Atasi Ketakutan Hadapi Persalinan Dengan Cara ini

Tak Dapat Dipungkiri Jika Trimester Akhir Kehamilan Menjadi Masa Paling Menyeramkan. Banyak Ibu Hamil yang Mengalami Ketakutan-ketakutan Jelang Persalinan.

Ini Dia Tips dan Trik Ketakutan hadapi Persalinan.

Meski Moms merasa sangat percaya diri dalam menghadapi kehamilan, namun tak bisa disangkal jika ketakutan pasti datang menyerang di detik-detik menjelang persalinan. Terlebih ketika panggul mulai merasa tak nyaman, perut mulai nyeri, dan dokter menyatakan bahwa posisi bayi sudah siap lahir. Banyak ibu hamil yang mengalami sedikit stress kala ini. Stress tersebut yang menyebabkan ketakutan hadapi persalinan terjadi.

Tak perlu cemas berlebihan Moms, karena kecemasan hanya akan membuat keadaan tidak bertamabah baik. Atasi dengan cara-cara berikut ini.

1. Takut sakit saat persalinan berlangsung

Sakit saat persalinan berlangsung memang hal yang banyak ditakutkan  oleh para ibu. Jangankan menghitung berapa jahitan yang akan dokter berikan nanti, membayangkan jarum suntik dan infus saja sudah ngeri. Belum lagi ada cerita-cerita yang menyatakan bahwa kontraksi persalinan adalah hal yang sangat mengerikan.

Tips:

  • Buat pikiran positif yang menyemangati diri sendiri bahwa persalinan tak akan menyakiti siapapnu, baik ibu hamil maupun bayi dalam kandungan. Pikiran positif terbukti membangun energi yang baik dalam hadapi persalinan.
  • Percaya pada diri sendiri bahwa Moms bisa mengatasi segala rasa sakit yang mungkin muncul saat bersalin, baik persalinan normal maupun caesar.
  • Cari testimoni dari kerabat yang berhasil melahirkan dengan sehat dan selamat tanpa rasa sakit.
  • Gandeng suami untuk terus menemani dan memberi support jelang persalinan.

2. Takut meninggal saat melahirkan

Melahirkan merupakan proses yang sulit bagi seorang ibu. Tak jarang, kematian pun menghampiri ibu hamil pada saat persalinan. Hal ini bisa diakibatkan oleh pre-eklampsia atau faktor lainnya. Tenang Moms, tak perlu takut soal kematian, karena kematian ada di tangan Tuhan.


 

Tips:

  • Jangan lupa untuk positif thinking bahwa Moms bisa menghadapi persalinan dengan selamat.
  • Pelajari teknik pernapasan yang benar, jangan lupakan instruksi yang sudah diajarkan pada saat senam hamil.
  • Percayakan sepenuhnya pada tenaga ahli yang sudah ahli dalam bidangnya serta yakin bahwa alat-alat kedokteran sekarang sudah sedemikian canggihnya.
  • Memasrahkan segala sesuatunya pada Yang Diatas.

3. Takut bayi meninggal atau cacat

Wajar jika Moms merasa takut jika terjadi hal buruk menimpa calon bayi. Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya lahir dengan sehat dan selamat. Oleh karena itu, pikran buruk tentang kondisi bayi sebaiknya dihilangkan.

Tips:

  • Yakinkan diri bahwa bayi akan lahir dengan sehat, ambil hasil USG terakhir sebagai pegangan dan keyakinan bahwa bayi akan lahir dengan sempurna.
  • Percayakan segalanya pada dokter dan perawat yang menangani persalinan, agar Moms jauh lebih tenang dan percaya diri.
  • Berdoa pada Yang Diatas menjadi salah satu tips yang dapat mengurangi rasa ketakutan hadapi persalinan yang Moms rasakan.

Reply

sixteen − 6 =