Fakta Mengenai Konsumsi Telur untuk Keluarga

Telur adalah salah satu bahan makanan yang kaya akan nutrisi dan baik untuk kesehatan. Selain sebagai sumber protein, telur juga mengandung banyak sekali vitamin dan mineral.

Telur selain memiliki rasa yang enak, bahan makanan ini juga mudah didapat dan mudah juga dibuat, menjadikannya sebagai salah satu makanan favorit yang sering kita konsumsi.

Telur Sebagai Makanan yang Padat Nutrisi

Telur adalah sumber yang baik untuk sejumlah nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Dalam sebutir telur terkandung beragam nutrisi, diantaranya:

Protein12%
Vitamin D10%
Vitamin A6%
Vitamin B2 (Riboflavin)15%
Vitamin B12 (Cobalamin)8%
Folate6%
Zinc10%
Iron4%

Yang tertulis pada daftar di atas hanyalah sebagian dari banyak sekali nutrisi dalam sebutir telur. Menurut Egg Nutrition Center, satu butir telur besar mengandung setidaknya 13 vitamin dan mineral esensial. Dalam sebutir telur berisi 6 gram protein berkualitas tinggi dan kesembilan asam amino esensial.

Konsumsi Telur untuk Anak

Aman untuk memberikan si kecil telur jika usianya sudah 6 bulan dan siap untuk mulai menkonsumsi makanan padat.

Pastikan telur yang moms berikan dimasak sempurna sehingga mematikan semua bakteri yang mungkin ada dalam telur mentah. Menurut Canadian Pediatric Society, Memperkenalkan si kecil telur sejak usia 6 bulan bisa membantu memperkecil kemungkinan si kecil memiliki alergi telur.

Memberikan telur pada anak adalah pilihan yang sangat baik. Dengan protein berkualitas tinggi dan kekayaan vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya, Telur bisa menjadi pilihan bagi moms untuk menyediakan makanan sehat dengan mudah dan tentunya lebih hemat ya moms.

Keracunan Makanan Karena Telur Mentah

Memakan telur setengah matang memang enak ya Moms, tapi moms harus hati-hati juga. Memakan telur mentah atau telur setengah matang dapat menyebabkan keracunan makanan. Kebanyakan kasus ini terjadi pada bayi dan balita, wanita hamil dan lansia.

Hal ini terjadi karena telur mentah yang dikonsumsi mungkin mengandung bakteri salmonella. Karenanya agar aman untuk dikonsumsi keluarga yang memiliki anak kecil dibawah lima tahun atau anggota keluarga lanjut usia sebaiknya moms memasak telur hingga matang sempurna. Memasak telur dengan benar adalah pilihan paling aman untuk mencegah keracunan makanan akibat adanya bakteri salmonella dalam telur.

Telur dan Kolesterol

Kalau moms sempat takut mengkonsumsi telur karena kolesterol yang ada didalamnya, mungkin inilah saatnya untuk mempertimbangkannya kembali.

Meskipun telur mengandung kolesterol, hasil penelitian terkini menyembutkan bahwa orang dewasa yang sehat bisa mengkonsumsi sebutir telur setiap hari tanpa perlu khawatir akan meningkatkan postensi penyakit jantung.

Bahkan Canadian heart and Stoke Foundation dan Australian Heart Fondation mempromosikan telur sebagai makanan yang baik untuk kesehatan jantung.

American Heart Assosiation menyebutkan bahwa lutein yang terkandung dalam telur membantu memberikan perlindungan kepada jantung untuk mencegah perkembangan penyakit jantung dini.

Memasak Telur yang Baik untuk Kesehatan

Agar moms mendapatkan manfaat kesehatan dari telur secara maksimal, moms harus memperhatikan cara memasaknya.

Menggoreng telur dalam minyak bisa menigkatkan kandungan lemak hingga 50%, karena itu sebisa mungkin kurangi jumlah minyak yang moms gunakan ketika memasak telur. Selain minyak perhatikan juga penggunaan garam. Terlalu banyak garam dalam makanan juga tidak baik bukan moms?

Dapatkan Smart New Egg Roll Maker / Alat Pembuat Telur Dadar  di Lazada.co.id

Merebus telur merupakan pilihan terbaik untuk memasak telur, karena moms tak perlu menambahkan garam ataupun memasaknya dengan minyak goreng.

Ketika menggoreng atau merebus telur pastikan moms memasknya hingga matang betul. Memasak telur hingga matang sempurna adalah pilihan paling aman untuk mencegah keracunan makanan akibat adanya bakteri salmonella dalam telur.

Dapatkan Universal Electric Egg Cooker Boiler / Alat Rebus Telur di lazada.co.id

Masa Expired Telur

Sebutir telur memiliki masa simpan selama 28 hari dari sejak ia di ditelurkan. Cara untuk mengidentifikasi kesegaran telur berdasarkan usianya adalah dengan menenggelamkannya dalam air. Telur yang sudah tidak fresh lagi atau berusia lebih dari 4 minggu akan mengapung di permukaan air, sedangkan telur yang masih fresh akan tenggelam.

Tips Menyimpan Telur dengan Benar

Berikut ini adalah tips menyimpan telur dengan benar supaya kualitasnya tetap terjaga dan tidak menyebar bakteri dari kotoran ayam.

 

 

Dapatkan S2 KN Kotak Penyimpanan Telur di lazada.co.id

  1. Cuci telur sebelum di simpan, kadang-kadang telur yang kita beli di pasar masih ada kotoran ayamnya kan Moms. Nah supaya bakterinya tidak menyebar kemana-mana disarankan untuk mencuci telur sebelum moms menyimpannya.
  2. Simpan telur di tempat sejuk dan kering, idealnya telur disimpan di dalam lemari es. Untuk menjaga kualitasnya, telur perlu disimpan dalam suhu konstan dibawah 20 derajat Celcius. Jadi amannya moms teruh saja telurnya di kulkas.
  3. Pisahkan telur dari bahan makanan lain ketika menyimpannya.
  4. Kalau telur yang moms beli ada yang pecah atau retak, lebih baik moms membuangnya, sebab besar kemungkinan bagian dalam telur sudah disusupi oleh bakteri.

Reply

nineteen + 15 =