Beberapa Cara Serta Tips Yang Ampuh Untuk Merawat Kuku Si Kecil

Moms? saat bayi baru lahir, dia memiliki kulit serta kuku yang sensitif. Jadi Moms mungkin agak kesulitan saat merawat kuku si kecil, namun Moms harus tetap menjaga kebersihan dan kesehatan kuku si kecil agar tetap terjaga. Oleh karena itu cosmomom akan sedikit menjelaskan beberapa cara yang dapat dilakukan moms untuk merawat kuku si kecil :

 

1. Pentingnya Memotong Kuku Si Kecil

Pada umumnya, bayi lahir dengan kuku yang cukup panjang sehingga perlu segera dipotong agar tak membahayakan dirinya sendiri. karena kuku si kecil cenderung lebih lunak dan sensitif dibandingkan kuku orang dewasa, tetapi ujungnya cukup tajam dan dapat melukai kulitnya sendiri.

Selain itu, kuku yang panjang dapat melukai bibir, gusi, dan lidah si Kecil saat ia mengisap jarinya sehingga perawatan bayi ini sangat penting dilakukan.

 

2. Waktu yang Tepat Untuk Memotong Kuku Si Kecil

Banyak orang tua yang tidak mau melakukan Perawatan semacam ini karena takut melukai kulit si Kecil saat memotong kukunya. Untuk meminimalisir risiko tersebut, Moms dapat memotong kuku si kecil saat si kecil tidur lelap sehingga tak banyak gerakan yang dilakukannya.

Selain itu, setelah mandi juga merupakan waktu yang tepat untuk melakukan perawatan bayi ini karena kuku si Kecil lebih lunak dan sensitif sehingga mudah dipotong.

3. Frekuensi yang Diperlukan Untuk Merawat Kuku Si Kecil

 

Beberapa Bayi masing-masing memiliki tingkat pertumbuhan kuku yang berbeda-beda, ada yang cepat panjang dan ada pula yang membutuhkan waktu lama untuk kuku tersebut tumbuh.

Namun, 1 minggu sekali untuk memotong kuku jari tangan si Kecil dan 1 bulan sekali untuk memotong kuku jari kakinya merupakan waktu yang cukup ideal. Ibu juga bisa menentukan seberapa sering perawatan bayi ini perlu dilakukan sesuai dengan pertumbuhan kuku si Kecil.

4. Apabila Jari Si Kecil Terluka Saat Memotong Kukunya

Jika gunting kuku yang digunakan tidak sengaja melukai ujung jari si Kecil dan membuatnya terluka atau bahkan berdarah, jangan panik ya moms.

Segera saja cuci jari si kecil yang berdarah dengan air dingin dan balut menggunakan tisu sambil sedikit ditekan untuk menghentikan keluarnya darah. Jika darah tak juga berhenti meski telah melakukan cara ini, segera bawa si kecil ke dokter terdekat agar segera ditangani.

5. Cara Memotong Kuku Si Kecil

Untuk dapat melakukan perawatan ini, Moms memerlukan gunting kuku khusus yang dirancang sesuai ukuran jari si Kecil sehingga lebih aman daripada gunting kuku biasa. Setelah alat ini siap, secara perlahan posisikan gunting dengan tepat agar tidak ada kulit yang ikut terpotong. Agar proses memotong kuku si kecil berjalan lebih lancar, pilihlah tempat yang terang sehingga Ibu bisa melihat dengan jelas kuku jari yang akan dipotong.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat kuku si kecil, Nah agar memotong kuku si kecil menjadi lebih aman dan tidak membuat kulit si kecil yang sensitif rusak, maka Cosmomom memiliki beberapa tips yang sangat tepat dan aman ketika moms memotong kuku si kecil, langsung saja cosmomom akan membahas tips tersebut untuk moms :

1. Lakukan di Ruangan yang Terang

Saat baru lahir, kuku si Kecil umumnya berukuran seperempat kali lebih kecil dibanding kuku orang dewasa. Inilah sebabnya, perlu ketelitian yang sangat tinggi agar dapat memotong kuku si kecil dengan benar. Jika tidak, jari si Kecil bisa terluka karena tergunting moms.

Terkait hal ini, saya menyarankan agar moms selalu memilih ruangan yang terang saat hendak memotong kuku si Kecil. Sebab, di ruangan dengan pencahayaan yang baik, kita akan lebih mudah membedakan mana kuku dan mana pula jari si Kecil. Dengan begitu, perawatan kuku si kecil pun menjadi lebih minim risiko.

2. Pilih Waktu yang Tepat saat memotong kuku si kecil

Memotong kuku si kecil di waktu yang tepat adalah tips berikutnya yang perlu diperhatikan ya moms. Karena waktu terbaik untuk memotong kuku si kecil adalah sehabis memandikan si Kecil. Sebab, saat itu kuku si Kecil sudah lebih lunak sehingga lebih mudah untuk dipotong.

Bila ingin lebih aman, moms dapat memotong kuku si Kecil saat si kecil sedang tertidur. Dengan begitu, konsentrasi moms tidak akan terganggu karena tangan dan kaki si Kecil tidak bergerak-gerak saat tidur.

3. Tekan Lembut Ujung Jari

Untuk memperkecil risiko jari si kecil terluka, tips ini tepat untuk moms, hanya dengan menekan lembut ujung jari si Kecil. Dengan begitu akan semakin memperjelas mana bagian kuku dan mana bagian ujung jari si Kecil, sehingga meminimalisir risiko jari si kecil ikut tergunting dan terluka moms.

4. Gunakan Alat Khusus

Tak hanya lebih mungil, tekstur kuku si Kecil juga lebih rapuh dan lebih sensitif dibandingkan dengan kuku orang dewasa, Moms. Ini sebabnya, saya menyarankan agar tidak menggunakan gunting kuku orang dewasa untuk memotong kuku si Kecil, karena gunting itu didesain untuk kuku yang sudah cukup padat dan keras.

Belum lagi, ukuran gunting kuku dewasa terlalu besar bila dibandingkan dengan kuku bayi yang mungil, sehingga berisiko melukai jari si Kecil.

Jadi, moms disarankan menggunakan gunting kuku khusus bayi saat memotong kuku si kecil. Gambar diatas adalah beberapa alat khusus yang dapat digunakan untuk memotong kuku si kecil, salah satunya adalah produk yang dijual oleh cosmomom yaitu Baby Electric Nail Trimmer, Sebuah pemangkas kuku yang memiliki bantalan empuk dan 100% aman untuk kuku si kecil.

Nah itulah beberapa cara dan tips yang aman untuk memotong kuku si kecil, semoga setelah membaca artikel ini moms semakin lebih hati-hati dan lebih konsentrasi saat menjaga kesehatan dan kebersihan kuku si kecil dan moms Menjadi lebih tau beberapa Manfaat dari Memotong Kuku Bayi!.

Reply

eleven + 20 =