Ada Darah di Kotoran Bayi moms? Mungkin ini penyebabnya…

Ketika melihat darah pada kotoran bayi, tentu moms menjadi agak was-was ya.

Ketika melihat ada darah di kotoran si kecil, kebanyakan moms menjadi sangat panik dan khawatir. Penyebab adanya darah di kotoran si kecil bisa disebabkan oleh berbagai alasan. Berikut ini beberapa penyebab adanya darah di poop si kecil.

Dapatkan Pigeon Baby Wipes Chamomile – Tisu Basah  di lazada.co.id

1. Konstipasi

Darah di kotoran bayi bisa disebabkan karena sembelit atau konstipasi. Kotoran bayi yang lebih keras dari biasanya bisa menyebabkan iritasi di anusnya ketika dikeluarkan sehingga ada darah di fesesnya.

2. Infeksi

Beragam jenis infeksi bisa juga menjadi penyebab adanya darah di feses baby moms. Bayi sangat rentan terhadap berbagai jenis bakteri seperti Salmonella dan C Difficile.

Jika si kecil mengalami diare yang disertai dengan darah, maka lebih baik untuk merujuknya ke dokter karena ada kemungkinan hal ini terjadi karena andanya infeksi bakteri.

3. Alergi

Makanan atau susu formula bisa juga menjadi penyebab feses berdarah jika si kecil alergi terhadapnya . Jika si kecil alergi terhadap jenis makanan tertentu bisa jadi alergi itu berdampak pada pencernaannya.

Peradangan di ususnya bisa menjadi penyebab moms menemukan darah di kotorannya. Hal ini bisa jadi pertanda kalau anak moms alergi terhadap makanan tertentu, suplemen yang moms berikan atau bisa jadi anak moms memiliki kondisi lactose intolerant.


 

4. Darah dari Puting Moms

Saat menyusui, kadang-kadang puting moms lecet hingga mengeluarkan darah. Darah dari puting ini sangat mungkin ditelan oleh bayi dan kemudian dikeluarkan lewat feses. Tenang saja moms, hal ini tidak akan membahayakan si kecil.

5. Masalah pada Saluran Pencernaannya

Pencernaan baby yang sensitif sangat rentan mengalami gangguan seperti colitis, enteritis, proctitis atau Intususepsi.

Colitis berhubungan dengan peradangan di usus besar, enteritis adalah peradangan di usus kecil, proctitis merupakan peradangan di dubur sedangkan Intususepsi adalah istilah medis yang merujuk pada kondisi dimana bagian dari usus, entah itu usus besar atau usus keci terjebak di bagian lain dari usus sehingga makanan sulit untuk melewatinya dan mengganggu aliran darah.

Dapatkan Zwitsal Round Pack di lazada.co.id

Warna Darah pada Feses juga Bisa Menjadi Petunjuk

Nah, itulah hal-hal yang bisa menyebabkan feses berdarah pada bayi. Warna darah pada feses juga bisa memberikan petunjuk darimana darah itu berasal. Jika warnanya merah cerah, maka biasanya darah itu berasal dari usus besar atau rectum. Darah yang berasal dari dubur atau usus besar juga biasanya hanya melapisi bagian luar feses.

Namun jika warnanya gelap dan cenderung bercampur dengan feses, maka bisa jadi darah itu berasal karena adanya gangguan di saluran pencernaan sebelum usus besar. Nah, feses berdarah yang seperti ini perlu perhatian lebih.

Ketika moms menemukan darah di kotoran si kecil, tentunya moms disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter, namun tak perlu panik ya moms.

Tidak semua feses berdarah berbahaya dan memerlukan kunjungan emergensi ke dokter. Namun, jika feses berdarah diikuti dengan rewelnya si kecil, buang air besar lebih sering, darah yang keluar tidak sedikit, diare, muntah-muntah dan deman, maka moms harus membawanya ke dokter segera.

Reply

ten + four =