Fakta!. Usia 5 Bulan Janin Mulai Gerak, Menendang dan Meninju dalam Perut Moms

Fakta!. Usia 5 Bulan Janin Mulai Gerak, Menendang dan Meninju dalam Perut Moms

Ini fakta mengejutkan! Tak peduli bakal baby cewek atau cowok, begitu menginjak usia kehamilan 5 bulan, janin mulai pertama kali aktif bergerak!.

Bahkan kadang menendang, meninju, dan berputar dalam perut Moms. Ini sangat menggembirakan.

Tanda-tanda kehidupan ada dalam rahim Moms!

 

Memang, banyak Moms sepakat bahwa usia kehamilan 5 bulan, adalah masa kehamilan yang paling nyaman. Masa yang sangat dinanti para Moms. Apalagi, sesaat setelah USG berhasil merekam wajah janin menyerupai baby namun dalam ukuran yang lebih kecil.

Memasuki masa trimester dua, rasa mual telah mulai mereda. Tubuh mulai bisa menyesuaikan diri untuk beraktivitas dengan perut yang semakin menggayut. Sementara tubuh makin nyaman untuk dibawa bepergian dan beraktivitas menikmati kehamilan.

Fakta menggembirakan, sesekali Moms mulai diganggu dengan pergerakan si kecil dalam perut. Apa yang terjadi pada usia kehamilan 5 bulan?

Ada 6 perubahan saat janin ada dalam kandungan Moms.

 

1. Terjadi Gerakan Pertama dalam Perut

Rata-rata pada usia kehamilan 4-5 bulan atau sekitar 17-22 minggu, ibu hamil mulai merasakan ada pergerakan janin mereka. Bahkan ada yang melaporkan 4 minggu sudah ada bgerakan. Gerakan janin yang tadinya hanya tendangan halus saja, beranjak bulan makin berubah menjadi dorongan yang terasa lebih kuat.

Makin beranjak bulan, janin mulai terasa aktif bergerak-gerak. Pada usia kehamilan 6-7 bulan, bahkan janin bisa menjejak dan menekan perut yang membuat dinding perut tegang hampir sekitar 2 menitan.

Gerakan janin dalam jusia 5 bulan bisa terjadi sekitar 200 gerakan per hari. Karena halusnya gerakan janin maka Moms tidak banyak merasakan. Namun pada saat janin terkejut, atau saat emosi Moms melonjak-lonjak maka janin pun akan bergerak meronta-ronta.

cosmomom.net forum ibu hamil2. Janin Mulai Mendengar

Janin pada bulan kehamilan ke 23, pendengaran janin mulai sempuna. Dia bisa mendengarkan ritme detak jantung, dan bunyi ritmis mekanis dari seluruh pergerakan organ tubuh Moms-nya. Termasuk juga suara dari luar seperti anjing menyalak, suara TV percakapan di sekitar ibu.

Sebagian percaya bahwa dengan memperdengarkan musik dapat mendatangkan hal positif. Meski belum dapat dipastikan manfaatnya dari segi keilmuan, namun tidak ada salahnya perdengarkan musik agar mood janin makin terjaga.

3. Janin Mulai Menjejak

Gerakan mulai menendang, menjejak, meninju atau sekadar berputar. Moms akan berasakan keaktifan gerakan janin. Akibatnya tidur Moms juga akan terganggu. Gerakan janin bukan hanya tendangan, Moms juga akan merasakan janin gelisah dalam perut Moms.

Sebaliknya, siang hari janin akan tenang, kalau pun terjadi gerakanpun cenderung gerakan halus, pelan. Dalam istilah Moms, “adiknya lagi tidur”. Tak apalah, setidaknya Moms pun masih bisa beristirahat tenang.

Hal ini karena pekembangan otak janin telah berkembang cepat dari bulan pertama ke bulan-bulan pada trimester dua. Otak akan mengeluarkan perintah perintah pada anggota tubuhnya untuk bergerak.

Apa yang ada di dekat janin ditendang ditinju, ataupun disentuhnya. Akibatnya Mom-lah yang meringis kesakitan akibat ulahnya. Ketika Moms berusaha menenangkan janin dengan penuh kelembutan, gerakan pun akan mereda. Sejatinya, hubungan Moms dan janinya sudah mulai terjalin sejak janin masih dalam kandungan.

Makin beranjak bulan kelahiran, janin bahkan akan memutar tubuhnya 360 derajat agar siap untuk dilahirkan.

4. Janin Bereaksi Terhadap Cahaya

Pada kehamilan 5 bulan reaksi yang bisa direspon bukan hanya suara saja namun juga cahaya. Cobalah kandungan disorot dengan senter!. Apa yang Moms rasakan? Ada gerakan-gerakan tubuh janin yang merupakan reaksi balik terhadap cahaya senter yang diarahkan ke kandungan.

Gerakan dan reaksi janin pada usia 5 bulan ke atas tersebut kini bisa diamati dengan lebih jelas pada saat USG (ultrasonographic) pola 4D.

 

5. Janin Ikut Stres

Janin bisa mendengar degup jantung tak tenang Moms-nya. Janin mulai ikut merasakan bagaimana gejolak emosi Moms-nya. Janin akan merasakan hal yang sama. Itulah sebabnya Moms yang sedang hamil jangan galau,jangan stres karena hal itu akan “menularkan” emosi Moms-nya ke janin.

Selama hamil, Moms akan mengalami perubahan secara psikis sebagai pengaruh hormon kehamilan. Moms kadang lepas kontrol, uring-uringan. Hormon pemicu stres semakin meningkat yang berakibat pada ikut meningkatnya detak jantung. Perubahan detak jantung yang dialami oleh ibu hamil ini dirasakan oleh janin.

Janin 5 bulan6. Reflek Naluri Janin

Selain reaksi terhadap keterkejutan dengan bergerak ke sana ke mari, serta perut yang mendadak tegang, masih ada reflek lainnya.

Salah satunya yang klasik dan konvensional pada janin adalah reflek mengisap jempol, sebagai bagian dari upaya penenangan janin. Hal ini bisa dilihat bagaimana janin yang baru lahir berusaha mencari dan mendapatkan jempol dan jari Moms-nya sebagai pegangan.

Atau bayi yang suka mengisap dot susu sebagai efek penenangan bagi dirinya saat ia merasa terdesak. Ini cukup juga menjelaskan mengapa bentuk alveoli payudara dan dot susu dibuat hampir menyerupai seperti ujung jempol. @

Reply

nine + 11 =