Kuasai Cara Efektif Mengajari Anak Makan Sendiri

Setelah Moms Selesai Membaca Artikel Singkat Berikut Ini, Moms Akan Dengan Mudah Dan Cepat Mengajari Anak Makan Sendiri.

Bayangkan Anda Bisa Melihat si Kecil Dapat Makan Sendiri, Tentu Anda Akan Bangga Sebagai Orang Tua, Serta Anda Ikut Melatih si Kecil Tumbuh Mandiri.

Makan adalah wujud tanggung jawab paling dasar yang dikenalkan pada si kecil.Jadi memungkinkan, mengajari Anak makan Sendiri makanannya sendiri lebih dini ya moms. Sebenarnya, sejak usia 18 bulan, umumnya si kecil sudah bisa diajarkan tanggung jawab. Di masa ini si kecil mulai mengalami perkembangan individu dan punya ekspetasi sosial. Tips agar si kecil dapat makan sendiri bisa moms simak di artikel berikut ini

Perkembangan ketika anak bisa mengambil dan memasukan sendiri makanan ke dalam mulutnya, ketika si kecil dapat memilih bentuk dan rasa yang ingin dimakan, atau ketika si kec il bisa meminum dengan gelas bergagang dan mengembalikannya lagi tanpa membantingnya.

Jika si kecil mempunyai barang kesayangannya seperti cangkir atau lainnya yang tidak bisa ia lepas dimanapun dan kapanpun saat ia makan, Moms harus membawanya ya moms menggunakan tas bayi

mengajarkan si kecil dapat makan sendiri, tentu saja harus dengan sabar dan fleksibel ya moms , karena biasanya memerlukan pelajaran yang berulang-ulang.

 

Berikut hal yang bisa moms lakukan membantu si kecil bisa makan sendiri :

1. Biarkan Si Kecil Menyentuh dan mencium makanan

Si kecil selalu mengeksplorasi lingkungannya dengan menyentuh, melihat, mendengar, mencium dan mencicipi. Termasuk jenis makanan yang akan dimakannya. Hal ini sering terjadi pada anak-anak yang baru belajar makan sendiri.

 

Baca Juga: 16 Kebiasaaan Baik ini Perlu Moms Ajarkan pada Si Kecil Karena Akan Berdampak Baik Baginya di Masa Mendatang… (Bagian 2)

2. Biarkan Si Kecil Memegang sendok dan cangkir

Anak usia 18-24 tahun sudah bisa diajarkan memegang sendok, garpu dan gagang cangkir. Untuk mengajari anak makan sendiri menggunakan sendok bisa dipilih jenis makanan yang mudah diambil menggunakan sendok, seperti yogurt, mashed potatoes, oatmeal, makaroni dan keju.

3. Gunakan piring bergambar

Piring mungil bergambar boneka atau binatang membuat si kecil makin semangat belajar makan sendiri. Pilihkan piring yang berbahan lunak dengan warna menarik agar si kecil lebih tertarik.

4. Membuat Makanan Dengan Kreasi yang Menarik

Hal ini bisa membantu si kecil agar lebih semangat untuk melahap apa yang akan ia makan apalagi dengan kreasi-kreasi yang unik dan lucu , pastinya si kecil akan lebih lahap ya moms

5. Makan semeja dengan keluarga

Saat berada di meja makan, si kecil akan perhatikan cara makan keluarganya. Mulai dari memegang sendok hingga cara menyuap makanan yang benar. Perlahan si kecil akan meniru cara makan keluarganya dan, si kecil pun jadi lebih proaktif.

6. Berikan camilan finger food

 

Berikan makanan yang aman untuk dimakan untuk si kecil. Moms  bisa mulai dengan memberikan pada mereka potongan makanan yang cukup kecil untuk dikunyah dan ditelan dengan mudah, misalnya makanan yang larut dengan mudah dalam mulu

 

Reply

two × 5 =