8 Makanan Sehat yang Dapat Menghilangkan Bad Mood dan Menjaganya Tetap Baik Sepanjang Hari

Sering gak sih moms, gak ada hujan ga ada angin tapi mood kita terasa buruk banget.

Bawaannya kesal dan ingin marah-marah, bahkan tak jarang ingin menangis, padahal tidak ada yang berulah sama kita. Kalau sudah begini, tak jarang pasangan, si kecil atau orang terdekat dengan kita jadi pelampiasan.

Tahu gak moms kalau apa yang kita makan juga bisa mempengaruhi cara berpikir dan perasaan kita, setidak-tidaknya melalui dua cara, yang pertama dengan mempengaruhi pembawa pesan atau messenger di otak dan yang kedua melalui efek dari level gula darah.

Kalau moms sering merasa bad mood tanpa alasan yang jelas, moms mungkin bisa mencoba untuk mengubah pola makan. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa menjaga mood moms tetap baik .

1. Dark Chocolate

Coklat sudah dikenal luas mampu menghilangkan bad mood dengan cepat. Dalam coklat terdapat dua jenis zat kimia yaitu kafein dan bromin yang memiliki efek dalam meningkatkan mood.

2. Kentang

Kentang yang dipanggang atau di tumbuk (mashed) dapat menjadi pilihan makanan untuk meningkatkan mood moms. Sebab kentang dapat melepaskan hormon serotonin di otak yang bisa membuat moms merasa lebih baik.

Kentang yang digoreng tidak direkomendasikan ya moms, karena mengandung lemak jahat yang tidak baik untuk kesehatan dan juga mood moms.

3. Seafood

Oyster, kerang, kepiting, ikan sarden dan ikan lainnya dapat meningkatkan mood karena banyak mengandung banyak selenium. Menurut penelitian, selenium merupakan mineral yang memiliki efek antidepresan. Selain dari seafood, selenium juga banyak terdapat pada kacang-kacangan.

4. Daging Tanpa Lemak

Daging ayam dan sapi yang tanpa lemak mengandung tyrosin. Tyrosin ini adalah jenis asam amino yang dapat meningkatkan level dopamin dan norepinefrin di otak yang membuat moms lebih fokus dan bersemangat. Daging juga kaya akan vitamin B12 yang membantu dalam mengatasi insomnia dan depresi. Yoghurt dan susu sapi juga kaya akan B12

5. Sayuran Hijau

 

Sayuran berdaun hijau merupakan sumber folat yang baik bagi tubuh. Menurut beberapa penelitian, kekurangan folat berhubungan dengan depresi. Cobalah untuk mengkonsumsi bayam, selada, kangkung dan sayuran hijau lainnya secara rutin agar tubuh moms tak kekurangan folat.

6. Air Putih

Rasa lelah seringkali membuat seseorang jadi mudah marah. Rasa lelah ini tak jarang disebabkan karena dehidrasi. Agar tubu terhidrasi dengan baik, pastikan moms mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya.

7. Sarapan Sehat

Sarapan yang baik adalah kunci mempersiapkan diri untuk melewati hari. Sarapan yang sehat bisa menjaga mood moms. Sarapan yang kaya gandum merupakan pilihan terbaik karena mampu menjaga kestabilan gula darah di tubuh yang berefek baik pada mood moms.

Reply

two × two =