Jangan Lupa Inisiasi Meyusu Dini Pasca Melahirkan

Jangan Lupa Inisiasi Menyusu Dini Pasca Melahirkan

 

Selamat! Proses persalinan sudah berhasil Moms lampui.

Namun, jangan lewatkan proses ritual alamiah dalam 1 jam ini!. Biarkan Baby aktif mencari dan mengisap puting Moms sendiri.

Itu pola langkah alamiah untuk kontak dini menyusui sendiri secara alami!. Baby akan mendapatkan asupan kolostrum dari isapan ke aerola Moms-nya.

Perilaku alamiah sehat ini disebut dengan IMD.

 

Inisiasi Menyusu Dini (IMD) merupakan bagian dari proses alamiah persalinan, sesaat baby lahir dalam 1 jam pertama kehidupannya. Proses ini dilakukan tanpa baby harus dimandikan terlebih dahulu, ia langsung ditengkurapkan di atas perut Moms-nya.

Ajaibnya, Baby akan aktif mencari puting Moms sendiri untuk kontak dini menyusui sendiri secara alami. Sang baby menemukan sendiri puting ibunya (the breast crawl) melalui indera dan insting penciumannya. Baby akan menghisap ASI tanpa perlu lagi bantuan. Itulah keistimewaan perilaku alamiah baby, yang baru saja lahir ke dunia.

Insiasi pada 1 jam pertama dipercaya bisa meningkatkan keberhasilan menyusui eksklusif. Ia akan mendatangkan banyak manfaat lain untuk baby dan Moms. Dalam satu jam pertama, insting dan refleks bayi sangat kuat. Biasanya dibiarkan menyusu minimal setengah jam. Sebelum baby dipisahkan untuk dilakukan perlakuan lebih lanjut.

Inisiasi satu jam pertama, berprinsip menyegerakan permulaan menyusui. Bahkan saat ini dianggap sebagai bagian tak terpisahkan dari proses persalinan.  Inisiasi dini bahkan dikategorikan sebagai ‘tahap ke empat persalinan’.

Saat ini mulai ditemukan bukti ilmiah baru yang menyatakan bahwa: jika semua wanita mulai menyusui dalam satu jam pertama setelah baby lahir, akan dapat mencegah kematian satu juta baby baru-lahir. Penundaan inisiasi menyusui meningkatkan risiko kematian.

 

Apa Manfaat IMD bagi Baby dan Moms?

 

1. ASI ekslusif

IMD akan memberi kesempatan lebih besar kepada baby untuk mendapatkan ASI ekslusif. Sejak awal ia diperkenalkan dengan puting susu Moms sehingga terbiasa dan lebih muda menghisap ASI.

2. Zat Penuh Gizi.

Susuan 1 jam pertama, baby akan mendapatkan zat-zat gizi yang penting (kolostrum) dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya pada masa paling rentan dalam kehidupannya. Kolostrum adalah susu yang kaya dengan berbagai macam komponen kekebalan dan non-kekebalan. Zat penting untuk pertumbuhan usus dan ketahanan terhadap infeksi.

3. Merangsang Refleks Mengisap

IMD mencegah terlewatnya puncak ‘refleks mengisap’ pada bayi yang terjadi 20-30 menit setelah lahir. Jika bayi tidak disusui, refleks akan berkurang cepat, dan hanya akan muncul kembali dalam kadar secukupnya 40 jam kemudian. Padahal, kandungan antibodi kolostrum paling tinggi terjadi pada 12 jam setelah persalinan.

4. Sentuhan dengan Kulit Ibu

Jual Washable Breast Pad Bamboobies

Sentuhan ini diyakini akan makin makin membuat kuman dari Moms memapar dan membentuk antibodi yang akan meningkatkan daya tahan tubuh baby. Sentuhan  juga akan memberi kehangatan langsung ke tubuh baby, sehingga bisa mengurangi kematian akibat hipotermia.

5.Terjaga Kesehatannya.

Baby akan terjaga kesehatannya mengingat ASI sangat steril karena langsung diisap langsung dari payudara Moms. Suasana sekitar tempat memberikan ASI pun ikut mendukung.

6. Bermanfaat Bagi Moms

Inisiasi Menyusu Dini dapat merangsang kontraksi otot rahim dan membuat perdarahan sesudah melahirkan dapat lebih cepat terhenti. Rahim Moms dapat lebih cepat kembali seperti semula. Selain itu akan memperbesar peluang Moms untuk menyusui selama masa baby.

Pada dasarnya, setiap ibu yang melahirkan normal dan bayinya normal (tidak prematur) dapat melakukan Inisiasi Menyusu Dini. Tidak masalah ASI keluar atau tidak, karena yang terpenting di sini memberikan kesempatan kepada bayi untuk menjalankan instingnya mencari sumber makanan melalui puting [email protected]

Reply

14 − four =