4 Hal Ini Akan Moms Rasakan Saat Menyusui Untuk Pertamakali

Menyusui Untuk Pertamakalinya Merupakan Pengalaman Berharga yang Tak Akan Pernah Terlupakan. Bisa Memberikan Makanan Terbaik Untuk Si Kecil Tentu Saja Sangat Membahagiakan.

Ini Dia 4 Hal yang Akan Moms Rasakan Saat Pertamakali Menyusui Si Kecil.

Menjadi ibu adalah hal terindah yang dimiliki oleh setiap wanita, terlebih ketika bisa hamil dan melahirkan si kecil dengan selamat. Lengkap sudah kebahagiaan wanita pada saat ini. Melahirkan tentu bukanlah proses yang mudah, ada banyak kesulitan dan resiko yang harus dilalui oleh sang ibu.

Dan ketika telah berhasil melahirkan pun, kebahagiaan ibu tak cukup sampai disini saja. Ibu juga akan mengalami proses menyusui yang tentu saja memberikan pengalaman tersendiri yang berharga. Mendekap si kecil sembari memberikan nutrisi trebaik untuk sang buah hati tentu saja sangat menyenangkan.

Seperti halnya proses melahirkan, proses menyusui juga tak akan selancar yang dibayangkan. Tentu saja banyak kendala yang harus dihadapi oleh sang ibu yang sedang menyusui. Inilah 4 hal yang akan Moms rasakan ketika menyusui untuk pertamakalinya.

1. ASI belum lancar

Seusai melahirkan, jangan pernah berpikir bahwa ASI akan langsung lancar jaya. Meskipun ada beberapa ibu menyusui yang sudah keluar ASI saat masih hamil, namun masih banyak juga Moms yang akan menghadapi ASI belum lancar setelah melahirkan.

Pada umumnya ASI akan lancar setelah hari ketiga usai melahirkan. Oleh karena itu ada baiknya Moms bersabar hingga hari ketiga, tak perlu meminum berbagai ramuan atau obat-obatan khusus diluar yang dianjurkan karena justru beresiko tidak baik terhadap proses menyusui.

2. Puting sakit

Saat memberikan ASI untuk si kecil pertamakali, Moms akan merasakan puting sakit atau bahkan lecet di minggu-minggu pertama. Hal ini dikarenakan si kecil belum pandai menyusu dan Moms pun belum terbiasa dengan proses menyusui tersebut. Untung meringankannya mom bisa menggunakan salep khusus untuk mempercepat pemulihan puting.

3. Pelekatan belum sempurna

Karena bayi belum pandai menyusu, si kecil akan sering melepas puting pada awal-awal menyusui. Ia juga akan sering terlihat marah dan gusar lantaran tidak bisa melekat pada puting dengan baik.

Pelekatan yang belum sempurna ini mengakibatkan ASI kurang lancar dan puting terasa sait. Namun tenang saja, seiring dengan berjalannya waktu masa-masa ini akan segera terlewati.

4. ASI merembes dan bocor

Setelah beberapa hari menyusui, lama kelamaan ASI akan berproduksi semakin banyak. Bahkan sangat banak sehingga ASI sering bocor dan merembes. Hal ini juga normal karena payudara belum menyesuaikan diri dengan jumlah ASI yang dibutuhkan oleh sang bayi.

Untuk mengakalinya, Moms bisa menggunakan breastpad atau sering memompa ASI supaya tidak mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas.

Atau untuk bagi moms yang produksi ASInya berlebih, moms bisa memompanya keluar dengan menggunakan breast pump.

 

Reply

20 − 5 =