Atasi Kecemburuan Si Kembar dengan Pola Didik Ini

Anak Kembar Memang Terlihat Lucu dan Menggemaskan. Tapi Saat Berseteru dan Berebut Mainan, Si Pengasuh Akan Dibuat Kewalahan Menghadapinya.

Agar Anak Kembar Dapat Tumbuh dengan Rukun, Lakukan 3 Tips Berikut Ini Moms!

Memiliki anak kembar sudah tentu menjadi kesenangan tersendiri bagi kedua orang tuanya. Anak kembar memang lebih istimewa dan menjadi pusat perhatian orang. Dandanan serupa dengan wajah yang sama tentu saja membuat banyak orang terpesona dengan kelucuan si anak kembar.

Meskipun terlihat rukun dan akur dari luar, namun banyak anak kembar yang sering bertengkar dan berebut mainan di waktu tertentu. Bahkan tak jarang anak kembar akan saling meggigit dan memukul ketika sedang kesal dengan saudaranya.

Hal ini terjadi karena mereka belum paham benar arti kepemilikan. Mereka belum tahu bahwa benda yang dimiliki bisa dimainkan bersama dan saling meminjam. Konsep pinjam meminjam ini memang belum bisa dipahami oleh balita. Jadi wajar saja bila anak kembar sering berebut mainan.

Selain itu, perlakuan yang sama pada anak kembar, seperti pemberian bajua dan dandanan yang sama, kegiatan yang selalu dilakukan bersama, dan kesamaan-kesamaan lainnya kerapkali mengundang kecemburuan anak kembar satu sama lain.

Mungkin menurut orang yang melihat, anak kembar memang terlihat sebagai satu kesatuan, namun tentu saja mereka adalah pribadi yang berbeda dan harus dibedakan. Persepsi kebanyakan orang inlah yang kerapkali membuat si kembar cemburu pada kembarannya.

Disinilah peran orang tia untuk meluruskan semuanya. Ini dia panduan langkah tepat untuk menghindarkan anak kembar dari kecemburuan yang sebaiknya Moms terapkan.

1. Hindari memberikan perlakuan yang sama persis, ingat mereka adalah pribadi yang berbeda

Meskipun memiliki wajah yang mirip dan lahir bersamaan, namun tentu saja anak kembar adalah pribadi yang berbeda. Moms perlu membedakan keduanya dengan tidak selalu memberikan baju yang sama, perlakuan yang sama, serta kegiatan yang sama.

Biarkan keduanya memiliki pengalaman yang berbeda menurut keinginan dirinya sendiri. Jangan biakan anak kembar saling terikat, karena hal ini akan membuat mereka saling tergantung dan tak bisa mandiri ketika dewasa kelak.

2. Berikan pengertian soal kepemilikan benda

Meskipun benda yang dimiliki sama, namun setiap benda pasti ada pemiliknya. Jelaskan sedari awal pada si kembar bahwa barang satu adalah milik si A, sedangkan barang satunya adalah milik si B. Dengan cara ini mereka akan tahu bahwa mereka memiliki barang masing-masing dan tak perlu saling berebut.

Tanamkan juga pada mereka bahwa jika si B ingin menggunakan barang milik si A, maka ia harus meminta ijin terlebih dahulu. Konsep ini sangat penting dan berguna untuk masa depan mereka.

3. Hindari memilih salah satu sebagai kesayangan

Moms dilarang keras untuk pilih kasih atau memilih salah satu anak sebagai anak kesayangan. Menjadikan salah satu sebagai kesayangan sama saja membuat masalah baru yang tak ada habisnya hingga dewasa nanti. Anak kembar akan saling iri dan benci lantaran ada anak yang menjadi anak emas di rumah.

Usahakan untuk selalu berlaku adil dan seimbang agar tak timbul cemburu diantara keduanya. Perlakuan yang adil juga akan membuat mereka tidak saling iri dan dengki, sebaliknya mereka akan saling menghargai dan bisa bekerja sama di masa depan.

Selamat mencoba menjalankan tips ini Moms, semoga berguna bagi keluarga dan juga si kembar agar tak lagi saling berebut kasih sayang.

Reply

eleven − 3 =