Hindari Seperti 7/10 Moms Yang Tidak Mengetahui Perkembangan Janin dari Bulan ke Bulan

Para ibu hamil tentu senang jika mengetahui secara detail tentang kondisi perkembangan Janin dari bulan ke bulan

Dari hasil penelitian, 7 dari 10 Moms tidak mengetahui secara detail apa yang terjadi dengan Perkembangan Janin dari bulan ke bulan.

Meski dapat melihatnya dari alat USG setiap kali Moms melakukan pengecekan kandungan, Moms terkadang bingung karena tidak bisa mengetahui dengan detail atau gambaran langsung perkembangan Janin dari bulan ke bulan yang sedang berlangsung.

Artikel ini kami tulis agar Moms bisa mendapatkan Informasi agar lebih memahami kondisi perkembangan janin yang sedang terjadi di dalam rahimnya.

Berikut perkembangan tubuh janin serta bentuknya dari bulan ke bulan:

Bulan Pertama Kehamilan

Mingu pertama,pembuahan sel telur oleh sperma, berlangsung pertukaran kromosom dari sel sperma dan sel telur yang mengandung gen janin. Kadar hormon estrogen dan progesteron ibu terus meningkat menimbulkan perubahan dalam metabolisme tubuh untuk mendukung perkembangan janin.

Dalam perjalanannya menuju rahim, sel telur terus membelah diri menjadi suatu massa selyang disebut blastosis, kemudian implantasi ke dinding rahim dan akibatnya Ibu tidak mendapat haid.

Bulan Kedua Kehamilan

Bayi mulai berkembang dan wajahnya mulai terbentuk. Bakal telinga mulai tampak lipatan pada kanan dan kiri kepalanya. Tampak calon lengan, kaki, dan jari-jemarinya sementara sistem syaraf pusat atau otak, syaraf tulang belakang serta saluran pencernaan juga mulai terbentuk.

Ukuran bayi sekarang kira-kira sebesar biji apel dan di sebut sebagai embrio. Detak jantung, plasenta dan tali pusat sudah bekerja sepenuhnya minggu ini. Sistem saraf mulai berkembang, sel-sel mulai membentuk cikal bakal organ seperti bakal ginjal, rahang bawah, tulang.

Perkembangan Tubuh Janin 1

Bulan Ketiga Kehamilan

Organ-organ bayi mulai terbentuk dengan sempurna yaitu tangan, jari tangan, kaki, kaki dan mulut. Pada akhir bulan ketiga, usia 14 minggu bayi sudah memiliki kemampuan menghisap jempol. Langit-langit mulut terbentuk dan pipi janin terlihat.

Bayi laki-laki sudah terbentuk prostat sedangkan bayi perempuan sudah terbentuk ovarium.Janin bisa jadi mengalami cegukan meski belum dapat dirasakan ibu. Ini pertanda janin sedang latihan bernapas.

Bulan Keempat Kehamilan

Perkembangan tubuh janin sudah menyerupai bayi meskipun ukuran belum proporsional, kepala masih sangat besar, sedangkan anggota tubuh, kaki dan tangan masih kecil. Organ telinga dan mata yang sebelumnya tidak pada posisinya, sudah di posisi yang tepat.

Mata terbentuk semakin baik dan tulang juga semakin padat. Janin sudah bergerak, menghisap jari, menguap, menggeliat, bahkan membuat ekspresi wajah. Panjang Janin16-25 cm. Berat janin 180-400 gram pada bulan ini.

Bulan Kelima Kehamilan

Perkembangan tubuh Janin sudah memiliki indra yang sensitif dan aktif. Berat janin dari awal bulan kelima hingga akhir adalah 485-890 g. sedangkan panjang janin dari Kulit janin juga memiliki syaraf yang peka terhadap rangsangan. 27,5-32,5 cm. Janin pada usia ini dapat merespon suara. Mata janin sudah mulai berkembang bersamaan perkembangan organ dalam dan indranya.

Janin telah memiliki lemak yang akan melindungi dan menjaga temperatur tubuh. Organ ginjal sudah terbentuk sehingga janin menghasilkan urine. Vagina bayi wanita telah terbentuk, selanjutnya terus berkembang hingga kelahiran.

Bayi mendapatkan oksigen dari ibu lewat plasenta. Paru-paru memang belum berfungsi dengan sempurna, namun bayi mulai berlatih bernapas untuk mempersiapkan diri hidup di luar rahim nanti.

Bulan Keenam Kehamilan

Berat janin mencapai sekitar 600 g dengan panjang 24 cm. kulit janin yang sebelumnya keriput kini sudah mulai halus dan menjadi lebih tebal dari sebelumnya. Kepala mulai ditumbuhi rambut. Janin sudah rutin mengeluarkan urin yang tersalur ke air ketuban. Panca indra semakin berkembang, dan penglihatan janin sudah merespon terhadap cahaya dari luar. Paru-paru mulai terbentuk semakin bagus.

Perkembangan Tubuh JaninPerkembangan Tubuh Janin 2

Bulan Ketujuh Kehamilan

Fungsi otak janin berkembang dengan sangat pesat. Permukaan otak berkerut-kerut yang berguna bagi perkembangan selanjutnya. Sel-sel syaraf akan dilapisi oleh lapisan lemak yang membuat proses penyampaian rangsangan dari ujung-ujung sel syaraf menjadi lebih cepat, mudah,dan lebih efisien.

Otak manusia akan mengalami masa keemasan pada saat janin berusia 7 bulan dalam kandungan hingga berusia 5 tahun.Masa ini merupakan masa vital perkembangan paru-paru bayi.

Bulan Kedelapan Kehamilan

Panjang janin sekitar 45-50 cm dan beratnya mulai dari 2 kg.Kuku jari tangan mulai tumbuh. Kelopak mata telah dapat membuka atau menutup, dan ditumbuhi bulu mata. Oksigen yang dibutuhkan janin disuplai oleh ibu, karena belum mampu bernafas secara sempurna.

Perkembangan otak terus pesat, dan fungsi otak dalam menghantarkan rangsangan syarafnya semakin baik. Pada bulan ini aktivitas janin sudah mulai menyesuaikan aktivitas ibunya.

Bulan Kesembilan Kehamilan

Kulit janin serta jaringannya sudah terbentuk sempurna. Otak janin sudah berkembang dengan pesat, berbagai macam sel syarafnya telah berkembang di otak janin. Janin sudah mempunyai antibodi yang sempurna. Kepala janin sudah masuk ke dalam lubang panggul sehingga posisi janin tidak akan berubah-ubah lagi.

Kepala janin sudah ditumbuhi rambut secara sempurna. Janin memiliki 5 lempengan tulang dan pembentukan tengkorak. Tengkorak janin belum mengalami pengerasan, dan di kepala masih ada ruang pemisah. Ruang pemisah inilah yang memungkinkan kepala janin nantinya mengalami pengerutan ketika melewati jalan lahir.

Demikian Perkembangan Janin dari bulan ke bulan, semoga Moms dapat memiliki gambaran jelas sekarang kira2 pertumbuhan sang buah hati sudah sampai dimana saat ini.

Saat masih di dalam kandungan janin ternyata sudah dapat di ajak berkomunikasi lho moms. Komunikasi antara ibu dengan janin akan berdampak positif baik untuk sang janin maupun sang ibu dan Begini Cara Mudah Komunikasi antara Ibu dengan Janin dalam Kandungan

 

Reply

three × three =