8 Manfaat Membacakan Cerita untuk si Kecil

Kesibukan orang tua dan kemajuan teknologi membuat kegiatan baca cerita mulai jarang dilakukan, mungkin sama sekali tak pernah dilakukan.

Padahal moms, membacakan cerita buat si kecil memberikan sejumlah manfaat yang tentunya tak bisa digantikan dengan menonton film atau bermain video games.

Membaca cerita bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Moms bisa bacakan cerita dari buku, atau menceritakan cerita, atau moms bisa menyajikan cerita yang moms ingat. Jika moms sedang tak ada di rumah pun moms bisa membacakan cerita lewa video call atau bahkan sekedar sambungan telepon.

Membacakan cerita pada anak juga mempengaruhi aspek krusial dalam perkembangan anak. Karena itu gak ada salahnya untuk kembali menghidupkan kebiasaan lama seperti ini. Berikut ini 8 manfaat dari membaca cerita bersama anak.

1. Menanamkan nilai-nilai moral pada anak

Tayangan televisi dan film kerap kali mengesampingkan poin-poin semacam ini. Merka biasanya lebih mengutamakan daya tarik dibanding menyajikan konten yang berkualitas dan memiliki nilai moral.

Anak-anak diseluruh dunia selalu menyukai cerita. Lewat membacakan cerita, moms bisa memberikan cerita dengan pesan moral yang penuh arti, memberikan penjelasan lebih jauh mengenai nilai moral dalam cerita dan bahkan bisa menyortir apa-apa saja yang patut mereka dengar dan yang tidak.

Lewat bercerita moms bisa menanamkan kebijaksanaan, kejujuran, keberanian dan hal baik lainnya sejak dini.

2. Membuat mereka mengenal budaya sendiri dan juga keragaman budaya

Menceritakan pada anak cerita rakyat dapat meningkatkan pengetahuan mereka terhadap budaya daerahnya, moms juga bisa menceritakan cerita dari berbagai belahan dunia agar si kecil mengenal keragaman budaya dan memahami pentingnya sikap toleransi dan menghargai budaya lain.

3. Meningkatkan kemampuan mendengarkan

Banyak anak mengalami kesulitan dalam menyimak dan sulit berkonsentrasi dalam waktu yang lama. Anak zaman sekarang juga cenderung lebih banyak bicara daripada mendengarkan. Bercerita dengan si kecil bisa membantu mengembangkan skill menyimak dan berkonsentrasi untuk bisa memahami sesuatu dengan lebih baik


 

4. Mendorong kreativitas dan kemampuan imajinasi

Mendengarkan cerita akan merangsang daya imajinasi si kecil dalam membayangkan karakter tokoh, lingkungan, dan situasi dalam cerita. Kegiatan ini juga mendorong daya kreativitas si kecil, membuat mereka lebih imajinatif dan berani berpetualang untuk mengeksplor hal baru.

5. Meningkatkan kemampuan mengingat

Bercerita juga dapat moms manfaatkan untuk meningkatkan kemampuan mengingat si kecil. Setelah cerita, moms bisa meminta si kecil untuk sedikit menceritakan kembali isi cerita keesokan harinya, atau moms bisa membuat cerita bersambung, jadi sebelum melanjutkan cerita keesokan harinya moms dan sikecil bisa sama-sama mereview kembali cerita sebelumnya.

Dapatkan Appeton Taurine Syrup Multivitamin Anak [60 ml] di blibli.com

6. Mendorong minat membaca

Jika moms sering membacakan cerita dari buku, si kecil akan lebih tertarik pada buku karena mareka tahu bahwa dengan membaca mereka juga bisa bersenang-senang. Membacakan cerita bisa menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan budaya membaca sejak kecil.

7. Meningkatkan kemampuan komunikasi dan bahasa

Membacakan cerita membuat si kecil lebih familiar terhadap penggunakan kata-kata sehingga kemampuan berbahasanya bisa meningkat. Dengan bercerita moms bisa mengajarkan dan menjelaskan kata-kata baru dalam cerita.

Lewat bercerita juga moms membantunya dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Ketika bercerita tentunya akan terjadi interaksi antara moms dan si kecil, membuatnya terbiasa berkomunikasi secara langsung.

Dapatkan Sustagen Kid 3+ Susu Anak Madu [800 gr] di blibli.com

8. Meningkatkan kemampuan anak dalam memecahkan masalah

Situasi sulit seringkali membuat si kecil bingung. Nah, cerita anak-anak dimana karakter dalam cerita mampu melewati situasi sulit bisa membuat si kecil termotivasi dan memahami konsep penyelesaian masalah secara lebih baik. Moms bisa memberikannya cerita-cerita yang bisa membuatnya lebih siap dalam menghadapi beragam situasi di dunia nyata.

Reply

three + 5 =