8 Tips Rumahan untuk Membantu Mengurangi Stretch Marks

Stretch marks merupakan masalah kulit yang biasa terjadi pasca melahirkan.

Stretch marks biasanya muncul di daerah perut, pinggul, payudara dan paha. Intensitas stretch marks di kulit wanita bisa berbeda-beda bergantung pada kondisi alamiah dan kesehatan kulitnya.

Genetik juga diketahui berpengaruh pada kondisi ini. Kalau ibunya moms memiliki stretchmarks pasca melahirkan, maka moms juga seperti itu, kecuali kalau memang kulit moms sehat dan elastis.

Cara paling efektif untuk menghilangkan stretch marks adalah dengan melakukan treatment khusus seperti operasi, derma peeling, atau melalui laser treatment. Ada juga beberapa cara yang moms bisa lakukan di rumah untuk mengurangi stretch marks, diantaranya:

1. Gunakan Krim Khusus Penghilang Stretch Marks

Dapatkan Palmer’s Massage Lotion for Stretch Marks di blibli.com

Salah satu metode paling mudah adalah dengan mengoleskan krim penghilang stretchmarks. Krim yang bagus akan secara signifikan menurangi keberadaan stretchmarks dan membuat kulit terlihat sehat.

2. Castor Oil atau Minyak Jarak

Castor oil atau minyak jarak merupakan salah satu solusi bagi berbagai masalah kulit seperti noda hitam, keriput, garis halus dan juga stretchmarks. Gunakan castor oil di daerah dengan stretch marks dan pijat selama 10-15 menit dengan gerakan melingkar.

3. Cocoa Butter

Cocoa butter adalah bahan natural lainnya yang bisa moms gunakan untuk membantu memudarkan stretch marks. Aplikasikan cocoa buter dua kali sehari setelah mandi dan sebelum tidur di area kulit yang dengan stretch marks. Cocoa butter membantu melembabkan kulit dan membuatnya tetap elastis.

Dapatkan Palmer’s Cocoa Butter Formula Skin Therapy Oil With Rosehip di blibli.com

4. Lidah Buaya

Pilihan bahan natural berikutnya untuk mengurangi stretch marks adalah lidah buaya. Lidah buaya dikenal baik untuk kesehatan kulit. Mengoleskan daging lidah buaya ke kulit degan stretch marks akan membantu mengurangi keberadaannya dalam beberapa minggu.

5. Air Lemon

Air lemon juga merupakan bahan treatment yang bagus untuk stretch marks. Potong lemon menjadi dua bagian dan kemudian peras dan oleskan air perasannya ke daerah kulit dengan stretch marks.

6. Madu

Gunakan kain untuk mengaplikasikan madu ke kulit. Tunggu hingga kering dan kemudia bilas dengan air hangat.

7. Minyak Lavender

Begitu moms menemukan adanya stretch marks muncul di kulit, oleskan tips minyak lavender di daerah tersebut. Lakukan hal ini hingga stretch marks hilang secara gradual. Cara-cara natural seperti ini lambat tapi pasti akan memberikan hasil yang baik.

8. Lotion Pelembab

Dapatkan Redwin Sorbolene Moisturiser Body Lotion di blibli.com

Cara ini lebih efektif sebagai langkah pencegahan. Beberapa penelitan menyebutkan bahwa orang-orang yang melembabkan kulitnya secara rutin setelah mand memiliki kemungkinan lebih sedikit mengalami stretch marks.

Dengan mengaplikasikan pelembab yang bagus elastisitas kulit akan meningkat membuatnya menjadi lebih fleksibel sehingga saat terjadi perubahan berat badan, kulit tidak akan mengalami stretch marks.

Tapi menggunakan lotion pelembab juga akan mengurangi keberadaan stretch marks yang baru terbentuk dan mencegahnya muncul lebih banyak.

Reply

thirteen − two =