8 Cara Efektif Meningkatkan Sistem Imun Si Kecil di Musim Penghujan

Meningkatkan sistem Imun si kecil sangat penting untuk dilakukan khususnya pada musim hujan seperti sekarang ini.

Cuaca di musim seperti ini membuat ancaman sakit pada si kecil meningkat. Tentunya hal ini membuat moms merasa khawatir kan?

Bagaimana moms bisa meningkatkan sistem imun si kecil? Berikut ini hal yang bisa membantu moms:

1. Berikan ASI

Telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa ASI mampu meningkatkan kekebalan tubuh anak. Baby yang diberikan ASI akan memiliki kekebalan tubuh yang jauh lebih baik dari pada yang tidak, bahkan hingga si anak tumbuh dewasa. Anak yang tidak diberikan ASI saat ia baby biasanya lebih rentan terhadap alergi, diare, pneumonia dan meningitis.

2. Berikan Asupan Probiotik

Probiotik dipercaya mampu meningkatkan imunitas si kecil. Sebah penelitian yang dimuat di jurnal Paediatrics menemukan bahwa bayi yang mengalami gastroenteritis akan sembuh lebih cepat jika diberikan probiotik. Probiotik juga membantu mengurangi resiko si kecil terkena eczema dan alergi.

Dapatkan Bebelac 3 Bebenutri Plus Susu Pertumbuhan Rasa Vanila di lazada.co.id

3. Perhatikan Asupan EFA

Essential Fatty Acid atau Asam Lemak Essensial di ketahui mampu membantu meningkatkan imunitas si kecil. Asam lemak esensial dibutuhkan oleh sell darah putih agar ia dapat berfungsi maksimal untuk memerangi infeksi.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di Jurnal of Immunology, anak dengan infeksi pernapasan pulih lebih cepat setelah diberikan suplemen EFA. Tak hanya lewat supplement, EFA juga bisa didapat lewat makanan seperti ikan sarden, mackarel, salmon, telur, kacang-kacangan., tahu dan tempe.

Dapatkan Innolife Fish Oil – Kapsul Minyak Ikan di lazada.co.id

4. Sinar Matahari Pagi

Sinar matahari bagi sangat baik untuk si kecil. Dengan mengajaknya keluar dipagi hari yang cerah, si kecil akan mendapatkan asupan provitamin D yang baik bukan hanya untuk tulang dan giginya tapi juga untuk sistem kekebalan tubuhnya.

5. Tidur yang Cukup

Kurang tidur dapat membuat siapapun jatuh sakit, termasuk juga si kecil. Pastikan si kecil mendapatkan tidur yang cukup setiap harinya, dan disela-sela keaktifannya beraktifitas, moms juga harus menjadwalkan si kecil untuk tidur siang.

6. Berikan Buah dan Sayur

Si kecil juga harus dibiasakan untuk menyantap buah dan sayur.Buah dan sayur kaya akan vitamin dan mineral alami yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatannya.

Wortel, buncis, jeruk dan stroberi misalnya kaya akan phytonutrient yaitu vitamin C dan karotenoid yang baik sekali untuk meningkatkan sistem imun si kecil.Phytonutrient dalam tubuh berguna untuk meningkatkan produksi sel darah putih dan lapisan antibodi sel yang disebut interferon.

Dapatkan Fruit Blend 18 Jr Food Supplement For Kids di lazada.co.id

7. Ajari untuk sering mencuci tangan

Agar si kecil tak mudah sakit, biasakan si kecil untuk mencuci tangan setelah beraktifitas di luar ruangan, memegang hewan, setelah menggunakan kamar kecil dan saat akan makan. Kebiasaan baik ini sangat efektif untuk mengurangi paparan virus dan bakteri.

Dapatkan Lifebuoy Colour Changing Antibacterial Hand Wash di lazada.co.id

8. Hentikan Kebiasaan Merokok Moms dan Dads

Kalau moms atau dads merokok. Sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk ini demi kesehatan si kecil. Rokok mengandung ribuan racun yang dapat merusak bahkan membunuh sel-sel dalam tubuh si kecil.

Anak-anak lebih mudah terkena dampak buruk dari asap rokok dibandingkan dengan orang dewasa karena sistem detoksifikasi alami mereka belum sempurna dan mereka bernafas lebih cepat dibanding orang dewasa.

Anak-anak yang menjadi perokok pasif lebih rentan terkena SIDS, bronchitis, infeksi telinga, dan asma. Asap rokok juga dapat mempengaruhi kemampuan intelegensi dan perkembangan syarafnya.

Reply

17 + 17 =