Fakta Yang Mengejutkan Seputar Mitos Kehamilan

Benarkah Nanas dan Durian Menjadi Penyebab Keguguran? Benarkah Olahraga Merupakan Pantangan  Bagi Ibu Hamil? Jangan Mudah Terjebak Mitos, Moms. 

Ketahui 6 Fakta versus Mitos Kehamilan Berikut Ini.

Menjadi ibu hamil bukanlah hal yang mudah, terlebih jika Moms berada di lingkungan yang masih terbawa mitos-mitos kehamilan yang melekat sejak zaman dahulu. Banyak orang tua yang sering mengingatkan ini itu kepada ibu hamil, termasuk segala pantangan dalam kehamilan.

Mitos Kehamilan 1

Seolah-olah ibu hamil merupakan sosok yang harus dilindungi, membuat Moms kurang leluasa untuk melakukan apapun ketika sedang hamil. Padahal, belum tentu hal-hal seputar kehamilan yang dikatakan oleh para orang tua itu benar lho, Moms. Sebagai ibu hamil, Moms harus cerdas dalam memilih, menentukan, dan menyerap hal apa saja yang menjadi fakta atau mitos kehamilan.

Makanan ibu hamil menjadi salah satu pantangan yang paling sering diungkapkan oleh para orang tua. Memang wajar jika orang tua cukup over protective ketika Moms sedang hamil, terlebih jika kehamilan tersebut merupakan kehamilan yang pertama. Namun tidak perlu khawatir yang berlebihan bukan? Inilah 6 mitos versus fakta seputar kehamilan yang perlu Moms ketahui.

1. MITOS: Saat hamil tidak boleh mengkonsumsi nanas dan durian

FAKTA: Hampir semua buah baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, terutama buah-buahan segar yang mengandung vitamin serta asam folat. Namun tentu saja buah-buahan tersebut tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Moms tetap dapat mengkonsumsi nanas dan durian pada saat hamil dalam jumlah yang wajar.

2. MITOS: Olahraga berbahaya bagi keselamatan janin

Mitos Kehamilan 2

FAKTA: Olahraga justru baik untuk kesehatan dan kebugaran ibu hamil. Moms dapat rutin melakukan senam hamil ketika usia kandungan menginjak 5 bulan. Senam hamil sangat berguna untuk kelancaran proses persalinan nanti. Jadi asalkan dilakukan dengan hati-hati dan penuh perhitungan, olahraga tetap aman untuk ibu hamil.

3. MITOS: Terlalu banyak minum es membuat janin besar

FAKTA: Air putih atau minuman lain yang disuguhkan dengan atau tanpa es sama sekali tidak mempengaruhi kehamilan. Gula yang terkandung dalam minuman dingin seperti eskrim atau es sirup lah yang membuat janin berukuran besar karena menyerap gula terlalu banyak.


 

4. MITOS : Tidak boleh melakukan hubungan suami istri selama hamil

FAKTA: Berhubungan seksual pada saat hamil justru dianjurkan pada saat menginjak trimester akhir kehamilan. Hubungan seksual yang dilakukan dapat mempercepat kontraksi ketika waktu kelahiran hampir tiba. Yang membahayakan adalah ketika berhubungan seksual saat usia kandungan masih di bawah 4 minggu atau Moms sedang mengandung bayi kembar maupun kehamilan beresiko lainnya.

5. MITOS: Air kelapa muda yang diminum ibu hamil dapat menyebabkan kontraksi

FAKTA: Penelitian akurat mengenai hal ini belum pernah ditemukan. Memang banyak orang tua yang mengatakan bahwa air kelapa dapat menyebabkan kontraksi ketika diminum oleh ibu hamil muda, namun ada juga yang mengatakan bahwa air kelapa justru bagus untuk mempercepat proses persalinan. Mitos tersebut rupanya belum sepenuhnya terbukti, namun yang jelas, air kelapa muda cukup baik untuk ibu hamil karena dapat menyegarkan tubuh. Buah kelapa juga bagus untuk menambah dan melengkapi nutrisi pada ibu hamil dan janin.

6. MITOS: Ibu hamil harus makan porsi dobel untuk kesehatan janin

Miyos Kehamilan 3

Mitos Versus Fakta Seputar Kehamilan

FAKTA: Pada dasarnya makan terlalu berlebihan kurang baik untuk ibu hamil. Moms sebaiknya tetap makan dalam jumlah wajar meskipun sedang hamil. Yang perlu diperhatikan adalah kualitas dan nutrisi dari sebuah makanan, bukan jumlahnya. Jika Moms terlalu banyak makan, terutama makanan yang berminyak dan berlemak, justru tidak baik untuk kesehatan. Lebih baik banyak mengkonsumsi sayur dan buah dalam jumlah yang cukup saja agar kesehatan ibu dan janin lebih terjaga.

Moms, terbukti bukan bahwa hal-hal yang sering dinasehatkan oleh orang tua belum tentu sepenuhnya benar? Agar orang tua tak tersinggung saat memberikan aneka petuah, Moms dapat mengiyakan saja tanpa harus merasa ketakutan atau khawatir berlebihan terhadap mitos versus fakta seputar kehamilan tersebut. Toh semua pantangan tersebut hanya mitos bukan?

Reply

five + 20 =