12 Hal Yang Harus Dilakukan Saat Hamil Trimester Kedua

Saat Hamil Trimester Kedua atau 5 bulan kehamilan Moms, ada beberapa hal yang harus direncanakan dan dilakukan oleh Moms agar Moms siap dalam menyambut kehadiran si kecil.

Untuk itu Cosmomom akan Membahas beberapa hal yang harus dilakukan oleh Moms saat Moms Hamil Trimester kedua atau 5 bulan kehamilan. Langsung saja Moms kita simak Artikel berikut ini :

1. Moms Dapat Mendaftarkan Diri Ke Kelas Prenatal

Jika Moms belum melakukannya, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai olahraga rutin. Bergabung di kelas prenatal dapat memotivasi Moms untuk menaati setiap sesi olahraga Moms.

Selain itu, banyak wanita yang berpendapat bahwa kelas olahraga prenatal adalah cara yang baik untuk menjalin silaturahmi dengan ibu hamil lainnya dan saling memberikan dukungan satu sama lain. Selain itu Moms juga akan merasa lebih mudah untuk mengontrol berat badan Anda jika Anda berolahraga selama kehamilan Moms.

Moms juga bisa mulai lakukan senam Kegel sendiri. Senam Kegel dapat membantu mencegah kebocoran urin selama dan setelah kehamilan, menghindari wasir berkembang makin parah, dan meningkatkan otot vagina Moms.

Inilah Video Senam Kegel untuk Moms yang sedang memasuki Trimester Kedua

2. Pelajari Tentang Tes Kesehatan dan Buat Janji Untuk Ketemu Dengan Dokter Kandungan Saat Hamil Trimester Kedua

The pregnant woman who has an examination

Kunjungilah Dokter Kandungan Moms Setiap empat minggu sekali (kecuali jika Anda memiliki kondisi atau komplikasi yang membutuhkan untuk lebih sering check up). Moms akan menjalani tes darah, seperti tes glukosa untuk menentukan risiko Moms terhadap diabetes gestasional (diabetes yang dialami sang ibu selama masa kehamilan).

Moms mungkin juga akan ditawarkan pilihan untuk pengujian genetik, seperti skrining nuchal translucency (NT), amniosentesis, atau tes baru yang disebut cell free fetal DNA testing untuk menentukan risiko anak Moms memiliki kelainan genetik, kromosom, atau tabung saraf (Down syndrome atau spina bifida).

Pastikan moms siap untuk menjalani setiap tes dan skrining, sehingga Moms tahu apa yang dokter Moms lakukan dan Moms dapat mengajukan pertanyaan yang mungkin Moms miliki.

Moms juga mungkin akan melihat bayi Moms di USG lohh! Hamil Trimester kedua membuka kesempatan untuk mencari tahu jenis kelamin bayi Moms, yaitu di minggu ke-20. Sebelumnya, diskusikan dengan pasangan Moms dan putuskan apakah Moms ingin mengetahui jenis kelamin bayi Moms atau tidak.

Inilah Video USG saat memasuki 5 bulan/trimester kedua.

3. Membuat Rencana Untuk Cuti Hamil dan Melahirkan

Pertama-tama Moms harus pahamin Pasal 82 UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan terlebih dahulu yang isinya sebagai berikut :

  1. Pekerja/buruh perempuan berhak memperoleh istirahat selama 1,5 (satu setengah) bulan sebelum saatnya melahirkan anak dan 1,5 (satu setengah) bulan sesudah melahirkan menurut perhitungan dokter kandungan atau bidan.
  2. Pekerja.buruh perempuan yang mengalami keguguran kandungan berhak memperoleh istirahat 1,5 (satu setengah) bulan atau sesuai dengan surat keterangan dokter kandungan atau bidan.

Setelah itu Tentukan berapa banyak waktu yang Moms ingin ambil dalam mengambil jatah cuti, kapan kira-kira Moms ingin mulai cuti, bagaimana Moms berencana untuk dapat diakses oleh rekan kerja selama Moms “libur”, berapa banyak Moms berencana untuk bekerja di minggu pertama Moms kembali bekerja, apakah Anda berencana untuk bekerja paruh waktu atau memiliki jadwal yang fleksibel atau bekerja dari rumah, dan siapa yang akan mengatasi tanggung jawab Moms saat Moms cuti.

Kemudian, buat janji rapat pribadi dengan atasan Moms sehingga Moms akan memiliki waktu eksklusif untuk membahas detil situasi dan rencana Moms. Setelah selesai, resmikan jatah cuti Moms beserta segala syarat dan ketentuan yang telah disepakati secara tertulis (kirim salinannya ke departemen HRD) sehingga tidak ada kesalahpahaman di kemudian hari.

4. Harus Menjaga Pola Makan Sehat

 

Banyak gejala kehamilan, seperti sakit maag dan masalah pencernaan, berasal dari makanan yang Moms makan dan biasanya membuat timbul ke permukaan selama hamil trimester kedua.

Buat sebuah jurnal makanan untuk melacak apa yang Moms makan untuk membantu mengidentifikasi makanan yang bisa membuat gejala Moms semakin parah.

Melacak apa yang Moms makan juga merupakan cara mudah untuk memastikan Moms mengelola berat badan sehat dan mendapatkan nutrisi yang Moms butuhkan untuk mengakomodasi bayi Anda tumbuh berkembang.

Selama kehamilan, penting untuk tetap terhidrasi. Minum setidaknya delapan gelas (sekitar 1,5 liter) cairan setiap hari. Cobalah bawa sebotol air dalam tas Moms agar memudahkan Anda minum teratur.

Air membantu melancarkan transportasi nutrisi melalui darah ke bayi Moms. Air juga membantu untuk mencegah infeksi saluran kemih, sembelit dan retensi urin, semua ini umum terjadi selama kehamilan.

5. Belanja Baju Hamil

Kebanyakan ibu hamil mulai belanja baju hamil di antara minggu ke 12 sampai minggu ke 18. Bahkan jika Moms belum terlihat seperti ibu hamil, baju hamil akan membuat Moms lebih nyaman bergerak. Tidak hanya itu, baju-baju hamil yang menawan akan semakin memancarkan pregnancy glow anda dan juga rasa percaya diri Moms.

Perlu diingat bahwa Moms mungkin akan memerlukan ukuran baju hamil yang berbeda untuk setiap tahapan kehamilan, sehingga cara amannya adalah membeli hanya beberapa stel pakaian inti yang fleksibel dan Moms bisa menambah koleksi Moms seiring waktu.

6. Pergi Ke Dokter Gigi

Saat Moms sedang hamil trimester kedua lebih rentan terhadap kerusakan gigi, gusi berdarah, dan infeksi gusi. Hal ini dikarenakan fluktuasi kadar hormon kehamilan dalam tubuh Moms dapat mempengaruhi gusi Moms. Gusi Moms akan lebih mungkin untuk berdarah dan ada peluang besar untuk berkembang meradang atau terinfeksi.

Moms juga lebih mungkin untuk mendapatkan penumpukan plak (sejenis bakteri) pada gigi Moms. Dilansir dari Motherly, sekitar 40 persen wanita mengalami peradangan gusi di satu waktu selama kehamilan mereka. Kebersihan gigi dan mulut yang buruk dapat mempengaruhi kesehatan Moms dan bayi Moms.

Penelitian terbaru menunjukkan hubungan antara penyakit gusi dan persalinan prematur, sehingga kini kebersihan oral menjadi lebih penting daripada sebelumnya dan trimester kedua adalah waktu yang ideal untuk mulai menjadwalkan janji perawatan dengan dokter gigi Moms.

7. Buatlah Rincian Rencana Keuangan Untuk Keluarga Dan Calon Anak

Membesarkan anak adalah tugas yang terbilang mahal, dan menjadi orangtua membawa sejumlah tanggung jawab keuangan baru. Mulai dengan membuat anggaran dengan memasukkan si anggota keluarga baru dalam perhitungan Moms seperti playgroup atau penitipan anak, popok, pakaian dan susu formula.

Hamil Trimester kedua juga merupakan waktu yang baik untuk Moms mulai berpikir tentang kebutuhan keuangan jangka panjang seperti kebijakan asuransi jiwa dan pendidikan, termasuk wasiat (Moms ingin memastikan bayi Moms terlindungi jika terjadi sesuatu pada Moms), mulai tabungan dana kuliah anak, dan memperbarui pajak Moms.

Apabila Moms bingung bagaimana cara mengaturnya, Moms dapat melihat video berikut ini.

8. Mendaftarkan Diri Moms Ke Kelas Latihan Melahirkan

Kelas melahirkan sangat pantas untuk dipertimbangkan bahkan jika Moms sudah memantapkan pilihan pada persalinan yang dibantu epidural. Kelas melahirkan yang baik akan mencakup info tentang isu-isu kehamilan, persalinan, dan nifas yang relevan dan bermanfaat bagi setiap ibu dan pasangan.

Banyak rumah sakit yang menawarkan jasa ini, jadi sempatkan waktu untuk menyelidiki rumah sakit setempat atau tanyakan rekomendasi kelas melahirkan yang bagus dari dokter kandungan Moms.

Di kelas ini Moms juga akan belajar teknik relaksasi dan mendapatkan kesempatan untuk bertemu calon ibu lainnya yang membuat menjalani kelas melahirkan semakin menyenangkan.

Kelas melahirkan bisa bervariasi dalam menerapkan pendekatan mereka. Beberapa membutuhkan waktu selama beberapa minggu untuk menyelesaikan satu “semester, yang lainnya hanya memerlukan satu hari. Kelas-kelas ini dapat terisi penuh dengan sangat cepat, jadi Moms harus memulai Investigasi Tempat dari sekarang ya!

9. Melahirkan Dimana? Dan Seperti Apa?

Di awal kehamilan, penting untuk membuat keputusan bijaksana tentang siapa yang Moms beri tanggung jawab pada perawatan kehamilan Moms, di Tempat mana Moms akan melahirkan, dan bagaimana Moms ingin melahirkan. Keputusan ini dapat mempengaruhi:

  • Perawatan yang Moms terima dan efek dari perawatan tersebut
  • Kualitas hubungan Moms dengan penyedia layanan Moms
  • Seberapa banyak informasi yang Moms dapatkan
  • Ragam pilihan dan opsi yang Moms miliki, terutama selama persalinan dan nifas
  • Keterlibatan Moms dalam keputusan perawatan Moms.

Apakah Moms memilih dokter atau bidan? Melahirkan normal atau caesar? Melahirkan di rumah dengan hypnobirth atau water birth? Semua ini akan tergantung pada banyak faktor, termasuk pengalaman melahirkan seperti apa yang Moms inginkan? Apakah kehamilan Moms berisiko tinggi? dan apakah biaya persalinan Moms dapat ditanggung oleh asuransi atau tidak?.

10. Mulai Latihan Tidur Menyamping

Sementara benjolan perut Moms makin membesar selama hamil trimester kedua dan akan terus membesar hingga trimester ketiga nanti, mencari posisi nyaman untuk tidur nyenyak akan menjadi lebih sulit.

Para pakar merekomendasikan Moms untuk tidur menyamping di sisi kiri Moms daripada tidur telentang atau tengkurap, mulai dari sekarang. Moms dapat menggunakan bantal besar empuk untuk menyangga punggung Moms selama tidur agar Moms tidak berubah posisi di tengah malam.

11. Dekorasi Kamar Anak

Ketika begitu banyak dari apa yang terjadi selama kehamilan adalah dari tangan Moms, itu bisa menyenangkan untuk mengendalikan sesuatu seperti merancang tempat yang damai untuk Moms dan bayi untuk menikmati dalam beberapa bulan, bahkan jika bayi Moms akan tidur dengan Moms pada awalnya.

Untuk berada di sisi aman, meminta orang lain untuk melakukan lukisan dan tugas beban seperti merakit tempat tidur bayi.

Mulai mencari tempat tidur dan/atau keranjang bayi sedini mungkin adalah ide yang baik, karena beberapa model bisa membutuhkan berminggu-minggu untuk sampai ke tangan Moms.

Sementara Moms bisa saja meminjam atau meminta boks bayi “warisan” dari teman atau anggota keluarga, langkah terbaik adalah membeli baru untuk memastikan tempat tidur pilihan Moms memenuhi persyaratan keselamatan bayi terbaru. Pastikan untuk mengikuti instruksi manual dan selalu teliti ketika merakit buaian baru.

Tapi, jika semua urusan dekorasi ruangan justru membuat Moms kewalahan, tidak apa untuk tidak melakukannya saat ini. Bayi Moms akan sama senangnya tidur di sebuah ruangan sederhana (seperti kamar Moms!) dengan tidur di ruangan berdesain rumit.

12. Mencari Nama Bayi Yang Cocok Untuk Moms

Mendiskusikan nama anak dengan pasangan adalah hal yang menyenangkan (dan sedikit membuat frustasi), sehingga akan lebih baik jika Moms memulainya dari sekarang.

Tuliskan nama-nama potensial yang Moms dan pasangan sukai, diskusikan pula apakah Moms ingin menggunakan nama keluarga, nama-nama unik, atau kombinasi.

Sama pentingnya, luangkan waktu untuk Moms dan pasangan menghabiskan waktu bersama. Malam mingguan, mungkin? Atau rencanakan babymoon ke tempat-tempat yang Anda impikan selama ini.

Penting bagi Anda dan pasangan menyisihkan waktu untuk berduaan menikmati kehadiran satu sama lain sebelum hidup Anda berdua terbalik 180 derajat dengan kedatangan si kecil nantinya.

Itulah Beberapa hal yang harus dilakukan Moms saat hamil trimester kedua. Semoga setelah membaca artikel ini Moms menjadi lebih tahu dan melakukan hal-hal yang sudah direkomendasikan oleh cosmomom. Semoga Bermanfaat 🙂

Reply

1 + 16 =