Dalam 30 Menit, 10 Teknik Ini Akan Menghindarkan Moms Dari Stress Saat Hamil

Membangkitkan kebahagiaan saat hamil sangatlah penting, karena pada masa kehamilan bunda akan mengalami Stress saat hamil, perubahan emosi dan suasana hati.

Bahkan beberapa ibu hamil merasakan adanya gejala stress saat hamil, depresi dan rasa tertekan yang sulit untuk dikelola. Berbagai penyebabnya berasal dari berbagai faktor dari luar maupun dalam diri ibu, seperti perubahan hormon, rasa tidak percaya diri, rasa kelelahan sepanjang hari dan lainnya.

Sedangkan faktor dari luar yang juga menyertai ketidakstabilan emosi dan suasana hati ibu hamil seperti keadaan rumah tangga, hubungan sosial di sekitar, kondisi finansial, dan masalah lainnya yang jika tidak dikelola akan membuat ibu semakin tidak nyaman suasana hatinya.

Untuk itu, ada beragam cara untuk membangkitkan kebahagiaan ibu yang perlu untuk diketahui.

Berikut Tips Membangkitkan Kebahagiaan Saat Hamil Agar Terhindar dari Stress saat hamil :

  1. Berolahraga bersama keluarga

Membangkitkan Kebahagiaan saat hamil 1

Penting bagi ibu hamil berolahraga ringan untuk melancarkan peredaran darahnya. Olahraga juga aktivitas seru yang bisa dijalani bersama suami atau keluarga.Walaupun berjalan kaki menghirup udara segar di luar rumah, tentu akan sangat seru dilakukan bersama orang tercinta seperti jalan-jalan kaki menemani si kecil bermain di taman.

Berenang, yoga, senam ringan juga cocok buat ibu hamil. Pilihlah olahraga yang sesuai dan menyenangkan ibu. Jika senang dengan olahraga renang, lakukan di tempat atau waktu yang jauh dari keramaian, dan pastikan olahraga tetap dalam kondisi aman.

  1. Jalan-jalan refreshing seperti piknik dan wisata

Membangkitkan Kebahagiaan saat hamil 2

Piknik atau wisata bersama keluarga sangat seru dilakukan serta dapat menyegarkan pikiran. Berjalan-jalan di alam bebas menghirup udara yang jauh dari polusi membuat ibu jadi rileks dan enjoy. Jika cukup budget, jalan-jalan sekalian menginap di hotel yang suasananya asyik.

Jalan-jalan tidak perlu dipaksakan, jika tiba di tempat yang dituju, ibu bisa sekedar duduk santai melihat keindahan sekitar tanpa melakukan aktivitas yang menguras energi. Jika berada di tempat-tempat yang indah, ibu dan keluarga bisa berfoto mengabadikan aktifitas serunya berwisata ketika masa hamil.

  1. Bersantai di rumah atau di tempat favorit

Membangkitkan Kebahagiaan saat hamil 3

Jika ibu memutuskan untuk tinggal di rumah dan tidak pergi keluar, tetap lakukan hal menyenangkan ini di rumah, yaitu bersantai. Beberapa orang suka membuat spot nyaman favorit mereka dirumah, misal di balkon atas, di kursi taman belakang, di dekat kolam ikan, atau pojok ruang duduk dengan view outdoor. Lakukan dengan enjoy dan santai pasti akan menghindari Stress saat hamil.

  1. Membaca buku

Membangkitkan Kebahagiaan saat hamil 4

Kegiatan membaca ini seru dilakukan terutama untuk mengalihkan berbagai pikiran negatif yang acapkali rentan menerpa ibu hamil. Pilih jenis bacaan yang digemari, bawa kemanapun bahan bacaan sehingga jika ibu mulai jenuh, bisa membukanya kapanpun ibu mau. Akan lebih seru lagi ibu lakukan di udara terbuka, di hamparan rumput sambil berpiknik atau di tempat yang teduh dan tenang di pinggir pantai.

  1. Janji ketemu teman lama

Membangkitkan Kebahagiaan saat hamil 6

Ada rindu yang spesial terobati ketika bertemu teman-teman lama. Senda gurau melepas kangen dengan tawa akan membuat lepas beban stres dan menghilangkan suasana hati yang buruk.

Saling bertukar kabar atau memberi hadiah juga akan mengundang kebahagiaan tersendiri bagi ibu hamil. Pilih tempat yang cocok untuk ketemuan dan beri kejutan buat teman yang menambah keceriaan di wajah mereka.

  1. Menonton komedi

Kegiatan santai satu ini sangat seru untuk ibu lakukan. Ditemani suami atau anggota keluarga dan teman, menonton komedi akan membuat ibu melihat sisi humor dunia yang tidak melulu serius dan menegangkan. Siapkan makanan kecil, cemilan buah dan popcorn, bersiaplah dengan kejutan yang membuat ibu hamil tertawa lepas penuh kebahagiaan.

  1. Berkebun sesuai kemampuan ibu

Membangkitkan Kebahagiaan saat hamil 7

Taman-taman yang hijau dengan bunga warna-warni akan membuat senang siapapun melihatnya. Akan lebih seru lagi jika ibu terlibat langsung dengan kegiatan berkebun  ini sehingga emosi dan suasana hati ibu terarah kepada interaksi dengan alam, seolah ibu kembali digiring kepada fitrah untuk dekat dengan bumi dan tanah.

Fitrah inilah yang akan mengundang kebahagiaan ibu dikala menyaksikan tanaman yang ibu tanam dengan tangan sendiri tumbuh dengan segar. Mintalah bantuan oranglain untuk pengolahan tanah dan pemupukannya, ibu cukup melakukan hal yang ringan saja di kebun.

  1. Mengikuti pelajaran keterampilan

Kegiatan keterampilan akan mengisi waktu ibu menjadi hasil produktif dan kreatif. Keterampilan bermacam-macam tergantung hobi dan minat ibu, atau bahkan mencoba mempelajari minat keterampilan baru dari awal.

Merajut baju bayi dan membayangkan bayi ibu memakainya kelak setelah lahir akan menerbitkan harapan yang membahagiakan bagi sang ibu. Jika ibu menyukai kegiatan merangkai bunga, ini akan seru juga, karena hasilnya akan menambah semarak ruangan di rumah.

  1. Memanjakan diri dengan pijat dan berbagai perawatan kecantikan

Membangkitkan Kebahagiaan saat hamil 8

Ibu yang kelelahan disebabkan kurang lancarnya peredaran darah, alangkah baiknya melakukan pijat massage dengan memanggil orang yang ahli ke rumah, atau ibu yang berangkat ke family massage. Manjakan diri ibu dengan pijatan lembut atau perawatan kecantikan yang membuat ibu nyaman dan tampil bugar.

  1. Berbelanja kebutuhan

Membangkitkan Kebahagiaan saat hamil 8

Siapa sih kaum ibu yang tidak senang berbelanja? Luangkan waktu ibu untuk berbelanja kebutuhan terutama benda yang ibu sejak lama idamkan hasil dari tabungan. Inilah saatnya ibu bisa memberi hadiah kepada diri sendiri berupa memiliki sesuatu yang menyenangkan dan membahagiakan ibu.

Kebahagiaan adalah hak ibu hamil yang seharusnya dirasakan sepanjang menjalani kehamilan. Rasa bahagia ini sangat baik diciptakan agar kehamilan ibu sehat, nyaman dan ibu melahirkan bayi yang sehat pula secara fisik dan psikisnya serta Waspadai Tanda Tanda Bahaya Kehamilan Berikut Ini Moms !

Reply

eight − six =