Agar Lancar Saat Menyusui si Kecil, Hindari 5 Makanan Berikut Ini

Cemas Saat Pertamakali Menyusui adalah Wajar. Banyak Ibu Baru yang Masih Belum Mengetahui Fakta-fakta Seputar Menyusui, Termasuk Soal Larangan Mengkonsumsi Jenis Makanan Tertentu.

Ini Dia 5 Makanan yang Harus Dihindari Saat Menyusui.

Menyusui adalah salah satu proses indah yang dialami oleh seorang ibu pasca melahirkan. Menyusui adalah kodrat seorang ibu yang sudah seharusnya diperjuangkan agar dapat untuk memenuhi hak-hak si kecil, karena pada dasarnya ASI eksklusif diteruskan dengan pemberian ASI hingga usia 2 tahun adalah hak anak.

Tentu seorang ibu akan merasa sangat bangga dan bahagia tatkala berhasil menuntaskan kewajiban pemberian ASI pada bayi, karena perjuangan untuk memberikan ASI pada si kecil juga tak mudah. terutama pada saat pertamakali menyusui, ada banyak ibu yang belum mengetahui sepenuhnya soal menyusui sehingga masih belum mengetahui tentang makanan apa saja yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu selama menyusui.

Menurut penelitian, makanan-makanan ini sebaiknya dihindari karena mengandung zat-zat yang kurang baik untuk kualitas dan kuantitas ASI sendiri. Ini dia 5 jenis makanan yag sebaiknya dihindari selama proses menyusui, Moms.

1. Alkohol

Alkohol mengandung zat-zat yang tidak baik bagi tubuh. Terutama bagi ibu menyusui, alkohol dapat mengakibatkan bayi mengalami perkembangan yang buruk dan berat badan yang kurang proporsional. Hal ini juga berlaku bagi ibu hamil yang juga dilarang mengkonsumsi alkohol selama masa kehamilan, karena perkembangan janin akan terhambat saat terlalu banyak mengkonsumsi alkohol.

2. Produk susu

Di awal-awal menyusui, sebaiknya Moms menghindari produk susu dan turunannya, karena susu bisa menyebabkan bayi alergi. Dan produk susu serta turunannya seperti keju bisa menyebaban bayi kecil mengalami intoleransi terhadap produk susu sapi. Pentimg bagi Moms untuk mengetahui apakah si kecil mengalami alergi atau tidak terhadap produk susu, jika tidak, Moms bisa melanjutkan konsumsi produk susu dan turunannya.

3. Minuman berkafein

Saat menyusui, sebaiknya ibu tidak mengkonsumsi kopi atau minuman berkafein lainnya, karena bayi yang meminum ASI dari ibu yang mengkonsumsi kafein bisa terkena dampak dari kafein tersebut. Akibatnya, bayi pun mengalami sulit tidur dan rewel.

4. Ikan bermerkuri tinggi

Ikan tertentu seperti tuna kalengan mengandung merkuri yang sanga tinggi, sehingga ibu menyusui pun tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan ini. Moms sebaiknya mengganti memu makanan lain dan menghindari produk ikan bermerkuri tinggi ini. Dampaknya kurang bagus untuk bayi karena dapat menyebabkan kerusakan otak dan syaraf pada bayi.

Jual Washable Breast Pad Bamboobies

5. Papermint

Moms juga sebaiknya menghindari makanan yang mengandung papermint untuk sementara waktu, karena papermint mengandung zat yang bisa menghambat produksi ASI dan mengurangi kualitas serta kuantitas ASI sendiri. Tak jarang pula bayi akan rewel saat sang ibu mengkonsumsi papermint saat menyusui.

Reply

nineteen − sixteen =