5 Dampak Buruk Garam Jika di Konsumsi Berlebihan

Garam memang merupakan bumbu dapur yang sangat akrab dalam kehidupan kita sehari-hari.

Hampir semua jenis masakan kita berikan garam untuk memberikan rasa yang enak.

Tapi moms, kita juga perlu hati-hati. Sama seperti gula, garam pun bisa memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan jika kita mengkonsumsinya terlalu banyak.

Berikut ini adalah dampak buruk garam bagi kesehatan jika kita terlalu banyak mengkonsumsinya dalam jangka waktu yang lama.

1. Meningkatkan Tekanan Darah

Konsumsi garam yang berlebihan dapat meningkatkan volume dan tekanan darah. Ketika volume darah bertambah, kinerja jantung menjadi lebih berat. Jika hal ini terjadi secara terus menerus, maka akibatnya adalah resiko munculnya penyakit jantung menjadi meningkat.

Dapatkan Treelains Paket Healthy Heart (Jantung Sehat) Fish Oil Omega 3 Double di lazada.co.id

2. Osteoporosis

Tingginya kadar garam dalam tubuh dapat menyebabkan tubuh kehilangan kalsium. Garam dapat mengambil kalsium dari tulang. Tulang yang deposit kalsiumnya berkurang tentunya akan menjadi lemah.

3. Edema

Kelebihan garam juga dapat menyebabkan edema atau pembengkakan. Edema ini muncul akibat kelebihan cairan yang terkumpul di dalam jaringan tubuh dan menyebabkan jaringan tersebut membengkak.

Biasanya edema akibat kelebihan cairan ini timbul di kaki. Dalam kasus yang ekstrim,cairan juga bisa berkumpul di organ vital seperti paru-paru dan membuatnya tidak berfungsi normal.

4. Batu Ginjal

Kelebihan sodium dari konsumsi garam dapat menyebabkan ginjal bekerja terlalu berat karena meningkatnya beban filtrasi dalam ginjal. Natrium dari garam yang masuk ketubuh dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal dan secara signifikan meningkatkan resiko penyakit gagal ginjal.

5. Kanker Lambung

Konsumsi garam jumlah yang besar secara terus menerus dapat merusak lapisan internal di dalam lambung, membuatnya sangat rentan terinfeksi baketri berbahaya yang disebut Helicobacter Pylori yang menimbulkan lebih banyak kerusakan di dinding lambung dan menyebabkan peradangan yang tidak dapat dikendalikan yang jika dibiarkan dapat menjadi penyebab kanker lambung.

Dapatkan Colidan 100 mg Suplemen Makanan untuk Memelihara Kesehatan Lambung di lazada.co.id

Reply

10 + twenty =