Moms, Ini 8 Cara Ampuh Mengatasi Stres Saat Berusaha ‘Getting Pregnant’

Tak sedikit wanita yang mengalami stres ketika berupaya untuk hamil. Well moms, hati-hati dengan stres, sebab rasa tertekan dan khawatir juga dapat mempengaruhi kesuburan. Oleh karena itu penting bagi moms untuk mengetahui cara jitu mengatasi stres

Moms, tak jarang kita terlalu bersemangat untuk segera getting pregnant, sampai-sampai saat testpack menunjukkan tanda negatif, kita langsung kecewa dan stres.

Yes, moms, usaha untuk segera punya anak meskipun terdengar menyenangkan, tapi tak jarang juga membuat emosi jiwa.

Apalagi kalau moms sudah menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk mencoba hamil. Padahal, stress bisa mempengaruhi kesuburan.

Moms, inilah tips ampuh untuk mengatasi stres. Lewat artikel ini, bersama kita akan membahas tentang cara-cara paling mujarab yang disarankan oleh para ahli untuk meredakan stress bagi moms yang sedang ingin segera hamil.

1. Luapkan segalanya di buku harian

Mungkin terdengar kuno ya moms, tapi fakta dalam studi psikologi menunjukkan bahwa menulis buku harian dapat membantu dalam usaha mengatasi stres.

Buku harian yang kita bicarakan disini bukan hanya sekedar untuk menuliskan kembali hal-hal yang terjadi selama sehari, tapi lebih agar moms bisa menumpahkan semua emosi yang sedang mom rasakan.

Dengan kecanggihan teknologi, moms juga tidak harus menuliskannya di atas kertas, menulis diary juga bisa dilakukan di laptop atau gadget. Tuliskan saja semua kekhawatiran yang moms rasakan, dengan begitu moms akan merasa lebih tenang

2. Curhat dengan sahabat

mengatasi stres sumber gambar: askapril.com

Sudah menulis di diary tapi masih belum plong? Well, moms juga dapat mencurahkan isi hati kepada sahabat. Tapi dengan catatan, berceritalah pada seseorang yang dapat menjadi pendengar yang baik dan dapat dipercaya entah itu teman, keluarga ataupun pasangan.

Hati-hati moms, curhat pada orang yang salah malahan bisa membuat kita semakin stres. Studi dalam llmu psikologi menyatakan bahwa bercerita pada seorang teman memang sangat baik untuk mengurangi rasa tertekan dan mengatasi stres dengan cepat.

3. Pergilah keluar rumah dan lakukan hal yang menyenangkan

Menghabiskan waktu di luar rumah juga dapat membantu mengatasi stres. Stress sering sekali dikaitkan dengan rasa bosan karena rutinitas yang itu-itu saja.

Nah, kalau moms banyak menghabiskan waktu di dalam rumah, inilah saatnya untuk pergi keluar untuk menghirup udara segar dan melakukan hal-hal yang menyenangkan. Moms bisa mengajak pasangan, keluarga atau sahabat untuk menemani.


Cara Cepat Hamil

 

4. Hindari pikiran negatif

Saat moms merasa tertekan dan patah semangat, cobalah untuk menyingkirkan pikiran negatif yang dapat membuat moms semakin bersedih. Moms harus tetap optimis dan bersemangat, oleh karena itu cobalah selalu berpikir positif.

Dengan berpikiran positif, stres berkurang, rasa percaya diri meningkat, fokus bertambah dan hidup kita pun menjadi lebih bahagia.

5.Gunakan quote pembangkit semangat

Quote pembangkit semangat dapat digambarkan sebagai semacam mantra dalam mengatasi stres. Coba deh moms temukan quote favorit yang bisa moms jadikan mantra untuk membangkitkan semangat.

Ketika moms merasa gelisah atau stress, katakan mantranya. Kata-katanya tidak harus terlalu panjang, moms bisa juga menggunakan frasa-frasa singat seperti “Aku harus semangat” atau ‘aku pasti bisa”

6. Lakukan olah raga ringan.

Ya, olah raga telah terbukti keampuhannya dalam menurunkan ketegangan dan mengatasi stres. Telah banyak penelitian yang menyatakan bahwa olah raga dapat meningkatkan mood dan mendorong aktiftas otak ke arah yang positif.

Bagi moms yang sedang berusaha untuk hamil, moms disarankan untuk melakukan olahraga ringan seperti yoga, berjalan atau lari santai didalam atau luar ruangan, berenang atau senam singkat.

Melakukan aktifitas fisik yang berlebihan dapat mempengaruhi kesuburan tapi olahraga ringan tak akan merugikan moms. Bahkan senam ketika hamil pun disarankan moms, karena banyak manfaatnya.

7. Sediakan waktu untuk “me time”

Bagi moms yang aktif dan begitu sibuk melakukan banyak kegiatan, try to take a break dan sediakan waktu untuk menyenangkan diri sendiri.

Menurut penelitian, membaca, mendengarkan musik, berendam dengan rempah-rempah beraroma terapi, atau sekedar bersantai dengan segelas teh hijau hangat dapat meredakan ketegangan akibat stres. Luangkan waktu dan lakukan setidaknya satu kegiatan yang dapat membantu moms untuk menjadi tenang dan rileks.

8. Bersenang-senang bersama pasangan

mengatasi stres sumber gambar: nerang.subconciouspsychology.com.au

Coba moms ingat-ingat lagi masa saat pacaran dahulu, menyenangkan kan?, Nah cobalah ciptakan masa-masa seperti itu lagi. Lakukan hal-hal yang menyenangkan bersama, pergi piknik, makan di luar, nonton ke bioskop atau masak bersama.

Selain sangat membantu dalam mengatasi stres, quality time dengan pasangan juga meningkatkan keintiman yang pastinya akan sangat mendukung usaha moms untuk segera punya baby.

Ya, sejumlah alasan menjadi penyebab pasangan baru sulit untuk mendapatkan anak pertama, kualitas hubungan intim adalah salah satunya. Dengan menjaga  kualitas hubungan emosi dengan pasangan, maka aktifitas di tempat tidur juga akan lebih menyenangkan.

Reply

2 × 2 =