Manfaat Kurma Buah Pilihan untuk Kesehatan Ibu Hamil

8 Manfaat Kurma, Buah Pilihan untuk Kesehatan Ibu Hamil

Moms pasti akrab dengan buah kurma. Apalagi, saat ramadhan ini, puluhan jenis kurma tersedia di pasaran.

Daging buah ini mempunyai kandungan gula sederhana (jenis fruktosa dan dekstrosa) yang mudah dicerna tubuh dan mengembalikan energi tubuh dengan cepat. Bagi Moms yang sedang hamil, jangan khawatir!. Kurma tidak meningkatkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Kurma mempunyai kandungan gula sebesar 80% dan sisanya terdiri dari lemak, protein dan produk mineral yang lainnya, seperti besi, tembaga, asam folat dan magnesium. Kurma juga banyak mengandung serat dan juga sebagai sumber kalium.

Buah yang ada di sepanjang tahun ini bisa dimanfaatkan untuk menemani kehamilan Moms. Kurma kaya vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kehamilan.

Ada 8 kegunaan kurma yang bisa Moms manfaatkan.

1. Menambah Energi untuk Ibu Hamil

Kurma mengandung glukosa dan sangat baik bagi tubuh. Ia bisa menambah energi pada tubuh Moms agar tak merasa mudah lelah.  Dalam satu butir buah terkandung 50-57% glukosa, 1,8-2 % protein dan serat 2-4%.

Kurma dianjurkan dimakan setiap hari bagi ibu hamil. Nutrisi kurma akan membantu mengembalikan stamina tubuh, dan menguatkan energi yang terkuras baik saat kehamilan dan saat proses melahirkan.

2. Mengatasi Anemia pada Ibu Hamil

Glukosa tidak saja untuk menambah energi, namun bisa digunakan untuk mengatasi anemia. Kandungan zat besi yang tinggi pada kurma menjadikannya suplemen diet bagi mereka yang menderita anemia. Kandungan tinggi zat besi menyeimbangkan kekurangan zat besi pada pasien anemia. Kurma bisa untuk  menjaga mempertahankan nutrisi dan gizi sewaktu Moms hamil.

3. Baik untuk Merangsang Saraf

Kandungan kalium dalam kurma dapat meningkatkan rangsang pada saraf. Konsumsi kurma bisa meningkatkan kecerdasan otak dan mempertajam daya ingat. Kurma akan menutrisi anak dan juga janin agar lebih tanggap dan cerdas kelak.

4. Produksi Asi Menjadi Lancar

Kurma juga bisa untuk memperbanyak pembentukan ASI. Buah kurma mengandung cukup banyak zat besi (Fe) dan kalsium (Ca) yang berfungsi untuk pembentukan ASI. Kurma juga mengandung hormon oksitosin yang bermanfaat untuk membantu proses persalinan.

5. Memperkecil Rahim

Kurma juga memiliki hormon potuchsin yang berfungsi membantu mengecilkan pembuluh darah pada rahim. Rahim pada ibu hamil yang tadinya membesar karena mengandung baby lama kelamaan bisa mengecil kembali.

Kurma membantu kehamilan pada usia kehamilan di atas 8 bulan. Tamr (kurma kering) akan menguatkan rahim terutama ketika melahirkan. Kurma ruthab (kurma basah) mempunyai pengaruh mengontrol laju gerak rahim. Buah kurma mengenyangkan juga membuat gerakan kontraksi rahim bertambah teratur.

6. Memperlancar BAB atau Pencernaan

Kurma juga bermanfaat untuk memperlancar pencernaan atau buang air besar. Kurma seringkali dianggap sebagai makanan pencuci perut. Konsumsi kurma yang di antaranya memiiki kandungan serat kasar yang banyak, dapat membantu BAB agar lancar dan tidak perlu mengejan. Pengejanan bisa menyebabkan jahitan terancam robek.

Kurma juga mengandung citamin A, riboflavin, kalium, niasin dan serta yang cukup tinggi sehingga memperlancar pencernaan.

7. Pembentukan Gigi & Penguatan Tulang

Selain kegunaannya untuk Moms, kurma juga bermanfaat bagi janin yang sedang dikandung. Kandungan mineralnya menjadikannya sebagai makanan super untuk memperkuat tulang dan melawan osteoporosis.

Kurma mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium; komponen pertumbuhan dan kekuatan tulang. Komponen kalsium yang terdapat pada kurma yang akan membantu merangsang pembentukan gigi pada janin.

Konsumsi kurma secara teratur saat hamil, tulang pada bayi akan menjadi kuat. Untuk baby, bisa berikan kurma yang sudah dihaluskan.

8. Kesehatan Jantung

Kurma cukup membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Kurma merupakan sumber potassium yang kaya, digunakan untuk mengurangi risiko terkena stroke dan penyakit lain yang berhubungan dengan jantung. Konsumsi kurma bisa juga untuk mengurangi tingkat kolesterol LDL dalam tubuh, yang merupakan faktor utama penyebab serangan jantung, penyakit jantung, dan stroke.

Isi kandungan kurma yang sangat bermanfaat menjadikan kurma tidak hanya dipakai sebagai buah camilan saja. Ia bisa dibuat juice, bahkan juga bisa dibuat untuk buah infused alkali water sama seperti buah lainnya.

Sediakan kurma di meja makan Moms!, dan jadikan buah camilan sehari-hari selama kehamilan.@

 

Reply

9 + 15 =