Perubahan Fisik Dan Hal Yang Dilakukan Ketika Memasuki Kehamilan Trimester Kedua

Kehamilan Trimester Kedua Akan Menyebabkan Perubahan Fisik 

Apa Saja Perubahan Kehamilan Trimester Kedua dan Bagaimana Moms Mesti Menyikapinya ?

Kehamilan Trisemester Kedua terjadi antara minggu ke-14 sampai ke-28 (hamil 4, 5, 6 bulan) adalah masa masa yang sangat menyenangkan, karena  mual-mual sudah jauh berkurang,emosi lebih stabil, dan gairah seks kembali normal. Pada masa ini juga moms mulai merasakan aksi gerakan pertama bayi lho moms moms.

Pada kehamilan trimester kedua (hamil 4, 5, 6 bulan) ini moms akan merasakan hal hal berkut ini :

Mual Mereda

Pada kehamilan trisemester kedua, kebanyakan calon moms, sudah tidak mengidam lagi. Namun, bila moms masih merasa mual-mual juga,berkonsultasilah pada dokter Anda .

Di masa ini juga, perut moms akan merasakan sensasi tidak nyaman versi baru, yaitu nyeri perut. Hal ini terjadi akibat membesarnya rahim Anda dan peregangan di sekitar ligamen(jaringan penghubung antar tulang).

Kaki Mulai Membengkak

Kaki akan membengkak dan cepat merasa lelah, terutama setelah usia kehamilan 20 minggu. Hal ini akibat tertekannya pembuluh darah oleh pembesaran rahim.

Tekanan ini memperlambat peredaran darah pada kaki, sehingga berdiri atau duduk lama-lama akan membuat masalah. Kecuali kaki jadi cepat lelah, terjadi pula pembengkakan pergelangan kaki dan telapak kaki, terutama sesudah berdiri berlama-lama. Pada keadaan ringan, kaki bengkak dapat diatasi saat tidur posisi kaki lebih tinggi.

 

Sesak Napas

Kini, bahkan aktivitas yang biasa-biasa saja atau agak membosankan, seperti berjalan ke kamar mandi, bisa membuat napas moms terengah-engah.

Hal ini umum terjadi. Membesarnya rahim membuat paru-paru jadi terdesak naik, sehingga sulit bagi udara untuk keluar dan masuk secara bebas. Tetapi, jika gangguan napas moms ini makin meningkat,segera temui dokter.

 

Perubahan Payudara 

Payudara akan makin membesar, juga terasa nyeri karena adanya timbunan air dan garam yang mendesak saraf sensoris.

Selain itu, pembuluh darah juga makin tampak sehingga terlihat semakin hitam di daerah aerola. Puting susu juga makin menonjol. Sementara payudara makin membesar, ibu hamil tentu harus menggunakan bra yang lebih besar dan lebih kuat menyangga.

 

Perubahan Emosi

Meskipun kerja hormon masih belum cukup stabil, tubuh moms sudah menyesuaikan diri selama 3 bulan, sehingga moms mungkin saja tidak sesensitif sebelumnya.

Di sisi lain, karena perubahan bentuk tubuh, moms justru khawatir terhadap efek jangka panjang kehamilan terhadap tubuh moms. Untuk mengatasi perasaan ini, sebaiknya:

  • Belilah pakaian yang ‘lucu’ (model baju hamil sekarang sudah banyak yang modis dan trendi).
  • Manjakan diri dengan berbagai hal yang bisa mempercantik penampilan Anda, seperti manikur agar kuku selalu sehat dan terawat, potong rambut, ke spa, dan masih banyak lagi.
  • Nikmati saja perasaan bahagia yang tengah Anda rasakan day by day.

 

Baca Juga: Fakta!. Usia 5 Bulan Janin Mulai Gerak, Menendang dan Meninju dalam Perut Moms

 

Mimpi Buruk

Semakin dekat persalinan, moms mulai memikirkan persalinan da membuat moms jadi stress dan sering bermimpi yang aneh-aneh, mimpi yang paling sering muncul pada trimester ini adalah melahirkan bayi .

Tak perlu panik bila moms terbangun dengan keringat dingin bercucuran. Wajar-wajar saja jika moms merasa super cemas menjelang melahirkan.

 

Gairah Seks Meningkat

Selama hamil bulan ke-4 atau hamil bulan ke-5, tiba-tiba moms merasa sangat seksi.

Di kehamilan trimester kedua (hamil 4, 5, 6 bulan), tubuh moms memang menghasilkan lebih banyak hormon estrogen ( adalah sekelompok senyawa steroid yang berfungsi terutama sebagai hormon seks wanita ) . Setiap harinya, indung telur wanita hamil menghasilkan estrogen setara dengan estrogen dari wanita tidak hamil selama 3 tahun

 

Lakukan Ini Yuk Moms :

Perbanyak Olahraga

Bila rasa mual dan kelelahan membuat moms terpaksa meninggalkan rutinitas olahraga di trimester pertama kehamilan, kini saatnya untuk kembali berolahraga. Olahraga seperti apa yang cocok yah moms?

Tidak perlu khawatir moms , berikut cosmomom akan meberikan olahraga yang cocok untuk ibu hamil :

  • Senam Kegel. Bisa memudahkan proses melahirkan dan mengurangi risiko tidak bisa menahan buang air kecil atau besar setelah melahirkan.

Caranya, kontraksikan (kencangkan dan kendurkan) otot-otot vagina, seolah-olah moms sedang menahan keluarnya urin, Tahan dan ulangi.

  • Yoga

Gerakan yoga ini khusus dirancang dan disesuaikan dengan perubahan tubuh moms

  • Berenang , Ini termasuk olahraga low-impact.

Ringannya beban tubuh moms saat terapung membuat kaki bisa sedikit istirahat dan tak perlu bekerja ekstra keras menopang tubuh.

  • Jalan kaki.

Sekalipun moms ‘hanya’ berjalan kaki keliling kompleks, aliran darah bisa lebih lancar.

Oh ya, Moms juga bisa tahu lebih lanjut apa yang terjadi pada janin ketika hamil 5 bulan loh.

Reply

5 + four =