5 Teknik Rahasia Cara Dan Manfaat Menjemur Bayi Yang Bahkan Ibu Saya Tidak Tahu !

Sinar Matahari pagi memang terkenal memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh. Terutama untuk bayi , Untuk itu moms perlu mengetahui cara dan manfaat menjemur bayi.

Sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang sangat bermanfaat bagi tulang . Untuk anak-anak atau bayi  yang masih dalam usia pertumbuhan, manfaat Menjemur bayi di sinar matahari pagi  sangat berguna untuk  pembentukan tulang , sehingga menjemur si kecil pada pagi hari sangatlah penting .

Tentunya, hal ini membuat moms penasaran, Apa saja manfaat menjemur bayi di pagi hari? Bagaimana cara melakukannya dengan baik dan benar? Merasa penasaran? Berikut informasi yang sudah kami rangkum untuk Anda.

Manfaat dan Tips Menjemur bayi 1

Manfaat Penting Menjemur Bayi

Memang menjemur bayi sudah menjadi hal yang umum dilakukan oleh para orang tua di pagi hari untuk menghangatkan tubuh bayi mereka. Salah satu manfaat Menjemur bayi adalah untuk menghangatkan tubuh bayi.

Tentunya, kita sudah tahu bahwa udara pagi memang cenderung dingin, untuk itu, menghangatkan bayi dengan cara menjemur bayi adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Selain itu, manfaat menjemur bayi di pagi hari lainnya yang bisa didapatkan yaitu, menjemur bayi juga bermanfaat untuk mengurangi kadar bilirubin yang ada di tubuh bayi. Perlu Anda ketahui jika sinar matahari bisa mengurangi kadar bilirubin yang ada, sementara bilirubin adalah zat yang bisa membuat tubuh bayi terlihat kuning.

Sementara itu, bagaimana cara menjemur bayi di pagi hari?

Cara Menjemur Bayi di Pagi Hari

Untuk menghindari langkah-langkah yang salah dalam menjemur bayi, berikut ini langkah-langkah yang harus Anda perhatikan dalam menjemur bayi di pagi hari.

  1. Paparkan Seluruh Tubuh di Bawah Sinar Matahari

Manfaat dan Tips Menjemur bayi 5

 

Saat Anda memutuskan untuk menjemur bayi, alangkah lebih baik jika Anda memaparkan tubuh bayi di bawah matahari secara merata. Hal ini tentunya sangat perlu diperhatikan, agar seluruh tubuh bayi mendapatkan asupan sinar matahari yang merata dan sesuai kebutuhan tubuh.

Selain itu, biarkan bayi Anda bertelanjang dada dan hanya memakai celana atau popok saja. Jangan hanya memaparkan bagian dada saja, tetapi juga paparkan bagian punggungnya. Pastikan juga sinar matahari tidak terlalu banyak mengenai mata, karena bisa berbahaya bagi lensa mata.

  1. Tidak Harus di Ruang Terbuka

Perlu Anda ketahui, bahwa dalam menjemur bayi, tidak selamanya kita harus melakukan hal tersebut di ruangan terbuka yang menyebabkan bayi terkena langsung sinar matahari. Anda bisa menjemur bayi di ruangan yang masih tertutup tetapi juga masih bisa diterobos oleh sinar matahari.

  1. Memberikan Pijatan untuk Bayi

Manfaat dan Tips Menjemur bayi 3

Selain menjemur bayi di bawah sinar matahari, hal lain yang bisa Anda lakukan saat menjemur bayi yaitu dengan memijat-mijat bayi Anda. Tentunya, saat memijat bayi Anda, akan lebih baik jika Anda menggunakan Baby Oil. Dalam hal ini, baby oil juga bisa digunakan sebagai alat yang menjegah kulit bayi Anda menjadi kering karena dijemur.

  1. Membersihkan Bagian Tubuh Bayi

Manfaat dan Tips Menjemur bayi 4

Momen menjemu bayi bisa juga digunakan sebagai momen bermanfaat lainnya seperti halnya untuk membersihkan bagian tubuh bayi yang cukup jarang terjangkau. Contohnya, Anda bisa sambil menyambi membersihkan telinga bayi dan juga bagian-bagian lainnya yang susah dijangkau dengan menggunakan baby oil.

Tentunya, setelahnnya bayi bisa dimandikan. Untuk itu, bagi Anda yang bertanya-tanya tentang bayi dijemur dulu atau dimandikan dulu, akan lebih baik jika bayi dijemur dulu, kemudian dimandikan setelahnya.

  1. Jangan Menjemur Bayi saat Matahari Terlalu Panas

Manfaat dan Tips Menjemur bayi 2

Biasanya, aktivitas menjemur bayi dilakukan pada jam-jam tertentu, dengan anggapan bahwa jam-jam tertentu memiliki suhu yang cukup untuk menjemur bayi. Biasanya, aktivitas menjemur bayi dilakukan pada jam 7-8 pagi, sebelum bayi mandi dan di saat sinar matahari tidak terlalu menyengat.

Selain itu, suhu yang baik untuk menjemur bayi adalah suhu 36,5-37,5 derajat celcius yang tentunya tidak terlalu panas untuk bayi. Jika terlalu panas maka hal tersebut bisa memicu hipertermi yang bisa berbahaya bagi pertumbuhan bayi. Untuk itu, jangan menjemur bayi di saat terlalu pana dan juga jangan menjemur bayi saat mendung karena akan terlalu dingin.

Tentunya, karena bayi masih sangat sensitif terhadap banyak hal baru, saat menjemur bayi di pagi hari, orang tua harus selalu berhati-hati. Jangan sampai terlalu panas dan juga jangan sampai terlalu lama. Pastikan bahwa bayi Anda mendapatkan asupan sinar matahari pagi yang cukup bersahabat dan sehat bagi tubuh mereka.

Untuk itu, jangan lupa perhatikan anak Anda saat Anda sedang menjemur bayi Anda di bawah sinar matahari di pagi hari. Jadi, bagaimana pendapat Anda tentang aktifitas yang satu ini?

Demikian itu tadi informasi yang bisa kami berikan tentang manfaat dan cara menjemur bayi di pagi hari, semoga bermanfaat untuk bayi Anda dan semoga bermanfaat. Selamat mencoba moms dan Ternyata Inilah Bahaya Sinar Matahari Bagi Kulit Kita , Apa Sajakah Itu ? Simak selengkapnya

Reply

3 × 3 =