Cari Tahu Manfaat Lain dari Memotong Kuku Bayi, Moms!

Selain Tampak Rapi dan Bersih, Dapatkan Manfaat dari Memotong Kuku Bayi, Moms!

Kuku bayi yang panjang dan kotor seringkali membuat risih bukan? Namun kesulitan untuk membersihkan dan memotong kuku bayi membuat banyak ibu muda sedikit “menggampangkan” urusan ini. Padahal membiarkan kuku bayi panjang dan kotor sama saja dengan menjerumuskan si kecil masuk dalam problem kesehatan.

Kebersihan dan kerapian dari kuku bayi tidak dapat diremehkan. Terdapa sejuta manfaat panting yang bisa didapatkan dari memotong kuku dan membersihkan kuku bayi. Ini dia 4 manfat yang bisa Moms peroleh dengan rajin membersihkan dan memotong kuku bayi.

1. Bayi akan terhindar dari masalah kesehatan

Hal utama dari pentingnya memotong kuku bayi adalah masalah kesehatan. Mengapa memotong kuku bayi merupakan bagian dari masalah kesehatan? Karena tentu saja dengan membersihkan kuku bayi secara teratur sama sama mencegah si kecil terkena bibit penyakit yang berasal dari kuku, mengingat kuku merupakan tempat paling nyaman untuk perkembangbiakan kuman dan bakteri yang menyebabkan si kecil sakit.

2. Kuman dan bakteri enggan untuk masuk ke tubuh bayi

Dengan membersihkan dan memotong kuku bayi secara teratur, Moms dapat mencegah dan meminimalisisr masuknya kuman dan bakteri yang dapat masuk ke tubuh si kecil melalui kuku. Bayi dibawah 3 tahun sedang mengalami masa oral, dimana ia akan sering memasukkan seluruh jarinya ke dalam mulut, dan jika kuku kotor dibiarkan saja maka bukan tak mungkin kuman dan bakteri yang bersarang di kuku akan terbawa masuk ke dalam tubuh.

Tak hanya itu, kuku yang kotor dan hitam juga merupakan penyebab utama dari penyakit cacingan yang terjadi pada masa kanak-kanak. Hal ini terjadi karena kebersihan kuku bayi dan anak yang kuang terjaga.

3. Resiko luka baret akibat kuku panjang kecil

Saat tidur, tak sengaja si kecil akan sering menggaruk muka atau kulit bagian tubuh lain karena panas atau gatal. Dan jika kuku si kecil masih panjang dan belum dipotong, maka si kecil akan terkena resiko luka baret akibat kuku yang panjang. Terkadang luka ini bisa berdarah dan menimbulkan infeksi lho, Moms. Untuk itulah sangat penting bagi Moms untuk memperhatikan perawatan kuku bayi.

4. Kuku tampak rapi , bersih, dan indah

Dengan rajin membersihkan dan memotong kuku bayi, si kecil akan merasa lebih nyaman karena kukunya bersih dan rapi. Moms juga akan lebih tenang ketia melihat kuku si kecil tampak rapi, bersih, dan indah. Dan secara tak sadar Moms akan melatih si kecil untuk terbiasa hidup bersih dan mengutamakan masalah kebersihan serta kesehatan.

 

Reply

eleven + 16 =