7 Cara Mudah untuk Menghentikan Kebiasaan Ngedot si Kecil

Kebiasaan memang agak susah untuk dihilangkan ya moms, termasuk juga kebiasaan si kecil yang masih suka minum susu lewat dot.

Bagaimanapun seiring dengan tumbuh kembang si kecil, ada perubahan-perubahan yang perlu moms lakukan pada setiap aspek kehidupan si kecil, mulai dari perubahan pakaian, hingga caranya makan dan minum.

Banyak anak sulit melepaskan diri dari botol susunya. Tak mudah memang menghentikan kebiasaan ngedot si kecil, moms memerlukan beberapa taktik untuk melakukannya. Berikut ini 7 tips yang bisa moms aplikasikan untuk menghentikan kebiasaan ngedot si kecil.

1. Tentukan Waktu yang Tepat

Umumnya bayi berusia 12 bulan sudah bisa dilatih untuk menggunakan gelas karena mereka sudah bisa menaikan kepalanya dan mampu memegang gelas anak.

Nah moms, inilah kesempatan moms untuk mulai melatih si kecil minum dari gelas dan mengurangi penggunaan botol susunya. Gunakan cangkir yang mudah di pegang dan pilihkan juga cangkir yang terbuat dari bahan plastik berkualitas soalnya apapun yang di pegang si kecil mungkin akan berakhir berantakan dilantai.

Dapatkan Training Cup Dr. Brown di blibli.com

2. Kurangi Penggunakan Botol Susu Secara Gradual

Kita pun tak bisa merubah kebiasaan buruk dalam waktu sehari dua hari kan moms, begitu juga ketika berusaha mengubah kebiasaan si kecil ngedot.

Kurangi frekuensi si kecil untuk menggunakan botolnya. Tentukan waktu-waktu tertentu bagi sikecil untuk menggunakan botol dan di waktu selanjutnya menggunakan cangkir (diselang-seling).

Sippy cup atau cangkir bermoncong bisa moms gunakan pada masa transisi dari botol dot ke cangkir.

Dapatkan Cleva Mama Easy Grip Red Sippy Cup di blibli.com

3. Pilihkan Cangkir yang Lucu

Anak moms menyukai karakter kartun tertentu? Pilihkan cangkir dengan gambar atau bentuk karakter kartun tersebut. Atau ketika berbelanja, biarkan si kecil memilih sendiri cangkir yang ia sukai.

Dapatkan Cangkir Minions Biru di blibli.com

4. Buatkan Minumannya di Botol Lalu Pindahkan ke Cangkir

Saat membuatkan susu, tunjukka pada si kecil kalau moms membuat minumannya di botol susu kesayangannya, tapi kemudian pindahkan isi botol ke dalam cangkir. Dengan cara ini si kecil tahu bahwa susu yang diberikan dalam cangkir kepadanya adalah susu yang sama yang biasa ia minum.


 

5. Sembunyikan Botol Susunya.

Saat si kecil meminta botol susunya di kembalikan, tawarkan dia cangkir kesayangannya. Perubahan butuh proses. Si kecil mungkin ngambek dan membuang gelasnya kelantai. Ketika si kecil merengek meminta botol susunya kembali, kuatkan hati moms untuk tidak memberikannya..

Kalau moms selalu menyerah ketika ia merengek, maka akan semakin sulit untuk menghentikan kebisaan ngedotnya.

Rayu si kecil dengan memberikan makanan atau cemilan kesukaannya atau ajak dia bermain dan melakukan hal menyenangkan untuk mengalihkan perhatiannya dari keinginan untuk minum dari botol.

6. Berikan Pujian

Memberikan pujian pada si kecil ketika mau minum dari gelas akan memberikannya motivasi. Berikan pujian manis dan tepuk tangan ketika ia mau minum dari gelas untuk menunjukkan rasa bangga dan dukungan moms untuk menghentikan kebiasaan ngedot si kecil.

Dapatkan The First Years Smart Sipper Insulated Cups di blibli.com

7. Biarkan si Kecil Meniru Moms

Moms bisa meminta si kecil untuk meniru moms ketika minum dari gelas. Anak-anak secara natural selalu ingin meniru orang tuanya. Ketika moms mengajarkannya untuk menggunakan gelas, moms juga perlu melakukan peragaan dengan minum bersamanya.

 

Reply

four × one =