Manfaat Memeluk Anak : Memberikan Energi Positif yang Luar Biasa Bagi Tumbuh Kembangnya

Seberapa Sering Moms Memeluk si Kecil Setiap Harinya? Penelitian Menunjukkan Bahwa Anak yang Sering Mendapatkan Pelukan dari Orang Tuanya Mampu Tumbuh dengan Lebih Baik dan Optimal.

Ini Dia Manfaat Memeluk Anak yang Sebaiknya Moms Ketahui.

Banyak orang tua yang sadar akan pentingnya kedekatan hubungan antara orang tua dengan anak. Anak yang memiliki kedekatan yang cukup serta mendapatkan perhatian yang lebih dari orang tuanya akan tumbuh dan berkembang dengan optimal baik dari segi mental atau psikologisnya.

Anak cenderung tak bermasalah karena mereka mandapatkan apa yang diinginkannya dari oarng tuanya, yaitu perhatian. Anak tak membutuhkan banyak uang atau mainan, yang mereka butuhkan sebenarnya adalah kasih sayang serta perhatian dari kedua orangtuanya.

Sayangnya, karena tuntutan ekonomi dan faktor lainnya, banyak orang tua yang harus sibuk ini itu yang mengakibatkan anak sedikit terlantar. Bnayak orang tua yang harus pergi pagi dan pulang sore karena tuntutan pekerjaan.

Alhasil, perhatian kepada anak pun terpaksa berkurang. Namun ada sebuah cara khusus yang bisa dilakukan orang tua kepada anak meskipun memiliki wkatu yang singkat. Orang tua bisa memberikan pelukan hangat kepada anak setiap hari sesering mungkin.

Pelukan mampu meredakan stress pada anak serta mampu memberikan rasa aman kepada anak. Anak yang sering mendapat pelukan terbukti tumbuh lebih cerdas, baik, serta optimal. Ini dia manfaat memeluk anak yang sebaiknya Moms ketahui.

1. Meningkatkan kedekatan hubungan antara orang tua dan anak

Meskipun orang tua tak memiliki banyak waktu luang, anak yang sering dipeluk orang tuanya tetap memiliki kedekatan hubungan yang baik dengan orang tua. Anak akan merasa dibutuhkan, diperhatikan, dan disayang.

Energi positif inilah yang mampu meningkatkan hubungan intrapersonal antara orang tua dan anak. Untuk itulah disarankan pada setiap orang tua untuk terus meluangkan waktu demi memeluk anak setiap hari sesering mungkin.

2. Memberikan dukungan dan semangat pada anak

Anak yang sering dipeluk akan merasakan dukungan kuat yang postif dari orang tuanya. Melalui pelukan orang tua juga akan memberikan motivasi pada anak untuk melakukan berbagai macam kegiatan positif.

Tak perlu lagi banyak kata, pelukan akan memberikan gambaran pada anak bahwa betapa orang tua sangat menyayangi dan mendukung apapun kegiatan positif yang dilakukan oleh anak.

3. Meningkatkan rasa percaya diri

Karena dukungan orang tua yang diberikan melalui pelukan, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri. Anak akan jauh dari rasa malu, tertekan, ataupun minder.

Hal ini tentu akan berefek positif terhadap perkembangan anak ke depan nantinya. Mulai dari meningkatnya prestasi belajar, hubungan pertemanan, serta hal-hal positif lainnya.

4. Daya tahan tubuh anak lebih baik

Banyak yang mengatakan bahwa anak yang sering dipeluk akan menjadi anak yang cengeng dan maja. Namun faktanya, justru sebaliknya. Anak tersebut menjadi lebih pemberani dalam menuntaskan segala masalah di kemudian hari.

Tak hanya itu, anak juga akan memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik karena melalui pelukan anak akan mendapatkan transfer berupa sejenis mikroorganisme yang terbukti membuat anak tumbuh semakin kuat.

So, jangan lupa berikan pelukan kepada anak setiap hari ya Moms! Percaya atau tidak, Moms akan merasakan manfaat luar biasa ketika anak tumbuh besar nanti.

 

Reply

4 × two =