Lakukan 6 Cara Mudah Ini Untuk Tetap Tidur Nyenyak Selama Masa Kehamilan

Perubahan hormon dan perubahan fisik yang terjadi pada masa kehamilan dapat mempengaruhi kualitas tidur wanita.

Setiap trimester kehamilan memberikan tantangan tersendiri bagi moms yang sedang hamil misalnya susah tidur saat hamil.

Pada trimester pertama kehamilan, gangguan tidur lebih banyak disebabkan oleh meningkatnya frekuensi moms untuk buang air kecil. Selain itu gangguan tidur juga bisa disebabkan karena stress psikologis yang moms alami di masa awal kehamilan.

Pada trimester kedua, moms mungkin akan lebih mudah untuk tidur karena frekuensi buang air kecil moms berkurang jika dibandingkan dengan trimester pertama. Namun kualitas tidur mungkin masih tetap rendah karena kandungan yang semakin membesar.

Banyak para ibu yang takut untuk tidur ketika kehamilannya semakin membesar sebab khawatir ia akan secara tidak sengaja tidur terlungkup dan menekan bayinya, dan hal ini merupakan salah satu ketakutan terbesar para ibu hamil.

Pada trimester ketiga adalah masa dimana moms akan merasa sangat kesulitan untuk tidur. Tentu saja sebabnya karena perut moms yang sudah sangat besar membuat moms tidak nyaman memposisikan tubuh untuk tidur.

Beberapa wanita juga kerap mengalami rasa tidak nyaman diantara dada dan perut atau keram kaki pada trimester akhir kehamilan. Penyebab lain susah tidur saat hamil besar adalah moms akan kembali sering buang air kecil seperti pada masa awal kehamilan.

Nah, selanjutnya akan kita bahas tips yang mungkin bisa membantu moms agar bisa tidur lebih baik saat menjalani masa kehamilan.

1. Gunakan bantal ekstra

Langkah pertama untuk menghadapi susah tidur saat hamil adalah dengan menyiapkan bantal ekstra. Bantal tambahan bisa digunakan untuk menopang perut dan punggung.

Moms juga bisa menempatkan bantal diantara ke dua kaki agar moms bisa lebih mudah untuk tidur menyamping.

Agar lebih nyaman, moms bisa menggunakan bantal khusus yang didesain untuk ibu hamil seperti Wiiwash Maternity Pillow atau Garyman Maternity U Pillow dan Garyman Maternity 7 Pillow.

Jual Wiiwash Maternity Pillow

Miliki produk Wiiwash Maternity Pillow hanya di Lazada.co.id

jual Garyman Maternity U Flower Pink Bantal

Miliki produk Garyman Maternity U Pillow hanya di blibli.com

jual Garyman Maternity Seven Blue Pillow

Miliki produk Garyman Maternity 7 Pillow hanya di blibli.com

2. Hindari kafein

Kafein sebagaimana diketahui dapat membuat seseorang mengalami susah tidur. Nah moms, saat hamil lebih baik untuk mengurangi asupan kafein dalam segala bentuk (termasuk coklat) khususnya setelah lewat siang hari.

3. Olah raga teratur

Olah raga diketahui dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental serta meningkatkan kualitas tidur. Olah raga ketika masa kehamilan sangat disarankan, tentunya bukan oleh raga berat ya moms

Namun perlu dicatat moms, jangan berolah raga empat jam sebelum tidur, sebab hal tersebut malah membuat moms tidak bisa tidur.


 

4. Kurangi asupan gula

Konsumsi gula memberikan tubuh banyak sekali energi dan menyebabkan lonjakan gula darah. Karenanya agar moms bisa lebih mudah tidur, moms lebih baik mengurangi konsumsi makanan manis yang berlebihan khususnya di sore dan malam hari.

 

5. Minum susu sebelum tidur

Meminum segelas susu sebelum tidur dapat membantu moms untuk segera tertidur. Selain baik untuk menutrisi bayi dalam kandungan, kandungan protein dalam susu juga membantu menjaga level gula dalam darah sehingga mencegah sakit kepala.

6. Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat bisa membuat tubuh moms lebih rileks dan nyaman sehingga bisa meringankan gangguan susah tidur saat hamil moms.

Moms juga bisa menambahkan minyak esensial untuk aromaterapi yang menenangkan seperti Young Living Essential Oil atau Narwastu Lemongrass Fragrance Oil .

Demikian tips untuk mengatasi  susah tidur saat hamil yang bisa moms coba dirumah. Namun, kalau gangguan tidur yang moms alami sangat parah, maka disarankan agar moms berkonsultasi dengan dokter. Karena bisa saja gangguan tidur yang moms alami berkaitan dengan kondisi medis lain yang tidak berhubungan dengan kehamilan.

 

Reply

six + three =