Intip Yuk Moms, Perkembangan Janin dalam Kandungan dari Minggu ke Minggu

Moms sedang hamil? Apakah moms penasaran dengan perkembangan janin dalam kandungan?

Cosmomoms akan kasih bocoran mengenai perkembangan awal kehidupan baby dalam kandungan dari minggu pertama hingga kelahiran. Simak bersama yuk…

Masa Pembuahan

Pembuahan terjadi saat sperma bertemu dan menembus sel telur. Pada masa awal ini, plasenta yang akan menjadi sumber makanan bagi janin juga sudah mulai terbentuk.

Perkembangan pada minggu ke 4

Pada masa ini struktur yang akan membentuk wajah dan leher bayi mulai terbentuk. Jantung dan pembuluh darah terus berkembang. Organ-organ vital lain sepertu paru-par, perut dan liver juga mulai terbentuk.

Baby moms sekarang ukurannya sudah lebih dari setengah inchi, kira-kira 0.63 inchi. Perkembangan janin dalam kandungan pada masa ini antara lain yaitu kelopak mata, telinga dan hidung baby mulai terbentuk. Tangan dan kakinya juga sduah terbentuk, dan jari-jarinya mulai bertambah panjang dan mulai tampak jelas.

Perkembangan pada minggu ke 12

Ukuran baby sekarang sudah mencapai kira-kira 12 inchi. Pada minggu ini, baby akan memasuki stage pematangan dan pertumbuhan yang membuat pertumbuhan organ dan jaringannya berkembangan dengan cepat. Pada masa ini reflek baby juga mulai berkembang.

Perkembangan minggu ke 16

Sekarang ukuran baby adalah sekitar 4.3 hingga 4.6 inchi. Kira-kira sebesar buah alpukat. Pada minggu 16 ini telinga baby mulai dapat menangkap suara. Rambut, alis dan bulu mata juga mulai tumbuh. Demikian juga dengan indera pengecapnya, baby juga kini sudah memiliki sidik jari.

Perkembangan minggu 20

Sekarang ukuran baby moms lebih dari 6 inchi. Sekarang baby sudah bisa ngemut jempol, menguap, menendang dan memukul.

Minggu ke 20 adalah masa yang tepat untuk melakukan pemeriksaan ultrasound untuk memastikan bahwa plasenta dalam kondisi baik dan baby moms tumbuh dengan sempurna. Moms juga sudah bisa ‘mengintip’jenis kelamin si baby.

Perkembangan minggu 24

Bobot bayi sekarang sudah lebih dari setengah kilo dengan panjang sekitar 10 sampai 11,8 inchi. Wajah kecil baby sudah terbentuk seluruhnya. Kulit baby sekarang sudah lebih solid karena mulai dilapisi oleh lemak. Pada minggu ini juga tebentuk kepiler kecil yang membuat kulitnya berwarna kemerahan.

Perkembangan minggu 28

Berat baby sekarang sekitar 1 kg dan sekarang, ia akan sering berganti posisi . Perkembangan janin dalam kandungan di minggu ke 28 adalah tubuh mulai mengembangkan sistem imun untuk bertahan di lingkungan luar.

Mata juga sudah sepenuhnya terbentuk. Paru-parunya sudah cukup matang yang dibarengi dengan penyempurnaan alat pernapasan lainnya. Jika seandainya moms terpaksa melahirkan prematur, pada masa ini baby memiliki kesempatan cukup baik untuk bisa bertahan hidup, tentunya dengan bantuan peralatan medis.

Perkembangan minggu ke 32

Kini baby kira-kira memiliki bobot sekitar 1.8 kg. Baby kini semakin aktif bergerak. Kulit baby semakin solid dan bervolume karena sudah lebih banyak lapisan lemaknya di bawah kulit.Otak dan syarafnya mengalami perkembangan signifikan pada minggu ke 32 ini.

Matanya mulai bereaksi terhadap cahaya, dan kelima inderanya mulai berfungsi sempurna. Kepala baby juga sudah dibawah, siap untuk kelahiran. Payudara moms juga mulai siap untuk menyusui dengan keluarnya cairan kekuningan dari payudara yang disebut colostrum.

Perkembangan minggu 36

Sekarang panjang baby dalam kandungan adalah sekitar 18.5 inchi dengan bobot mendekati 3 kilo. Organ-organ pentingnya sudah berkembang secara penuh dan siap untuk kelahiran yang akan terjadi kira-kira dalam 1-3 minggu kedepan.

Kelahiran!

Kelahiran yang tepat waktu biasanya akan terjadi pada minggu ke 39 atau 40. Meski tak menutup kemungkinan terjadi pada minggu ke 42.

Nah demikian artikel khusus mengenai kehidupan janin dalam kandungan dari minggu ke minggu. Semoga lewat artikel ini moms jadi lebih semangat untuk menjaga kesehatan kandungan moms agar baby bisa tumbuh sehat dan sempurna.

Reply

3 × three =