DIY Sensory Board untuk Meningkatkan Ketajaman Indera si Kecil

Banyak orang tua berpikiran bahwa hanya anak-anak dengan gagguan sensorik yang membutuhkan latihan aktifitas sensorik.

Faktanya, semua anak-anak di usia dini membutuhkannya, sebab sesi pembelajaran sensorik melalui indera-inderanya menjadi sesi pembelajaran pertama yang bisa di terima oleh buah hati moms usianya yang masih sangat kecil.

Aktifitas sensorik dapat mendukung kecerdasan dan ketajaman inderawinya. Biarkan si kecil mengeksplor kemampuan indrawinya dan biarkan ia merasakan pengalaman-pengalaman baru dengan kemampuan sensoriknya.

Latihan sensorik dapat membantu si kecil untuk memahami lingkungannya melalui indera yang ia miliki, mendorong kemampuan si kecil untuk mengeksplorasi, menyelidik dan juga mengkategorikan sesuatu hal, merangsang kemampuan motorik anak, dan tentunya membuat mereka sibuk sejenak.

Salah satu media yang bisa digunakan untuk latihan sensorik adalah Sensory Board, dan moms bisa membuatnya sendiri di rumah.


 

Alat dan bahan yang moms butuhkan:

  1. Papan dasar tempat moms akan menempelkan berbagai benda. Boleh papan kayu, kardus atau dari bahan lainnya.
  2. Alat untuk menempelkan berbagai benda, bisa berupa skrup, paku, lem super, hook, atau perekat. Sesuaikan saja dengan bahan papan dasar yang digunakan.
  3. Berbagai barang dengan tekstur, bentuk dan warna yang berbeda-beda serta benda-benda yang bisa berbunyi untuk di jadikan sensory item. Pita-pita, berbagai jenis kain, mainan plastik, mainan kayu, mainan karet, bel, lonceng, rantai kecil, spon dan berbagai benda lainnya bisa mom manfaatkan. Pada dasarnya moms bisa menaruh apa saja di sensory board, namun pastikan benda yang moms pilih tidak berbahaya untuk si kecil.

Cara membuat:

Simpel, tempelkan semua barang-barang yang moms sudah dapatkan pada papan.

Kalau moms menggunakan paku dan skrup, pastikan kepala paku dan skrupnya moms dorong hingga rata dengan papan dan tidak menonjol. Kalau moms mengguanakan hook, pastikan moms menggunakan hook bulat. Semuanya demi keamanan si kecil saat bermain.

Nih moms, beberapa referensi yang mungkin bisa memberikan mom lebih banyak ide dalam membuat sensory board untuk buah hati.

IMG_0056

 

 

 

 

Reply

ten + twenty =