Awas! Jika Nutrisi Ini Tidak Dipenuhi, Maka Fatal Akibatnya Untuk Kesuburan

Moms, pernah tidak sih bertanya-tanya nutrisi penting apa saja bagi tubuh yang harus dipenuhi untuk meningkatkan kesuburan?

Para ahli setuju bahwa nutrisi yang tepat dan seimbang dapat menolong para wanita yang sedang berupaya untuk hamil.

Nutrisi adalah salah satu faktor penting bagi kualitas kesuburan baik pada wanita maupun pria. Sebelumnya, kita sudah mengetahui mengenai tips dan trik mudah bagi moms yang ingin cepat hamil. Nah, kini saatnya kita membahas mengenai nutrisi penting untuk kesuburan.

Lewat artikel ini bersama-sama kita akan mengetahui daftar nutrisi yang dibutuhkan oleh calon mama untuk meningkatkan kesuburan dan mempersiapkan kehamilannya.

  • Zinc

Bagi moms yang ingin meningkatkan kesuburan, coba deh untuk memenuhi kebutuhan zinc harian bagi tubuh. Berdasarkan riset dari para ahli, Zinc memiliki kontribusi penting bagi kesuburan wanita dan dalam proses ovulasi.

Selain baik untuk kesuburan wanita, zinc juga baik untuk meningkatkan kualitas sperma, jadi beri tahu ayah juga untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan zinc.

Tak sulit lho moms untuk mendapatkan asupan zinc, sebab zinc terkandung di dalam berbagai jenis makanan seperti dalam kuning telur, biji wijen, hati sapi, biji wijen, jamur, bayam, kangkung, bahkan juga dalam bawang putih.

  • Asam Folat

Mungkin moms sudah berkali-kali mendengar tentang manfaat dari asam folat yang dapat mencegah resiko bayi lahir cacat. Dan memang asupan asam folat bagi calon mama adalah hal yang harus sangat diperhatikan.

Asosiasi kehamilan di Amerika menyarankan agar setiap wanita pada masa produktif agar mengkonsumsi sekitar 400 mcg asam folat setiap harinya. Asam folat selain menurunkan resiko cacat tabung syaraf pada kandungan, juga berperan sebagai zat penambah darah.

Konsumsi asam folat harian bisa moms dapatkan dari berbagai jenis sayur dan buah seperti bayam, kubis, brokoli, selada, jagung, pisang, jeruk, persik dan tomat.

Mom juga bisa mengkonsumsi supplemen asam folat dan susu ibu hamil seperti Lactamil Pregnasis atau Prenagen untuk memaksimalkan asupan harian asam folat yang dibutuhkan.

  • Multivitamin

Moms, selain baik sekali untuk menjaga kesehatan tubuh, beragam jenis vitamin juga dibutuhkan untuk memelihara dan meningkatkan kesuburan. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 18.000 partisipan wanita, para peneliti menemukan hubungan antara asupan vitamin dengan kesuburan wanita.

Meski dapat ditemui di dalam berbagai jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari, faktanya banyak sekali wanita yang konsumsi vitaminnya belum memenuhi jumlah yang sebenarnya dibutuhkan tubuh.

Nah, bagi moms yang ragu-ragu dengan jumlah asupan multivitamin hariannya, moms bisa mendapatkan tambahan vitamin dari supplemen makanan. Para moms yang rutin mengkonsumsi suplemen multivitamin disebut memiliki kesempatan lebih besar untuk hamil dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsinya.


 

  • Co-enzyme Q10

Co-enzyme Q10 atau ubiquinone adalah antioksidan yang berperan penting dalam melindungi sel dan syaraf dari pengaruh radikal bebas. Co-enzyme Q10 kaya akan manfaat dan tentunya dapat meningkatkan kesuburan moms dan ayah juga.

Co-enzyme Q10 dapat meningkatkan kesehatan ovarium moms dan juga meningkatkan produksi dan kualitas sperma ayah. Dengan begitu kesempatan moms untuk segera hamil tentunya menjadi semakin besar.

Ubiqunone bisa didapat dari sejumlah makanan seperti sarden, bayam dan alpukat, namun jumlahnya sangat sedikit. Moms bisa mendapatkan tambahan asupan ubiquinone secara efektif mom bisa mengkonsumsi supplemen makanan yang mengandung Co-enzyme Q10 seperti Sea-Quill Co-Enzyme Q-10 dan Puritan Pride Coenzyme.

  • Omega 3

Nutrisi selanjutnya yang moms harus penuhi untuk meningkatkan kesuburan adalah omega 3. Omega tiga merupakan asam lemak esensial yang berdasarkan hasil riset para ahli memiliki asosiasi yang sangat erat dengan kualitas embrio.

Omega 3 dikenal terkandung dalam berbagai jenis sajian ikan, namun moms juga bisa mendapatkannya lewat konsumsi telur, walnut, flaxseed. Selain melalui makanan, moms juga bisa kok mendapatkannya dari supplement makanan seperti Blackmores Premium Omega 3 Fish Oil Multivitamin dan Sea-Quill Omega Z3 Salmon Gold Series.

  • Zat Besi

Moms, jangan lupa untuk mendapatkan zat besi yang cukup setiap harinya ya. Zat besi juga memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan kesuburan moms. Setiap wanita direkomendasikan untuk mengkonsumsi sekitar 18 mg zat besi setiap harinya, dan wanita hamil membutuhkan setidaknya 27 mg zat besi perhari.

Zat besi digunakan oleh tubuh untuk memproduksi hemoglobin yang berperan sebagai pembawa oksigen dalam darah. Kalau moms kekurangan zat besi, maka organ-organ dalam tubuh moms, termasuk organ reproduksi tidak bisa berfungsi secara optimal.

  • Kalsium

Untuk kebaikan calon janin, moms juga tidak boleh sampai kekurangan asupan kalsium. Sebab, selain untuk kesehatan tulang moms, saat nanti moms hamil, bayi dalam kandungan moms juga membutuhkan kalsium.

Jumlah kalsium yang disarankan untuk setiap orang dewasa adalah 1000 mg perhari, bukan jumlah yang sedikit memang. Untuk itu moms harus rajin mengkonsumsi sayuran hijau dan juga minum susu.

  • Vitamin B6

Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi setidaknya 10 mg vitamin B6 setiap harinya sebelum memasuki masa kehamilan mengalami morning sickness yang lebih ringan dibandingkan dengan yang tidak.

Oleh karena itu konsumsi supplement vitamin B6 seperti Elevit Morning Sickness Relief sangat-sangat dibutuhkan oleh moms untuk mengurangi mual-mual diawal kehamilan nanti.

Oke, demikianlah daftar nutrisi yang perlu menjadi perhatian mom agar bisa segera hamil. Tentunya meningkatkan kesuburan dengan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh jauh lebih aman daripada menggunakan obat kesuburan yang mungkin mengandung efek samping.

Selanjutnya di artikel yang akan datang, kita akan membahas mengenai nutrisi yang para ayah butuhkan untuk meningkatkan kesuburannya. Di tunggu yaa…

Reply

nine − seven =