Ketahuilah 8 Karakteristik Kecerdasan Anak Yang Belum Diketahui Orang Lain

Moms, ketahuilah bahwa memperhatikan tingkat kecerdasan anak pada usia dini sangatlah penting, Karena pada saat ini, tidak bisa dipungkiri bahwa pendidikan memainkan peranan penting untuk menciptakan manusia yang berkualitas untuk menghadapi tuntunan zaman yang semakin kompleks.

Untuk itu cosmomom akan menjelaskan mengenai 8 karakteristik kecerdasan anak yang belum diketahui oleh orang lain. Yuk kita simak artikel berikut ini :

 

1. Kecerdasan Anak Linguistik

Kecerdasan Linguistik berkaitan dengan Bahasa. Anak yang memiliki kecerdasan ini mempunyai kepandaian baik verbal maupun non verbal. Selain itu, suka mengungkapkan sesuatu, bercerita hal-hal yang menyenangkan atau apa saja yang dilihat, dan bercengkrama dengan kata-kata.

2. Kecerdasan Logis-matematis

Kecerdasan Logis-matematis berkaitan dengan penalaran logika dan matematika. Anak yang mempunyai kecerdasan ini suka memecahkan masalah, berpikir logis, menganalisa suatu kejadian yang dilihat, suka menghitung, dan menyukai hal-hal baru yang ingin diketahui.

3. Kecerdasan Spasial atau Visual Spasial

Kecerdasan Spasial atau Visual Spasial pasial berkaitan dengan ruang dan gambar. Anak yang memiliki kecerdasan ini menyukai segala hal yang berkaitan dengan bentuk gambar dan ruang seperti halnya mengekekspresikan diri dengan gambar, senang melukis, mudah dalam menghafal bentuk, mudah membaca, dan mudah menghafal jalan. Salah satu contoh orang yang mempunyai kecerdasan ini adalah pelukis maupun arsitektur.

4. Kecerdasan Musikal

Kecerdasan Musikal berkaitan dengan musik. Anak yang memiliki kecerdasan ini menyukai segala hal yang berkaitan dengan musik. Selain itu, pandai memainkan alat musik, cepat dalam menghafalkan lagu dan nada. Salah satu contoh orang yang memiliki kecerdasan ini adalah musisi.

5. Kecerdasan Kinestetik

Kecerdasan Kinestetik berkaitan dengan badan dan gerak tubuh. Anak yang memiliki kecerdasan ini suka bergerak dan beraktivitas, menyukai olahraga, maupun menari. Salah satu orang yang memiliki kecerdasan ini adalah atlet atau penari.

6. Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan Interpersonal berkaitan dengan hubungan antarpribadi. Anak yang memiliki kecerdasan ini adalah anak yang suka bersosialisasi, peduli dan suka menolong teman, mudah bergaul, dan mudah mendapatkan teman. Salah satu contoh orang yang memiliki kecerdasan ini adalah pemimpin yang mempunyai wibawa.

7. Kecerdasan Intrapersonal

Kecerdasan Intrapersonal berkaitan dengan hal-hal kecerdasan personal. Anak yang mempunyai kecerdasan ini adalah anak yang mampu mengolah diri sendiri menjadi baik seperti halnya anak yang memiliki sikap yang jujur.

8. Kecerdasan Naturalistik

Kecerdasan Naturalistik berhubungan dengan kepedulian dan kecintaan pada alam. Anak yang memiliki kecerdasan ini mencintai alam, memiliki kepedulian alam, suka merawat tumbuhan, dan tidak suka merusak alam.

Setelah mengetahui adanya teori kecerdasan majemuk, seorang anak tidak hanya memiliki satu kecerdasan saja. Oleh sebab itu, dengan adanya teori kecerdasan majemuk merupakan suatu langkah bijak, dimana orang tua, guru, serta masyarakat luas harus memahami potensi masing-masing anak.

Jadi, anak yang cerdas tidak hanya anak yang pandai membaca dan menghitung, karena setiap anak mempunyai kecerdasan yang luar biasa. Itulah 8 karakteristik kecerdasan anak yang belum diketahui orang lain, dengan membaca artikel ini moms jadi mengetahui kecerdasan yang dimiliki anak sejak dini dan moms dapat menumbuhkan kecerdasan pada anak, Semoga artikel ini bermanfaat.

Reply

sixteen − five =