16 Kebiasaaan Baik ini Perlu Moms Ajarkan pada Si Kecil Karena Akan Berdampak Baik Baginya di Masa Mendatang… (Bagian 2)

Kebiasaan baik yang dibentuk sejak dini akan terbawa hingga ia besar dan tidak akan mudah dihilangkan.

Di usianya yang masih sangat muda, moms perlu memperkenalkannya pada kebiasaan dasar yang baik yang akan menguntungkannya di masa yang akan datang.

Melanjutkan artikel sebelumnya, berikut ini nomor 9-16 dari 16 kebiasaan baik yang perlu moms ajarkan pada si kecil sejak dini:

9. Menjaga Kebersihan Tubuh

Dapatkan Dettol Bottle Fresh Body Wash  di blibli.com

Tubuh yang bersih tak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga untuk kepercayaan dirinya. Dengan mengajarkan betapa pentingnya menjaga kebersihan tubuh, si kecil akan lebih menghargai tubuhnya.

Ajarkan dan bimbing si kecil untuk mandi dengan benar, menyikat gigi, memotong kuku, membersihkan telinga dan merawat kemaluannya hingga ia bisa melakukannya sendiri nanti saat usianya sudah lebih besar.

10. Membatasi Konsumsi Gula

Konsumsi gula yang berlebihan sama sekali tidak baik untuk kesehatan, apalagi kalau keluarga kita punya riwayat penyakit diabetes yang beresiko diturunkan secara genetik.

Selain bahaya diabetes, terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi juga buruk bagi gigi dan bisa menyebabkan kegemukan. Yuk moms, ajarkan si kecil untuk membatasi konsumsi gulanya demi kesehatannya.

11. Menabung dan Memberi

Dapatkan MAO Celengan Atm Doraemon di blibli.com

Ajarkan si kecil sejak dini untuk menabung agar kelak ia mampu mengelola uang dengan baik. Selain menabung uang, ajari juga ia untuk menabung kebaikan dengan memberi.

12. Tidur Cukup

Anak-anak dan dewasa membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Pada anak-anak, tidur dibutuhkan untuk mendukung perkembangan tubuh dan otaknya.

Ajarkan si kecil pentingnya kebiasaan baik untuk mendapatkan tidur yang cukup setiap malam dan berapa jam waktu yang dibutuhkannya untuk tidur.

13. Membatasi Waktu Menonton Televisi

Konten televisi zaman sekarang ini memang agak mengkhawatirkan. Sebaiknya moms memfilter tontonan si kecil dan membatasi waktunya untuk menonton. Alihkan waktu untuk menonton untuk melakukan sesuatu yang kreatif dan menyenangkan.

14. Ajarkan ia untuk mengenakan perlengkapan keselamatan

Dapatkan WTO Helmet Kids Pet Cut The Rope Hijau Helm Anak + Jas Hujan Anak di blibli.com

Ajarkan si kecil untuk disiplin menggunakan sabuk pengaman saat naik mobil, mengenakan helm saat bersepeda ataupun saat dibonceng di sepeda motor. Menjaga keselamatannya bukan berarti moms harus melarangnya melakukan ini dan itu, selain mengawasinya, ajarkan ia untuk mengenakan perlengkapan keselamatan.

15. Membiasakannya Untuk Mengucap Salam dan Berkata Terima Kasih

Ajarkan si kecil untuk menghargai orang lain, berlaku sopan dan bertutur dengan santun, salah duanya adalah membiasakan si kecil untuk mengucap salam pada oran lain serta berterima kasih setiap ia mendapatkan bantuan dari orang lain. Karena etiket merupakan hal penting dalam hidup bermasyarakat, ini perlu ditanamkan sejak dini.

16. Ajarkan si kecil untuk menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan

Sesekali berikan si kecil kesempatan untuk menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan lewat bimbingan moms. Ketika si kecil mengeluh mengenai sesuatu ajarkan dia untuk melihatnya dari sudut pandang lain dan bantu dia untuk mencari solusi dengan memberikan berbagai pilihan yang ia miliki. Hal ini akan membuatnya lebih mandiri dan berani untuk menentukan pilihan.

Demikian 16 kebiasaan baik yang bisa membantu si kecil saat ia lebih dewasa nanti. semoga menginspirasi

Reply

sixteen − 11 =