Hindari Buang Uang Membeli Tas Bayi Yang Salah Dengan Panduan Tas Bayi Terlengkap Ini

Panduan Lengkap Jenis Tas Bayi ( Diapers Bag )

Sama seperti dengan aksesori fashion lainya yang memiliki banyak gaya dan bentuk , tas bayi atau diapers bag juga datang dengan ratusan gaya dan bentuk yang berbeda.

Mari kita lihat beberapa jenis tas bayi ( diapers bag ) yang umum di gunakan mommy untuk membawa keperluan si kecil saat keluar rumah serta panduan tas bayi :

Tas Bayi type Tote Bag

panduan tas bayi

Tas bayi degan type Tote bag ini merupakan salah satu tas bayi yang mampu memuat perlengkapan si kecil dengan kapasitas besar sehingga dengan Tote Bag ini akan memberika Kemudahan mommy untuk mengambil dan membawa perlengkapan si kecil pada saat berpergian.

Tote Bag adalah pilihan tas bayi yang paling populer di pasaran. Akibatnya tote bag tersedia dalam desain yang tak terhitung jumlahnya dan sangat populer di kalangan orang tua yang menginginkan fungsionalitas dari tas bayi.

Tote Bag ini benar-benar terbaik dari semua jenis tas bayi yang ada.Meskipun mommy memilih Tote bag dengan warna hitam sekali pun mommy akan tetap mendapatkan pujian dari orang sekeliling karena bentuk dan designya yang sangat fashionable.

panduan tas bayi

Berbeda dengan tas bayi dengan type ransel, tas bayi type ransel hanya memiliki ukuran atau tempat penyimpanan yang kecil , Tote Bags memiliki kapasitas ruang cukup besar dan luas sehingga mampu menampung perlengkapan si kecil dengan  jumlah banyak,Tentu dengan kapasitas yang besar ini memungkinkan Mommy untuk dengan mudah melihat dan menemukan perlengkapan bayi tertentu dalam keadaan darurat.

Dengan ukuran nya yang sangat besar ini Tote bags dapat memberikan berkah dan kutukan lho moms !

Kenapa Demikian ?

Karena Tote bag memang meiliki ukuran yang cukup besar tentu akan memudahkan mommy membawa perlengkapan bayi dengan jumlah banyak , ini sangat menguntungkan apalagi untuk mommy  yang memiliki bayi kembar . Namun disisi lain Tote bag juga akan terlihat besar meskipun tidak sedang mommy isi dengan perlengkapan si kecil.

panduan tas bayi

Secara singkatnya ketika mommy memilih untuk menggunakan tas bayi dengan type Tote Bag maka mommy akan mendapatkan kelebihan dan kekurangan saat menggunakanya .

Kelebihan:

  • Banyak ruang di dalamnya ( dapat menampung barang lebih banyak ).
  • Memiliki banyak desain yang menarik.
  • Memiliki kapasitas besar

Kekurangan:

  • Tampak besar ketika kosong.
  • Lebih banyak desain untuk mommy dari pada untuk daddy.

NOTE : Tas ini sangat cocok digunakan oleh mommy yang ingin berpergian dengan waktu yang lama serta ingin membawa perlengkapan si kecil dengan jumlah banyak.

Tas Bayi type Messenger / Sling bag

panduan tas bayi

Tas dengan type ini punya strap bahu yang panjang untuk digantung di bahu atau disilangkan di badan .Lebih datar, stylish dan umumnya lebih ramping dari tote bag. Salah satu keuntungan utama dari Tas bayi dengan type messenger ini adalah mommy tidak harus mengambil tas off yang biasanya ada di dalam tas untuk mengambil popok atau tisu bayi.

 Lebih Impresif bukan ?

Karena ukuran tas bayi dengan type ini biasanya tidak begitu besar,sehingga masuk akal jika mommy tidak semestinya membawa beban yang terlalu berat atau banyak karena dapat merusak tas itu sendiri serta tidak cocok digunakan untuk para orang tua yang memiliki masalah atau penyakit punggung / bahu.

panduan tas bayi

PENTING !

Ketika membawa tas bayi dengan type ini pastikan tali pada tas harus berbentuk diagonal di depan dada mommy , Mengapa demikian ? Karena tas dapat dengan mudah tergelincir ataupun terlepas dari bahu mommy jika Anda membawanya secara vertikal dan juga dengan hal ini membuat berat badan terpusat di atas kaki, bukan di salah satu sisi tas sehingga membuat tulang punggung atau bahu bawah tak terlalu lelah.

Tas bayi dengan type Messenger datang dalam berbagai macam gaya. Dari yang bermotif bunga cerah hingga yang macho pun ada sehingga membuat sebagian daddy akan senang untuk memakai.

Tentu jika mommy membeli tas bayi dengan type messenger ini Anda akan memiliki tas bayi yang cocok digunakan tidak hanya untuk mommy  sendiri namun daddy juga dapat memakainya.

 Disisi lain tas bayi dengan type ini memiliki kurang memiliki variasi  dalam hal ukuran, Kebanyakan dari tas bayi dengan type ini memiliki ukuran yang kecil sehingga kapasitas penyimpanannya pun sedikit. Umumnya tas bayi dengan type ini hanya mampu menampung keperluan seorang bayi saja tidak bisa lebih.

panduan tas bayi

Secara singkatnya ketika mommy memilih untuk menggunakan tas bayi dengan type Messenger  maka mommy akan mendapatkan kelebihan dan kekurangan saat menggunakanya .

Kelebihan:

  • Dapat langsung mengambil perlengkapan si kecil dengan mudah.
  • Slim , simple , namun tetap stylish
  • Model nya yang beraneka ragam , cocok digunakan baik untuk daddy maupun mommy.

Kekurangan:

  • Banyak desain terlihat sedikit terlalu manly.
  • Tidak cocok untuk membawa pelengkapan bayi kembar atau lebih.

NOTE : Cocok di gunakan oleh orang tua yang tetap ingin terlihat fashionable saat berpergian bersama si kecil dan ingin cukup fit membawa perlengkapan si kecil sepanjang hari.

Tas Bayi Type Ransel

panduan tas bayi

Mungkin ini adalah gaya terbaru dari kebanyakan tas bayi pada umumnya, Tas bayi dengan type ransel ini memungkinkan mommy untuk membawa semua perlengkapan bayi sambil bebas menjaga si kecil dengan kedua tangan atau untuk menggendong bayi, berbelanja dan melakukan hal lainya .

Dari semua gaya dan penampilanya, Tas bayi dengan type ransel ini terlihat seperti ransel biasa. Meskipun penampilanya biasa saja , namun di dalam nya menyimpan banyak manfaat bagi mommy dan daddy. Mommy akan memiliki saku tunggal yang didedikasikan untuk setiap item sehingga akan memudahkan mommy ketika ingin mengambil suatu item secara  bersamaan.

Beberapa tas bayi dengan type ini memiliki kantong akses yang memungkinkan mommy dengan cepat dan mudah mengakses item yang sering digunakan. Ada juga yang dilengkapi kantong saku untuk botol bayi yang terisolasi dengan item ini dapat membantu menjaga botol bayi untuk dapat selalu hangat ataupun dingin dan saku yang di gunakan menyimpan lap ataupun tissue bayi.

PENTING ! 

Hindari pemilihan tas bayi dengan type ransel yang memiliki sedikit kantong. Dengan jumlah kantong yang cukup, maka akan mempermudah dalam penyekatan masing-masing barang bawaan berdasarkan jenisnya. Sehingga mempermudah mommy untuk menemukan apa yang mommy cari dalam keadaan darurat.

panduan tas bayi

Serta  perhatikan tali bahu , tali bahu yang baik adalah yang cukup luas dan empuk. Tali yang terlalu sempit malah bisa menekan dan malah membuat sakit bahu.

Dengan pemilihan tali bahu yang tepat dapat mendistribusi berat sehingga membantu mencegah rasa sakit yang sering datang saat membawa tas berat sepanjang hari.Tak hanya itu juag merupaka satu-satunya jenis tas bayi yang dapat dipakai saat berolahraga (seperti jogging atau bersepeda).

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana mommy dapat memasukan setiap barang yang mommy ingin dibawa didalam tas ransel.  Tas bayi dengan type ransel telah dirancang untuk memberikan ruang penyimpanan yang optimal dengan bentuk yang tidak terlalu besar , tas ini bisa jadi pilihan bagus bagi mommy yang sering berjalan-jalan ataupun sekadar digunakan untuk mudik ataupun aktivitas bepergian lainnya.

panduan tas bayi

Bagi mommy dan daddy yang memiliki lebih dari satu bayi dalam maka akan sangat mungkin membutuhkan tas bayi yang lebih besar, tas ransel menjadi pilihan yang sangat tepat !

Secara singkatnya ketika mommy memilih untuk menggunakan tas bayi dengan type Ransel maka mommy akan mendapatkan kelebihan dan kekurangan saat menggunakanya

Kelebihan:

  • Sebuah pilihan yang lebih baik bagi mereka yang menderita sakit punggung
  • Gaya untuk Pria dan Wanita tersedia
  • Bisa dipakai saat berolahraga
  • Mendistribusi berat sehingga membantu mencegah rasa sakit

Kekurangan:

  • Tidak terlalu modis.
  • Tidak bisa langsung mengambil barang yang diinginkan

NOTE : Cocok untuk Orang tua yang kurang terfokus pada penampilan dan hanya ingin tas popok yang sangat fungsional dan yang membebaskan kedua tangan

Tas bayi type Convertible

panduan tas bayi

Sebuah tas popok yang memiliki tiga pilihan yang berbeda, Sungguh luar biasa bukan ?  Tas bayi convertible juga dikenal sebagai tas bayi multifungsi karena bisa berubah menjadi setidaknya dua dari tiga gaya disebutkan sebelumnya yaitu:

  1. Tote
  2. Messenger
  3. Backpack

Jika mommy bingun atau tidak yakin 100% untuk memilih jenis tas bayi yang cocok dan terbaik untuk mommy ,tas bayi dengan type convertible adalah pilihan terbaik.

Jika mommy tidak nyaman dengan salah satu gaya tas bayi , mommy hanya perlu swap ke gaya yang lain. Sangat simple ya ? Umumnya, tas bayi dengan type convertible menyerupai tas bayi dengan type tote namun untuk tas ini memiliki tali yang dapat dilepas. Dapat di sesuaikan dengan kebutuhan mommy .

panduan tas bayi

PENTING ! 

Meskipun disebut dengan tas bayi multifungsi namun dari segi fungsi penyimpanan barang , tas ini tidak dapat digunakan sebagai penggabungan fungsi dari Tote bag , Ransel Bag dan Mesengger Bag, Hal ini terjadi karena  tas bayi dengan type convertible ini di jual dengan murah tanpa fokus pada kegunaan masing-masing .Sehingga tas ini hanya cukup untuk membawa perlengkapan bayi saja.

Tas bayi type stroller

panduan tas bayi

Seperti namanya, tas bayi stroller menempel langsung ke kereta dorong bayi Mommy.tas bayi ini menggantung dari pegangan kereta mommy, memungkinkan mommy dengan cepat dan mudah untuk mengambil perlengkapan atau keperluan si kecil. Tas bayi dengan type ini benar-benar aman bila digunakan dengan benar.

Aman atau tidaknya  tas bayi dengan type ini  adalah sepenuhnya tergantung pada dua hal:

1. Tas bayi dengan type stroller – Anda tidak dapat membawa barang lebih dari 20 kg di dalam tas stroller ini.

2. Berat stroller Anda – Semakin berat stroller Anda maka akan mengakibatkan stroller lebih condong ke depan.

panduan tas bayi

Tas bayi dengan type stroller tidak cocok untuk semua orang. Namun, jika mommy adalah tipe orang yang ingin penyimpanan lebih sedikit barang pada kereta dorong mommy dan benar-benar memahami dua poin di atas maka tas bayi stroller mungkin menjadi solusi yang tepat untuk Anda.

Tas Bayi Kecil

Tas bayi dengan ukuran  kecil ini dirancang untuk perjalanan pendek di mana mommy hanya dapat membawa beberapa perlengkapan bayi saja. mommy tidak ingin membawa tas bayi berukuran besar jika mommy hanya ingin meninggalkan rumah selama satu jam atau lebih, kan?

Karena itu, tas bayi berukuran kecil ini umumnya dibeli disamping mommy memliki satu yang berukuran lebih besar. Hal ini akan memberikan mommy solusi tas bayi untuk dua perjalanan baik perjalanan pendek maupun perjalanan lebih lama dengan sang buah hati.

Tas popok kecil adalah kategori yang sangat luas yang mencakup setiap tas bayi yang digunakan untuk perjalanan pendek. Mari kita lihat hanya beberapa dari tas bayi yang termasuk dalam kategori ini : 

Tas Bayi Clutch

panduan tas bayi

Sebuah tas bayi dengan memiliki bentuk persegi panjang dan berukuran cukup kecil , meskipun ukuranya kecil namun tas ini tetap terlihat stylist lho moms !

Tas clutch dilengkapi dengan tali kecil yang dapat digunakan di pergelangan tangan , hal ini berfungsi agar tas tidak terlepas atau terjatuh. Tas ini memiliki cukup ruang untuk beberapa barang seperti popok dan tisu bayi. Beberapa bagianya bahkan dapat dilipat keluar menjadi pad perubahan.

panduan tas bayi

Bagaimana cara memilih tas bayi yang terbaik untuk mommy ?

Mari kita lihat beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika ingin membeli tas bayi:

 •    Jumlah ruang yang mommy butuhkan

panduan tas bayi

Kapasitas ideal untuk tas bayi akan sepenuhnya tergantung pada situasi dan kebutuhan mommy . Tas bayi yang baik memungkinkan anda mengatur letak barang-barang keperluan bayi berdasarkan kategori yang anda inginkan.

Anda mungkin perlu membedakan ruang-ruang untuk pakaian bersih,pakaian kotor, tempat obat-obatan, dsb. Anda juga mungkin perlu beberapa kantong di bagian luar tas yang mudah diakses dengan cepat, misalnya tempat botol susu, tempat serbet muntah, dsb.

Tas bayi yang baik memiliki beberapa ruang di bagian dalam dan beberapa kantong di bagian luar. Hal pertama yang mommy dapat lakukan untuk menentukan ukuran ataupun banyaknya ruang tas bayi adalah dengan  meletakkan daftar semua hal yang ingin dibawa dalam tas bayi. Daftar ini harus mencakup kedua perlengkapan si kecil dan mommy sendiri.

 Contoh perlengkapan bayi secara umum :

panduan tas bayi

 Perlengkapan Bayi  :

  • Popok
  • Wipes
  • Cream Ruam
  • Tas untuk popok kotor
  • Pacifier
  • Pakaian anak
  • Mainan
  • Penutup Keperawatan
  • Botol Bayi
  • Sippy cupHat + tabir surya

 Perlengkapan mommy :

  • Kunci
  • Telepon
  • Dompet
  • Pembersih tangan
  • Kaca Mata
  • Botol Minuman
  • Makanan Ringan
  • HatHeadphone
  • Sebuah buku yang bagus Buatlah (untuk Mommy)

Masih kesulitan menentukan berapa banyak ruang yang mommy butuhkan dalam tas bayi? Mungkin di bawah ini contoh nyata yang akan membantu mommy untuk memilih tas bayi yang cocok sesuai kebutuhan mommy.

panduan tas bayi

Situasi di mana Anda membutuhkan tas bayi dengan ukuran besar :

  • Anda memiliki anak kembar atau lebih dari satu bayi
  • Anda ingin membawa perlengkapan bayi yang cukup untuk perjalanan jauh atau lama • Anda memiliki anak kembar atau lebih dari satu anak dalam popok

Situasi di mana Anda membutuhkan tas bayi dengan ukuran kecil :

  • mommy merupakan orang yang cuek ( bukan berarti tidak peduli ) , seingga selalu membawa perlengkapan bayi yang mommy anggap penting saja.
  • mommy hanya ingin membawa si kecil pada perjalanan singkat atau tidak berhari hari  Ada kalanya tas popok  berukuran lebih kecil akan menguntungkan Anda, seperti ketika Anda terbang di pesawat.

 •    Berapa harga nya?

Tas pakaian bayi tersedia dalam variasi harga yang sangat beragam. Banyak tas bayi yang tersedia di pasar dengan harga kurang dari seratus ribu rupiah, tetapi jika anda mengutamakan merek terkenal, bahan yang istimewa, atau model yang mutakhir anda mungkin harus merogoh dompet lebih dalam lagi.

Berikut kisaran harga tas bayi yang ada di pasaran :

  • Low end : Dibawah 500 rb – Umumnya produsen akan menghemat pada ukuran, kualitas atau daya tahan , umumnya tas bayi dengan harga sekian memanglah berukuran kecil sehingga cocok untuk mommy yang memiliki tunggal dan tidak memerlukan tas bayi berukuran besar untuk membawa perlengkapanya.
  • Mid-range : 500 rb – 1 jt-an – Tas bayi dengan harga sekian produsen menawarkan campuran yang lumayan bagus baik dari kualitas dan ukuranya, untuk mommy yang tak hanya memiliki 1 bayi maka tas dengan ksaran harga berikut cocok menjadi pilihan pertama dalam memilih tas bayi .
  • High end : diatas 1 jt – Tas dengan harga sekian umumnya tas bayi yang khusus di rancang oleh seorang designer atau telah memiliki brand sendiri .dari segi design tas pastilah tidak dapat di ragukan lagi dan umumnya tas dengan harga sekian memiliki kualitas di atas tas bayi dengan harga 500 rb – 1,3 jt-an , tas ini sangat cocok untuk mommy yang tetap memperhatikan penampilan saat membawa si kecil berjalan jalan , untuk ukuranya pun bervariasi.

 PENTING !

Jangan hanya tergiur dengan harganya yang rendah , selalu pertimbangkan kualitas dan ukuran tas bayi ( sesuaikan dengan kebutuhan mommy) , Jika boleh memberikan rekomendasi , pilih lah tas bayi dengan kiasaran harga 500 rb – 1,3 jt-an karena memiliki kualitas yang cukup bagus dan ukuranya lumayan besar ( umum ).

 •    Tidak terlalu berat

Detil yang sering diabaikan ketika memilih tas bayi adalah berat tas tersebut ketika benar benar kosong. Beberapa tas bayi yang kosong umumnya memiliki berat 3 pon.

Jika mommy menderita kondisi medis yang membatasi mommy untuk membawa benda-benda yang berat (sendi kaku, sakit bahu dll) maka mommy harus memperhatikan bagian bagian yang sakit , sehingga mommy dapat memilih tas bayi yang tidak memperparah kondisi tersebut.

panduan tas bayi

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi berat tidaknya tas bayi ialah :

  • Ukuran
  • Material
  • Desain (penambahan logam, dll)•
  • Fitur

Bahan tas pakaian bayi yang paling populer adalah bahan sintetik misalnya vinyl karena mudah dibersihkan dengan lap jika kotor atau terkena basah. Tas bayi dari bahan kain atau kulit juga banyak tersedia di pasaran. Ada juga tas dari bahan kain yang dilapisi plastik sehingga mudah dibersihkan atau dilap.

Bentuk standar tas pakaian bayi adalah tas persegi atau hampir persegi dengan dua buah tali pegangan untuk di jinjing atau disandang di bawah ketiak dan satu buah tali (strap) panjang untuk membawa tas secara disandang menyilang/selempang. Sekarang juga tersedia tas pakaian bayi dengan model tas punggung/ransel (backpack).

Membawa tas penuh isi dengan dijinjing atau disandang di pundak atau digendong di punggung untuk sesaat mungkin tidak masalah, namun jika untuk jangka waktu yang cukup lama mungkin mneyakitkan pundak, lengan atau punggung anda. Pilihlah tas yang mempunyai strap (tali atau pegangan) dengan bantalan tebal, lebar dan empuk.

Saat memilih tas pakaian bayi, anda harus membayangkan bagaimana anda membawa tas tersebut dalam keadaan penuh khususnya jika anda memilih tas yang cukup besar. Pertimbangkan juga saat anda mungkin harus membawa tas tersebut sambil menggendong bayi anda.

  • Ruang isolasi.

panduan tas bayi

Sebagian tas bayi menyediakan ruang isolasi yang berfungsi untuk isolasi suhu. ASI perahan yang baru diambil dari kulkas sebaiknya ditempatkan di ruang isolasi agar tetap dingin. Susu formula dalam botol biasanya dibuat hangat dan dipertahankan tetap hangat di ruang isolasi. Beberapa tas bayi memberikan tas isolasi secara terpisah sebagai bonus. Anda juga bisa membelinya secara terpisah.

  • Alas atau kaki yang rata.

Tas pakaian bayi yang baik adalah yang bisa berdiri kokoh sehingga tidak mudah terguling sehingga menumpahkan air minum atau susu dalam botol yang ada di dalam tas.

  • Bandingkan

Ini yang akan sangat bermanfaat. Ketika hendak membeli tas untuk bayi, maka sebaiknya kita mengunjungi lebih dari satu toko dan membandingkan produk – produk yang tersedia.

Langkah ini juga sekaligus akan membantu kita untuk menemukan tas bayi yang harganya lebih murah dan jika mommy Sedang Mencari Tas Bayi Ransel Nyaman Tanpa Menguras Kantong? Simak Rekomendasi Kami

Reply

seventeen − ten =