Ini Dia 4 Nutrisi Sakti Guna Meningkatkan Kualitas Sperma Ayah!

Moms sedang mengupayakan kehamilan?

Jika kualitas sperma ayah tidak baik, maka kesempatan moms untuk hamil menjadi sangat kecil.

Oleh karena itu ayah juga harus mengusahakan kesuburannya, dan salah satu kunci kesuburan adalah dengan mengkonsumsi nutrisi pilihan yang memiliki manfaat baik untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas sperma ayah.

Yap, melanjutkan artikel sebelumnya mengenai nutrisi penting untuk kesuburan moms, sekarang secara khusus kita akan membahas mengenai nutrisi yang dibutuhkan ayah untuk meningkatkan kualitas sperma.

Dalam mengusahakan program kehamilan, moms dan ayah harus bekerjasama agar impian menimang baby bisa segera terwujud. Bukan hanya nutrisi moms saja yang harus di perhatikan, kebutuhan nutrisi untuk kesuburan ayah juga harus sangat diperhatikan.

Nah, nutrisi berikut ini wajib sekali didapatkan oleh para ayah untuk membantu moms agar segera hamil.

  • Zinc

Ayah harus mulai memperhatikan pola makan ayah kalau ingin agar moms cepat hamil. Dalam mengkonsumsi makanan sehari-hari pastikan ayah juga mendapatkan asupan Zinc dalam jumlah yang cukup.

Zinc bukan hanya baik untuk ovarium moms saja, Zinc diketahui juga dapat meningkatkan kualitas sperma dan kuantitas produksinya. Menurut para ahli di National Institute of Health di AS, kekurangan Zinc akan menyebabkan gangguan kualitas pada sperma Ayah.

Disarankan agar para ayah menerima asupan Zinc harian sekitar 11 mg per hari. Zinc dapat ditemukan terkandung dalam berbagai jenis makanan seafood seperti lobster, oyester, dan kepiting, dalam sayuran seperti jamur, bayam dan kangkung juga terdapat pada kuning telur dan hati sapi.

  • Vitamin C dan E

Vitamin C dan E memiliki fungsi antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Nah, konsumsi vitamin C dan E mampu mencegah cacat dan rusaknya sel sperma, serta meningkatkan motilitas, yaitu kemampuan sperma untuk berenang menuju ovarium.

Untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin, ayah harus banyak-banyak mengkonsumsi buah dan sayuran. Untuk mendapatkan asupan yang maksimal, ayah juga bisa mengkonsumsi supplement multivitamin tambahan seperti Puritan Cranberry Fruit Concentrate atau multivitamin khusus untuk kesehatan reproduksi ayah misalnya Blackmores Prostate Health Formula.

Bagi ayah yang merokok, konsumsi antioksidannya harus jauh lebih banyak dari pada yang tidak, sebab potensi kerusakan sel sperma akibat zat berbahaya dari rokok sangat besar. Rokok memang salah satu musuh utama bagi pria yang ingin menigkatkan kesuburannya.

Sebaiknya sih, ketika mengupayakan program anak, ayah juga mendukung Moms dengan menghentikan atau sebisa mungkin mengurangi kebiasaan merokok ayah, supaya bayi ayah yang ada dalam kandungan Moms bisa tumbuh dengan sehat, setuju gak Ayah?

  • L-Carnitine

Nutrisi selanjutnya yang harus ayah penuhi adalah L-Carnitine. Bagi ayah yang suka body buliding pasti sudah tak asing lagi dengan L-Carnitine.

L-Carnitine yang dikenal dapat meningkatkan metabolisme energi juga berperan efektif dalam meningkatkan motilitas dan kualitas sperma. Jadi selain postur tubuh terpelihara, kesuburan ayah juga semakin meningkat.

L-carnitine terkandung didalam produk-produk hewani seperti daging sapi, dada ayam, susu dan juga ikan. Tapi untuk asupan yang lebih maksimal ayah juga bisa mengkonsumsi beragam produk dengan kandungan L-Carnitine, seperti L-Men Hi Protein Whey Advanced  atau Ultimate Nutrition L-Carnitine.

  • Co-enzyme Q10

Sama seperti Moms, Ayah juga membutuhkan asupan ubiquinone atau Co-enzyme Q10. Ubiquinone dikenal memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

Antioksidan kuat Co-enzyme Q10 memang dapat di produksi oleh tubuh, tapi seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk memproduksi antioksidan ini juga semakin berkurang.

Dalam rangka meningkatkan kualitas sperma, Ayah juga bisa mendapatkan asupan tambahan lewat supplement makanan contohnya Puritan Pride Coenzyme dan Sea-Quill Co-Enzyme Q-10.

Rata-rata setiap orang membutuhkan 100 mg Ubiquinone, namun untuk yang usianya lebih tua setidaknya dibutuhkan 200-300 mg perhari.

Reply

eighteen − 17 =