Perubahan Gaya Hidup yang Seperti ini Bisa Membantu Meningkatkan Kesuburan Moms

Kadang-kadang kita berpikir kalau kesuburan adalah sesuatu yang sudah ditakdirkan (dari sananya sudah begitu) dan tak bisa diubah.

Seolah-olah beberapa perempuan beruntung dianugerahi kondisi kesuburan yang sangat baik sedang beberapa lainnya kurang begitu baik.

Padahal kesuburan juga ditentukan oleh gaya hidup kita sehari-hari moms. Untuk bisa hamil, moms juga harus mempersiapkan tubuh moms untuk kehamilan.

Gaya hidup yang lebih baik akan meningkatkan kesuburan moms, sehingga keinginan untuk segera hamil bisa tercapai. Berikut ini daftar penting gaya hidup baru yang moms harus lakukan untuk mendorong kesuburan moms agar moms bisa segera hamil.

1. Menerapkan pola makan sehat

Sangat penting untuk menutrisi tubuh dalam rangka mempersiapkan kandungan yang sehat. Nutrisi yang baik untuk kesehatan tentunya juga sangat baik untuk masa pembuahan dan kehamilan. Coba moms mulai untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seperti biji-bijian serta buah dan sayur warna warni setiap hari.

Tubuh juga memerlukan makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 yang merupakan komponen menyusun membran sel. Konsumsi ikan salmon satu hingga dua kali seminggu atau telur terfortifikasi dengan DHA (asam lemak yang ditemukan dalam minyak ikan dan merupakan komponen penting dalam jaringan otak) merupakan cara terbaik untuk mendapatkan asupan omega-3.

Perlu diperhatikan juga moms, untuk meningkatkan kesuburan, penting untuk menghindari lemak trans dan cobalah untuk mendapatkan lebih bnayak protein nabati daripada protein hewani.


Cara Cepat Hamil

 

2. Mengontrol berat badan untuk dapat hamil

Terlalu gemuk dan terlalu kurus dapat memberikan pengaruh negatif pada kesuburan seorang wanita. Wanita yang berat badannya dibawah rata-rata yang disarankan berdasarkan perhitungan BMI (Body Mass Index – Indeks masa tubuh), membutuhkan waktu empat kali lebih lama daripada wanita dengan berat badan normal.

Begitu juga dengan wanita yang overwheight. Wanita dengan bobot tubuh diatas rata-rata memiliki kemungkinan mengalami resistensi insulin, yang berarti bahwa kadar insulin yang beredar dalam tubuh terlalu tinggi, sehingga mengganggu siklus menstruasi. Produksi hormon estrogen dari sel lemak juga dapat mempengaruhi ovarium dan menghambat pertumbuhan sel telur.

Bagi moms yang terlalu kurus, cobalah untuk menaikkan bobot badan 2-3 kg, sedangkan kalau moms terlalu gemuk, berusahalah untuk menurunkan 5-10 % berat badan dari bobot tubuh moms sekarang. Penyesuaian berat badan tersebut dimaksudkan untuk mendorong terjadinya proses ovulasi dan melancarkan siklus menstruasi.

3. Mengkonsumsi Suplemen

Ketika berencana untuk hamil, moms harus mulai untuk mengkonsumsi multivitamin harian atau vitamin prakehamilan yang mengandung asam folat sejak dini.

Pada minggu-minggu awal kehamilan, bahkan ketika moms mungkin belum sadar bahwa moms sudah hamil, tabung saraf embrio (cikal bakal otak dant tulang belakang) tengah berkembang. Mengkonsumsi suplemen yang mengandung asam folat akan dapat mengurangi resiko bayi cacat.

Dapatkan Blackmores Folate Supplement  di blibli.com

Dapatkan Blackmore Concieve Well Gold di blibli.com

4. Kurangi asupan Kafein dan Alkohol

Dampak kafein pada kesuburan merupakan salah satu isu yang masih diperbincangkan. Penelitian terhadap hubungan antara kafein dengan kehamilan saat ini masih berlangsung, namun para ahli sepakat bahwa kesuburan moms tidak akan terpengaruh jika asupan kafein moms dibatasi hingga kurang dari 200 mg perhari (jumlah yang terkandung dalan satu hingga dua cangkir kopi).

Konsumsi alkohol sebaiknya dihentikan pada masa kehamilan. Konsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebih memiliki kaitan dengan kasus anovulasi (kondisi ketiadaan ovulasi), amenore (kondisi ketiadaan menstruasi) dan kelainan pada lapisan endometrium.

Alkohol juga dapat mengubah kadar hormon estrogen dan progesteron. Sesekali mengkonsumsi segelas anggur mungkin tidak akan mempengaruhi kesuburan moms. Namun, para ahli berpikir bahwa menghentikan konsumsi alkohol adalah keputusan terbaik kalau moms benar-benar ingin mencoba untuk bisa hamil.

5. Menghindari Stres

Sangat penting bagi moms untuk mengelola stres. Stress dapat meningkatkan kadar kortisol (sebutan untuk hormon stres), yang selama sementara dapat menghambat sistem reproduksi moms. Dan tentu saja, stres dapat mempengaruhi hubungan moms dengan dengan pasangan, membuat lebih sulit bagi moms dan pasangan untuk bisa intim.

Bagi beberapa wanita, melakukan yoga dan meditasi dapat membantu mengurangi kecemasan dan ketegangan akibat stres. Beberapa lainnya mungkin membutuhkan bantuan profesional untuk mengelola stres.

6. Hilangkan kebiasaan Merokok

Wanita yang merokok mengalami menopause 2 tahun lebih awal dari wanita yang tidak merokok. Dari fakta tersebut dapat disimpulkan bahwa rokok merupakan racun bagi sistem reproduksi. Merokok juga berkaitan erat dengan peningkatan resiko keguguran, dan wanita yang merokok lebih rentan terhadap kehamilan etopik (kehamilan yang berkembang diluar rahim).

Jika pasangan anda juga merokok, maka inilah waktu yang tepat baginya untuk berhenti merokok juga. Bukan hanya karena bahaya paparan asap rokok bagi perokok pasif. Agar anda bisa segera hami, Pasangan anda juga harus menjaga kualitas spermanya. merokok diketahui dapat menurunkan jumlah dan kualitas sperma. Jadi jika moms ingin hamil dan memiliki kehamilan yang sehat serta melahirkan bayi yang sehat, anda dan pasangan harus berhenti merokok secepatnya.

 

 

 

 

Reply

17 + 16 =