5 Poin Penting Ini Sebaiknya Moms Ketahui Sebelum Menginginkan Kehamilan Kembar

“Anak Kembar Itu Lucu ya! Jadi Pingin Hamil Anak Kembar” Sekelumit Kalimat yang Kerap Dilontarkan Oleh Orang-orang Saat Melihat Anak Kembar yang Menggemaskan. Tapi Ketahui Moms, Hamil Kembar Itu Jauh Lebih Sulit dari Kehamilan Biasa!

Berikut Ini 5 Fakta Penting Soal Kehamilan Kembar.

Apakah Moms berencana ingin memiliki anak kembar? Anak kembar kerapkali dianggap istimewa lantaran tingkah dan juga segala sesuatunya yang serba lucu dan menggemaskan. Jika ada ibu yang membawa anak kembar jalan-jalan di mall misalnya, bisa dipastikan hampir seluruh mata memandang dan mengagumi kelucuannya.

Tapi, tentu saja ibu yang berkesempatan memiliki anak kembar merupakan ibu yang istimewa karena tak mudah mengemban amanah menjaga anak kembar yang membuat para ibu bekerja dua kali lipat dalam mengurusnya.

Dan jika Moms menganggap memiliki anak kembar itu menarik, tentu Moms harus tahu terlebih dahulu fakta tentang hamil kembar yang jauh lebih berat dibandingkan kehamilan biasa. Ini dia 5 fakta tentang hamil kembar yang sebaiknya Moms ketahui.

1. Memerlukan perhatian dan konsultasi dokter yang lebih intens

Kehamilan kembar tentu saja berbeda dari kehamilan biasa, karena terdapat dua janin di dalamnya yang membutuhkan perhatian khusus. Ibu hamil kembar harus memiliki banyak waktu untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan dan menyempatkan diri melakukan pemeriksaan dokter yang lebih intens. Seringkali dokter juga memberikan ekstra vitamin pada para ibu yang sedang hamil kembar.

2. Tidak boleh berhubungan intim selama masa kehamilan

Jika ibu hamil biasa disarankan untuk memperbanyak hubungan intim menjelang trimester akhir, justru ibu hamil kembar dilarang keras melakukan hubungan intim sepanjang masa kehamilan. Di awal kehamilan, para dokter melarang para ibu hamil kembar untuk berhubungan seksual, begitu pula saat memasuki trimester ketiga. Hal ini dikarenakan resiko kontraksi dini yang lebih tinggi terjadi pada ibu hamil kembar selama masa kehamilan. Apakah Moms sudah siap?


Cara Cepat Hamil

 

3. Tidak boleh melakukan gerakan ekstrim, termasuk senam hamil

Ibu hamil kembar juga tidak diperbolehkan untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang sekiranya bisa membuat letih. Jalan-jalan dan juga aktivitas lain sebaiknya dihindari untuk mengurangi resiko kelahiran prematur. Pada trimester kedua, dimana ibu hamil disarankan untuk mengikuti senam hamil, justru tak boleh dilakukan para ibu yang hamil anak kembar.

4. Morning sickness yang jauh lebih hebat

Morning sickness merupakan hal wajar yang terjadi pada tiap ibu hamil di masa awal kehamilan, namun bagi para ibu hamil kembar, morning sickness merupakan suatu hal yang sangat menyiksa. Para ibu bisa kehilangan banyak cairan lantaran morning sickness hebat yang mungkin baru mereda menjelang bulan keenam.

5. Resiko pre-eklampsia yang lebih tinggi

Dan satu hal lagi yang akan dialami oleh para ibu yang hamil anak kembar, yaitu memiliki resiko pre-eklampsia atau keracunan kehamilan yang jauh lebih tinggi ketimbang ibu hamil biasa. Pre-eklampsia yang menyebabkan tekanan darah melonjak tinggi ini tak bisa dihindari jika sudah terjadi, karena para dokter pun tak bisa memungkiri fakta bahwa resiko ini jauh lebih besar terjadi pada ibu hamil kembar.

Satu-satunya jalan jika pre-eklampsia terjadi adalah melakukan proses kelahiran secepat mungkin untuk menyelamatkan nyawa ibu dan anak. Namun, bukan berarti pre-eklampsia ini terjadi pada semua ibu hamil kembar karena terdapat juga ibu hamil kembar yang tak mengalami hal ini selama proses kehamilan.

Itulah 5 fakta penting tentang kehamilan kembar. Namun dibalik semua itu, terdapatt syukur luar biasa yang akan dipanjatkan oleh para ibu hamil kembar yang telah berhasil melahirkan bayinya dengan selamat.

Reply

6 + six =