Ternyata Ini Bahaya Sinar Matahari Bagi Kulit Moms Yang Selama Ini Jarang Diketahui

Segala sesuatu di dunia ini memang tidak pernah lepas dari pro dan kontra, serta hal yang baik dan buruk. 

Sama halnya dengan matahari,tak hanya  manfaat namun bahaya sinar matahari juga dapat kita rasakan.

Sebagai contohnya, sinar matahari memberikan manfaat bagi banyak hal, tetapi juga bisa berdampak buruk untuk hal lainnya. Kali ini kita akan membahas lebih lanjut tentang bahaya sinar matahari bagi bayi, bagi tubuh kita dan juga bagi kulit kita. Apa sajakah informasi yang belum kita ketahui? Berikut ini kami rangkumkan untuk Anda.

Bahaya Matahari Bagi Bayi

Bagi Anda yang memiliki bayi yang baru lahir, tentunya Anda akan sangat berhati-hati dalam memperlakukan bayi Anda. Bayi memang cenderung masih sensitive terhadang bebagai hal karena umur hidupnya di dunia yang belum lama.

Sebenarnya, sinar matahari sendiri sangatlah berguna bagi bayi. Sebagai contohnya adalah sinar matahari di pagi hari, sinar matahari pagi bisa membantu bayi untuk menguatkan tubuh mereka. Selain itu, sinar matahari pagi juga bisaa mengurangi kandungan billirubin yang bisa membuat bayi terlihat kuning.

Hal itu tentunya bisa didapatkan dengan cara menjemur bayi di bawah sinar matahari pagi, dan tentunya tidak boleh terlalu berlebihan agar tidak berubah menjadi hal yang berbahaya. Selanjutnya, apa bahaya matahari bagi bayi?

Selain bisa membantu bayi untuk mengurangi kandungan bilirubin dalam tubuh mereka, ternyata sinar matahari juga bisa berbahaya untuk tubuh bayi jika berlebihan. Sebagai contohnya, bisa membuat beberapa fungsi tubuh menjadi tidak baik.

Selain itu, bahaya matahari bagi bayi juga bisa berpengaruh terhadap lensa bayi, saat bayi dihadapkan ke arah matahari secara langsung saat Anda menjemur bayi Anda di bawah sinar matahari.

Untuk itu, meskipun matahari bisa memberikan nilai yang positif bagi tubuh bayi kita, alangkah lebih baik jika kita lebih berhati-hati agar manfaat tersebut tidak berubah menjadi hal yang berbaya bagi tubuh bayi.

Bahaya Matahari Bagi Kulit Moms

bahaya sinar matahari 1

Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan istilah pusing karena kepanasan. Ya, memang bagi anak-anak yang sedang tumbuh dan berkembang, sinar matahari adalah hal yang sangat baik. Apalagi sinar matahari pagi pada jam 7 hingga 10 pagi.

Kandungan Vitamin D yang bisa diperoleh dengan bantuan sinar matahari pagi bisa membantu pertumbuhan tulang anak yang masih sedang dalam masa pertumbuhan. Untuk itu, untuk mendapatkan manfaat dari sinar matahari, akan lebih baik jika anak-anak melakukan olahraga di pagi hari dan di waktu yang tepat agar tubuh tidak mendapatkan efek dari bahaya matahari siang.

Jika berolahraga di siang hari, di saat matahari sedang berada di titik yang paling terik, hal itu bisa berbahaya bagi anak-anak dan orang dewasa lainnya.

Sinar matahari siang mengandung sinar ultraviolet (UV) yang tidak bersahabat dengan kulit manusia. Radiasi sinar UV ini ada 3 kategori, Radiasi UVA, UVB dan UVC. Apa Bedanya? Radiasi UVA memiliki pengaruh yang paling “tidak ganas” diantara dua lainnya. Radiasi ini menyebabkan kulit berkerut, penuaan dini, gatal gatal dan perubahan warna kulit. Radiasi UVB menyebabkan kerusakan protein di dalam kulit sehingga dapat mengakibatkan kulit terbakar dan penyakit kanker kulit

Radiasi UVC lah yang punya efek paling berbahaya. Radiasi ini dapat menyebabkan mutasi pada DNA yang akhirnya menjadi awal terjadinya kelainan genetik. Jadi ingat ya Moms untuk menggunakan Sunblock atau produk yang mengandung SPF (Sun Protector Factor) ketika akan beraktifitas lama di luar rumah saat terik sinar matahari.

bahaya sinar matahari 2

Bahaya Matahari Bagi Mata Moms

Mata manusia adalah indra yang sangat sensitif terhadap cahaya. Terlalu lama menatap matahari dengan mata telanjang bisa menyebabkan penyakit katarak dan Katarak ini bisa berakhir dengan kebutaan.

Menurut Simon Kelly, Dokter ahli mata dari Royal College bahkan memperingkatkan bahwa menatap terlalu lama cahaya ultraviolet tanpa menggunakan pelindung mata dapat membakar mata layaknya kulit yang terbakar. Dia juga menambahkan bahwa menatap langsung matahari dapat melukai retina.

Area dibelakang mata yang bertanggung jawab terhadap penglihatan ini akan rusak secara permanen. Selain katarak, ancaman radiasi sinar matahari yang lain terhadap mata adalah kanker kulit yang menyerang kelopak dan daerah sekitar mata. paparan yang terlalu lama akan mengingkatkan resiko ini.  Jadi ingat Moms, untuk selalu membawa kacamata hitam sebagai pelindung jika ingin beraktifitas outdoor, terutama di daerah pantai atau laut.

Bahaya Matahari Bagi Rambut Moms

Berdiam diri dibawah sinar matahari siang tanpa pelindung kepala akan menyebabkan rambut rusak. Selain kusam dan kasar, ultraviolet pada sinar matahari siang juga dapat menyebabkan pigmen rambut berubah warna menjadi merah kekuningan.

Bahaya Matahari Bagi Tubuh Moms

Pernah ikut upacara bendera atau kegiatan lain yang memaksa kita berpanas-panasan? Saat badan terkena panas matahari dalam waktu lama, tubuh mengeluarkan banyak cairan dalam bentuk keringat. Hal ini menyebabkan tubuh kekurangan cairan atau yang sering disebut dengan dehidrasi.

Para penderita dehidrasi akan mengalami tenggorokan kering, pusing, mata berkunang-kunang bahkan hilang kesadaran diri. Segera istirahat di tempat teduh dan minum air putih sebanyak banyaknya.

bahaya sinar matahari 2

Untuk itu, untuk menghindari bahaya matahari bagi ibu hamil, akan lebih baik jika setiap ibu hamil tidak terlalu sering untuk berada di bawah sinar matahari untuk menghindari rasa pusing dan tubuh sakit yang mungkin akan mengganggu kesehatan ibu dan anak yang berada dalam kandungan.

Sebagai kesimpulannya, sinar matahari memiliki kelebihan dan juga kekurangan yang bisa berpengaruh terhadap tubuh. Sebagai contohnya, sinar matahari pagi bisa membantu pertumbuhan tulang anak dengan bantuan vitamin D.

Akan tetapi, terlalu banyak terkena sinar matahari pun akan berbahaya bagi tubuh kita. Hal itu bisa menyebabkan kerusakan kulit dan juga pusing atau sakit lainnya. Sinar matahari juga bisa berbahaya jika ditatap secara langsung.

Bagaimana pendapat Anda tentang bahaya matahari siang ini?

Bahaya sinar matahari bagi ibu hamil

bahaya sinar matahari pun bisa saja dialami oleh beberapa ibu hamil yang memiliki kondisi tubuh yang kurang sehat saat hamil. Untuk itu, alangkah bijaknya jika kita mencoba untuk memperoleh sinar matahari yang cukup bagi tubuh di waktu yang tepat dan berikut artikel mengenai Manfaat Dan Cara Menjemur Bayi Dengan Benar Yang Belum Moms Ketahui !

Reply

nine + 3 =