Bagi Moms yang Hendak Bersalin, Hindari Sakit Saat Mengejan dengan 4 Cara Berikut Ini

Jika Tidak Ada Sebuah Masalah yang Serius Atau Hal Lain yang Beresiko, Sebaiknya Moms Memilih Bersalin Secara Normal.

Namun Sayangnya, Saat Ini Banyak Ibu Hamil yang Sudah Terlanjur Parno Terhadap Proses Persalinan Normal Lantaran Takut Sakit.

Padahal, dengan Mengikuti Trik Mengejan Saat Bersalin yang Benar, Rasa Sakit Saat Bersalin Dapat Diminimalisir dengan Baik.

Ini Dia 4 Trik Mengejan Untuk Mengurangi Rasa Sakit Ketika Bersalin

Karena takut sakit saat bersalin normal, saat ini bnayak ibu hamil yang memilih proses bersalin secara caesar meskipun sebenarnya ia bisa bersalin dengan normal. Jika tidak menemui kendala yang berarti, ada baiknya Moms tetap bersalin secara normal karena tentu saja lebih banyak manfaat yang bisa dipetik ketika Moms melahirkan secara normal.

Pada hakikatnya, persalinan caesar hanya dilakukan pada saat mendesak saja, namun saat ini sepertinya anggapan tersebut sudah tidak berlaku. Sakit saat bersalin merupakan momok besar bagi ibu hamil yang hendak melahirkan, terutama pada saat proses mengejan yang konon katanya seperti berada diantara hidup dan mati.

Padahal jika mengetahui trik yang tepat, rasa sakit saat mengejan hampir tidak terasa. Ini dia beberapa tips saat mengejan yang sebaiknya Moms ketahui.

1. Buka mata dan mulut saat mulai mengejan

Proses mengejan tentu saja menguras tenaga, dan proses ini membutuhkan koordinasi yang baik dari seleruh tubuh termasuk mata. Saat Moms tengah mengejan, usahakan untuk selalu membuka mata dengan lebar karena jika tidak, dikhawatirkan pembuluh darah akan pecah lantaran tidak kuat menahan tekanan yang ada.

Selain membuka mata secara lebar, Moms juga sebaiknya tetap membuka mulut. Mulut yang terbuka akan membuat oksigen mudah masuk saat mengejan, sehingga memberikan kesempatan tubuh untuk bernapas lebih panjang.


 

2. Memulai mengejan setelah dokter memberikan instruksi

Jangan pernah mengejan sebelum dokter memberikan perintah kapan Moms harus mengejan. Karena salah menerima perintah akan berakibat fatal terhada proses persalinan. Apapun yang terjadi, usahakan untuk tepat dalam mengerjakan isnstruksi yang mempermudah proses persalinan.

3. Jangan panik dan berteriak

Panik dan berteriak hanya akan membuat Moms merasa lebih tersiksa dan sakit saat bersalin. Berteriak juga akan menguras energi yang seharusnya banyak dibutuhkan oleh tubuh pada saat proses persalinan. Ketimbang berteriak kencang, ada baiknya Moms berdoa memohon kemudahan sembari terus berusaha.

4. Tidak mengangkat pantat saat persalinan berlangsung

Moms juga dihimbau untuk tidak mengangkat pantat saat proses persalinan berlangsung. Justru Moms disaranakn untuk berada di posisi setengah duduk untuk memperlancar semuanya, Mengangkat pantat justru beresiko terhadap sobekan vagina yang besar hingga mencapai anus.

Reply

twenty − seventeen =