningkatkan produksi ASI salah satunya adalah phytoestrogen. 

Wortel juga kaya akan beta carotene dan vitamin A yang adapat meningkatkan produksi ASI. Moms bisa mengkonsumsi wortel dengan di jus, di steam dan di buat sup.


 

5. Bawang Putih

Bawang putih juga efektif untuk meningkatkan produksi ASI. Berdasarkan sebuah penelitian, bayi dari ibu yang mengkonsumsi bawang putih lebih sering dan lebih banyak mengkonsumsi ASI.

Sebabnya diperkirakan karena baby menyukai rasa yang ditimbulkannya. Dengan menyusui lebih sering, maka payudara akan mendapatkan rangsangan untuk memproduksi ASI  lebih banyak.

6. Daun kemangi

Daun kemangi memiliki efek menenangkan yang sangat baik untuk ibu hamil karena dapat mendukung produksi hormon yang berperan dalam produksi ASI. Selain itu daun kemangi juga membantu meningkatkan daya tahan baby.

7. Nasi Merah

Nasi merah memberikan suplai energi bagi moms yang menyusui dan membantu dalam produksi ASI.Peneliti menemukan bahwa dengan mengkonsumsi nasi merah dapat meningkatkan level serotonin di otak.

Serotonin ini membantu pengaturan moods, nafsu makan dan kualitas tidur serta menstimulasi sekresi prolaktin yang merupakan hormon kunci pada produksi ASI.

Dapatkan Rice Me Up – Beras Merah Organik – 2 Kg di lazada.co.id

8. Pepaya

Pepaya banyak dikonsumsi sebagai buah untuk meningkatkan jumlah ASI khususnya pepaya yang belum benar-benar matang. Diyakini bahwa enzim-enzim yang ada dalam pepaya dapat menambah kuantitas ASI.

9. Susu

Susu kaya akan kalsium dan EFA yang mendukung aktifitas menyusui. Kandungan lemak yang ada didalamnya juga membantu dalam penyerapan vitamin dan mineral. Susu juga baik untuk memperlancar pencernaan.

Dapatkan Prenagen Lactamom Coklat 400gr di blibli.com

10. Air

Air mungkin secara teknis tidak bisa disebut sebagai makanan ya moms, tapi air memainkan peranan penting untuk moms yang menyusui.

Sebab jika moms kurang terhidrasi, maka tubuh moms juga tidak akan bisa memproduksi ASI. Pastikan moms minum air putih dalam jumlah yang cukup untuk menghindrai dehidrasi.

11. Kacang Almond

Kacang almond kaya akan asam amino dan vitamin E. Asam Amino dalam almondmembantu dalam produksi serotonin yang mendukung produksi air susu moms.

Pastikan memasukkan almond untuk melengkapi pola makan moms. Baik dalam bentuk kacangnya maupun dalam bentuk susu.

Dapatkan Ecomil Organic Almond Milk 400 gr di lazada.co.id

12. Fenugreek

Fenugreek secara luas diketahui dapat meningkatkan produksi ASI. Telah diketahui bahwa fenugreek dapat meningkatkan suplai ASI dalam waktu 24 hingga 72 jam setelah mengkonsumsinya. Moms kini bisa mendapatkan khasiat fenugreek dalam bentuk pil atau supplement.

Dapatkan Herbs of Gold – Breastfeeding Support – 60 Tablet di lazada.co.id

13. Asparagus

Kaya akan serat, asam folat dan vitamin A,C dan K yang baik bagi kualitas air susu moms. Asparagus juga mengandung phytoestrogens yang membantumeningkatkan produksi ASI.

Asparagus juga mengandung tryptopha yang merupakan salah satu jenis asam amino esensial yang dapat menstimulasi prolaktin.

14. Aprikot

Aprikot dapat membantu menyeimbangkan level hormon yang mungkin terganggu keseimbangannya setelah melahirkan. Aprikot juga mengandung phytoestrogens yang baik untuk produksi ASI.

Reply

3 × 4 =