Ini Adalah 3 Manfaat Yoga Untuk Anak – Anak

Ini Adalah 3 Manfaat Yoga Untuk Anak

Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang sedang naik daun beberapa tahun belakangan ini. Yoga dapat dilakukan baik oleh pria maupun wanita dengan berbagai usia dan latar belakang, mulai dari mahasiswa sampai artis ibu kota, ataupun wanita karier sampai ibu rumah tangga.

You know Moms, your kids can do yoga too! Dengan tubuh mereka yang masih sangat lentur, anak-anak akan mudah sekali beradaptasi dan mengikuti gerakan maupun pose yoga yang nampak rumit dan baik untuk perkembangan anak. Tapi tentu saja, tidak semua pose dan gerakan dapat dilakukan oleh anak kecil.

Untuk menghindari cedera maupun efek yang tidak diinginkan, jangan lupa untuk berkonsultasi pada ahlinya terlebih dahulu. Banyak kelas ‘yoga for kids’ ataupun kelas ‘mom and kids yoga’ terutama di kota-kota besar di Indonesia.

Manfaat yoga untuk anak 1

Setelah moms mengetahui pose mana yang bisa dilakukan maupun tidak, selanjutnya moms dapat berlatih sendiri dirumah dengan si kecil.

Berikut adalah 3 manfaat yoga untuk perkembangan anak yang dapat dirasakan bila anak anda berlatih yoga secara rutin:

  1. Memperbaiki Pernafasan

    Banyak orang berpikir bahwa berlatih yoga kurang menantang karena yang dilakukan hanya berpose lalu menahan pose tersebut selama beberapa menit. Padahal saat itulah anak akan diajak untuk fokus pada pernafasannya. Dengan menarik nafas dalam-dalam lalu menghembuskannya dapat memperkuat paru-paru si kecil.

  2. Meningkatkan Kekuatan

    Dalam yoga, si kecil harus melakukan gerakan tertentu dan mempertahankan pose tersebut untuk beberapa saat. Kadang hal ini tidak mudah dilakukan, karena setelah beberapa lama bertahan di pose tersebut, tangan atau kaki akan terasa pegal.

    Bila latihan ini rutin dilakukan, lama-kelamaan si kecil dapat melakukan pose tersebut lebih lama. Ini berarti juga bahwa kekuatan ototnya semakin terbentuk.yoga bagi perkembangan anak

  3. Body awareness

    Yoga dapat membuat si kecil lebih menyadari akan tubuhnya. Selain itu, yoga juga dapat memberikan ketenangan bagi si kecil. Yoga dapat meningkatkan konsentrasi dan juga fokus. Tentu saja, hal ini akan sangat bermanfaat bagi pelajarannya di sekolah serta baik bagi perkembangan anak.

Menarik bukan, Moms? Yuk, tingkatkan quality-time antara moms dan si kecil dengan cara berolahraga bersama.

Reply

four × 3 =