Simak Perubahan Yang Terjadi Saat Moms Hamil 5 Bulan

Selamat datang di bulan kelima kehamilan Moms. Saat Moms Hamil 5 Bulan mulai terjadi perubahan penampilan hamil Moms. Moms akan memasuki Trimester kedua. Moms juga harus melakukan pemindaian ultrasound pertama Moms sekarang.

Dan kali ini Cosmomom akan Menjelaskan Perubahan Yang Terjadi Saat Moms Hamil 5 Bulan dari perubahan tubuh, dan tindakan pencegahan yang harus Moms lakukan, langsung saja kita simak artikel berikut ini :

Apa Yang Terjadi Pada Bulan Kelima Kehamilan?

Bayi Moms mengalami lonjakan pertumbuhan yang besar pada Bulan kelima Kehamilan, dan perut Moms akan  membesar lebih cepat.

Moms hampir setengah jalan menuju kehamilan, harus bersiap menghadapi perubahan baru. Berikut adalah beberapa perubahan tubuh yang signifikan yang terjadi pada tubuh Moms :

1. Perubahan gravitasi akibat pertumbuhan perut

Benjolan Moms tumbuh dan berat ekstra akan memberi tekanan pada punggung Moms. Pusat gravitasi Moms berubah dan Moms perlu secara sadar mempertahankan postur tubuh yang baik untuk menghindari ketegangan otot di bagian belakang.

2. Saraf skiatik bertekanan

Saraf akasia Moms akan mulai merasakan tekanan. Saraf berjalan dari tulang belakang Moms, melalui bokong Moms sampai ke kaki Moms.

Meningkatnya berat bayi di dalam rahim akan terkompres terhadap saraf ini, menyebabkan ketidaknyamanan. Kini saat pengaturan tidur yang nyaman menjadi suatu keharusan.

3. Berat perut

Moms akan merasa sangat lega memakai korset kehamilan untuk menopang berat perut Moms. Jangan malu untuk menggunakannya, jika diperlukan.

4. Pigmentasi

Beberapa wanita mengalami pigmentasi karena lonjakan hormonal, yang juga akan mempengaruhi penglihatan Moms. Namun, perubahan ini bersifat sementara.

5. Peningkatan ukuran payudara yang cukup besar

Payudara Moms akan membengkak jauh, meningkat dalam ukuran, dan Moms mungkin harus membeli bra prenatal untuk menambah kenyamanan.

6. Perubahan pada kulit perut

Kulit di sekitar perut akan meregang dan mengencangkan, membuat Moms merasa gatal. Moms bisa menggunakan pelembab ringan, yang bisa melembabkan kulit Moms dan meringankan gatal. Tapi pastikan Moms memeriksakan diri ke dokter sebelum menggunakan produk apapun.

7. Striae pada kehamilan

Stretch marks biasanya terjadi pada bulan kelima, saat kulit membentang. Garis putih, merah, atau ungu tampak pada payudara, perut, bokong, paha, dan lengan atas karena bagian ini rentan terhadap ekspansi. Stretch marks seharusnya tidak menjadi masalah karena mereka mengurangi kehamilan.

8. Varises (spider veins)

Tanda halus muncul pada bagian kaki bagian bawah karena peningkatan volume dan tekanan darah. Kelebihan kolam darah di pembuluh darah menyebabkan garis biru atau merah. Menjaga kaki Moms tetap tinggi, beristirahat ke arah kiri, memakai kaus kaki yang mendukung, dan berjalan teratur akan membantu meredakan nyeri kaki dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh varises.

Itulah beberapa perubahan yang terjadi pada Moms saat memasuki bulan kelima kehamilan. Ternyata saat memasuki bulan kelima kehamilan banyak perubahan yang terjadi yah Moms.

Beberapa Fakta Yang Menakjubkan Saat Moms Hamil 5 Bulan.

Selain perubahan fisik pada Moms ternyata saat Moms Hamil 5 Bulan ada beberapa fakta yang terjadi pada moms, dan Cosmomom akan membahas beberapa fakta yang terjadi pada kehamilan Moms memasuki bulan kelima :

1. Pergerakan Janin Mulai Aktif

Ketika umur kehamilan Moms 4-5 bulan atau sekitar 17-22 minggu, Moms akan sering merasakan pergerakan dalam perut Moms.

Pergerakan halus yang dilakukan janin kadang tidak akan terasa oleh anda namun jika Moms sedang dalam luapan emosi, janin pun akan ikut bergerak seakan terhubung dengan Moms.

Gerakan janin pada usia kehamilan memasuki 5 bulan akan terasa lebih kuat ketika umur kehamilan semakin lama. pada saat janin berumur 5 bulan inilah dimana janin mulai aktif bergerak dan pergerakannya bisa sampai 200 gerakan perharinya.

2. Tubuh Moms Mulai Terasa Nyaman dengan Kehamilan

Seiring dengan perkembangan janin yang mulai bergerak di umur 5 bulan masa kehamilan, Moms pun akan merasa lebih nyaman dalam masa kehamilan Moms.

Beberapa keluhan seputar kesehatan dan nafsu makan Moms akan terasa normal kembali diiringi dengan perubahan fisik pada tubuh Moms yang akan terlihat sangat jelas.

Nikmatilah masa-masa ini dengan beristirahat dan jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan bergizi untuk mendukung perkembangan janin anda.

3. Dapat Mengetahui Jenis Kelamin Bayi

Mengetahui jenis kelamin bayi adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh Moms. Pada masa kehamilan berumur 5 bulan anda sudah bisa mengetahui jenis kelamin bayi anda dengan melakukan pemeriksaan USG.

Perkembangan janin 5 bulan sudah bisa membentuk jenis kelamin mereka bahkan beberapa tubuh janin sudah mulai terlihat sempurna namun dalam bentuk yang lebih kecil. Beberapa anggota tubuh si kecil seperti jari tangan dan kaki bayi juga sudah terbentuk sempurna.

4. Janin Sudah Bisa Mendengar

Pada saat masa perkembangan janin 5 bulan, janin mulai merasakan fungsi pada beberapa indra mereka. Janin 5 bulan mulai memiliki kepekaan pada alat pendengarannya.

Untuk itu mereka sering merespon apapun yang mereka dengar dari rahim Moms dengan bergerak meronta-ronta. Janin 5 bulan pun bisa mendengar ritme detak jantung mereka maupun beberapa suara dari organ tubuh Moms.

Melakukan interaksi dengannya di masa kehamilan 5 bulan bisa memperkenalkannya dengan suara orang-orang disekitar Moms loh. Memperdengarkan musik lembut juga bisa dilakukan untuk menciptakan mood yang baik pada janin Moms.

5. Janin Memiliki Rangsangan Terhadap Cahaya

Selain masa kehamilan pada janin 5 bulan yang sudah bisa mendengarkan hal-hal di sekitar rahim dan juga di sekitar Moms, mereka juga mulai merasakan rangsangan cahaya yang berasal dari luar perut Moms.

Untuk membuktikannya Moms bisa mencoba menyoroti kandungan dengan senter. Bayi dalam kandungan akan meresponnya dengan bergerak-gerak lebih kuat sebagai reaksi mereka saat melihat cahaya dari dalam rahim. Sangat menakjubkan bukan?

6. Moms Akan Rentan Terkena Anemia

Di masa kehamilan ini, Moms mungkin akan cepat merasa lemas dan juga pusing jika banyak melakukan aktivitas, hal ini karena jumlah darah yang teralih pada janin.

Perkembangan darah dalam janin meningkat sangat tajam untuk keperluan perkembangan otak, kulit dan juga saraf-saraf tubuhnya.

Untuk menghindari anemia Moms disarankan untuk mengkonsumsi makananan yang mengandung zat besi tinggi baik dari sayuran maupun daging.

Moms juga dapat mengkonsumsi suplemen untuk menghindari anemia tentunya dengan petunjuk dan saran dari dokter kandungan.

7. Rambut dan Alis Bayi Mulai Tumbuh

Keistimewaan lainnya dari perkembangan janin 5 bulan adalah mulai tumbuhnya rambut dan alis pada bayi. Seiring dengan perkembangan kulit pada bagian epidermis dan dermis juga mendukung terbentuknya rambut dan alis di bagian luar kulit bayi.

Namun rambut pada bayi ini hanya bersifat sementara. Dua minggu seteleh kelahiran bayi, rambut-rambut ini akan rontok dengan sendirinya dan akan ditumbuhi dengan rambut permanen.

8. Sering Terjadi Peregangan Pada Perut Moms

Karena janin aktif bergerak pada umur kehamilan memasuki 5 bulan akan diikuti dengan pertumbuhan yang pesat dan membuat ligamen-ligamen meregang saat terjadi pergerakan mendadak.

Terkadang hal ini menimbulkan rasa keram di bagian perut Moms, seperti rasa nyeri atau tidak nyaman pada perut yang juga disebut nyeri ligamen rotundum.

Untuk itu Moms perlu menjaga tubuh Moms dan jangan terlalu sering melakukan gerakan mendadak yang bisa menimbulkan peragangan pada bagian perut.

9. Janin Bisa Menghisap Jempol

Perkembangan janin 5 bulan bukan hanya berkembang pada bagian fisiknya saja, namun juga bagian organ vital dalamnya, salah satunya adalah otak.

Otak pada janin yang berusia 5 bulan akan mengalami perkembangan yang sangat pesat mencapai jutaan motorik otak yang tumbuh.

Hal ini bisa ditandai dengan respon naluriah bayi yang bisa menghisap jempolnya sebagai bentuk penenangan diri ketika mendapat respon yang baru ia kenali dari luar. Sangat menakjubkan bukan? Perkiraan berat badan janin 5 bulan adalah sekitar 200 gram.

10. Ibu Perlu Menghindari Stress

Biasanya ketika sedang hamil Moms akan mengalami perubahan psikis sebagai bentuk pelepasan hormon kehamilan. Terkadang Moms menjadi lebih sering kesal atau marah pada hal yang sangat sepele.

Namun perlu Moms ketahui bahwa perubahan detak jantung ketika Moms sedang emosi akan terdengar dan terasa oleh janin dalam kandungan anda.

Efeknya janin dalam kandungan Moms akan ikut terbawa suasana emosi Moms. Untuk itu perlunya mengontrol diri Moms untuk menjaga mood bayi agar tetap tenang.

Moms itulah beberapa fakta menakjubkan yang terjadi pada moms saat memasuki bulan kelima kehamilah atau trimester kedua. Sangat Menakjubkan bukan Moms?

Tanda Dan Gejala Saat Moms Hamil 5 Bulan.

Gejala di bawah ini bisa menjadi sesuatu yang merepotkan bagi Moms. Apa Sajakah Gejalanya? Simak berikut ini :

  • Kelelahan
  • Sakit punggung
  • Sakit kepala
  • Kuku rapuh
  • Gusi berdarah
  • Meningkatnya nafsu makan   
  • Sesak napas
  • Kelinglungan
  • Keputihan putih
  • Kaki dan pergelangan kaki bengkak
  • Sembelit, dan mulas
  • Pusing
  • Kemacetan hidung dan pendarahan hidung
  • Telapak tangan bisa mengembangkan garis merah
  • Mood tidak stabil

Moms mungkin juga mengalami ketakutan aneh untuk menjadi orang tua, dan ini sangat normal. Tapi, sisi positif dari semua perubahan yang menyebalkan ini adalah Moms sekarang dapat mengukur perut Moms yang tumbuh perlahan dan melihat seberapa besar bayi pada usia 5 bulan.

Seperti Apakah Ukuran Janin Pada Perut Moms Saat Hamil 5 Bulan?

Saat Moms Hamil 5 Bulan, Perut moms menyerupai ukuran bola. Pada akhir bulan, bayi akan berusia delapan sampai dua belas inci, dengan berat badan bayi normal menjadi satu setengah pon.

Bayi Moms mengalami lonjakan pertumbuhan saat Hamil 5 Bulan, dan perut Anda membentang untuk menampungnya.

Sekarang mari kita ceritakan tentang perubahan yang dialami bayi di rahim. Mengetahui hal ini akan membantu Moms memahami laporan pemindaian Moms selanjutnya.

Perkembangan Janin Selama Lima Bulan Didalam Rahim

Ini adalah bagian yang paling menarik karena bayi Moms akan mengalami perkembangan yang pesat dan hampir mendekati ukurannya saat lahir, Beberapa perubahan tersebut adalah :

  • Berat badan bayi Moms dua kali lipat dalam dua minggu terakhir bulan kelima.
  • Pembuluh darah akan terlihat di dalam kulit tembus pandang bayi Moms.
  • Kaki akan tidak proporsional dengan bagian tubuh lainnya, karena kaki akan lebih panjang dari pada lengan dan dilipat pada lutut dan pergelangan kaki.
  • Osifikasi tulang akan berlanjut dengan kalsium yang tersimpan secara teratur pada mereka.
  • Sistem reproduksi bayi Moms sekarang pasti berkembang. Jika itu seorang Wanita, dia akan memiliki ovarium yang mengandung sebanyak tiga juta telur, yang merupakan persediaan seumur hidup. Jika bayinya Laki-laki, testisnya masih duduk tegak di perut.
  • Puting susu akan lebih menonjol di dada bayi Moms.
  • Gigi utama dan sulur bayi Moms akan terbentuk di gusi. Fluorida yang akan Moms konsumsi melalui air setiap hari akan membantu meningkatkan perkembangan enamel gigi.
  • Bayi Moms sekarang memiliki sidik jari yang unik.
  • Ginjal berfungsi penuh pada akhir bulan kelima. Bayi Moms juga akan memproduksi urin yang membentuk bagian yang adil dari cairan amnion.
  • Kulit bayi Moms akan ditutupi vernix caseosa, zat berminyak putih, yang melindungi kulit bayi begitu bayi lahir.
  • Sistem endokrin dan saraf mulai berfungsi dan mengendalikan perkembangan tubuh.
  • Fungsi otak memperbaiki dan melakukan fungsi yang rumit.
  • Bayi Moms sekarang sepenuhnya ekspresif, bisa meregangkan, menguap, dan membuat wajah imut.
  • Bayi akan merespons suara Moms, suara dapat terdengar, detak jantung, dan musik yang didengarkan oleh Moms.
  • Berbicara dengan bayi Moms dari titik ini dapat membantu mereka mengenali suara yang familiar setelah lahir.

Seperti disebutkan sebelumnya, penting bagi Moms untuk mengetahui perubahan ini. Ini akan membuat Moms tetap mengikuti perkembangan perubahan dan Moms dapat mengatur rencana dan jadwal Konsultasi dengan Dokter kehamilan Moms.

Apa yang Dilakukan Saat Sedang Mengunjungi Dokter Kehamilan Moms?

Saat Moms Hamil 5 Bulan, Moms dapat Meminta Dokter Kehamilan Moms Melakukan Beberapa Pemerikasaan Seperti :     

  • Pemeriksaan abdomen     
  • Uji ukuran dan tinggi rahim     
  • Pemeriksaan tekanan darah
  • Pemeriksaan payudara dan kulit     
  • Pemeriksaan tangan bengkak, kaki, dan vena    
  • Pemeriksaan Detak jantung bayi     
  • Aktivitas janin – gerakannya dan bagaimana rasanya     
  • Moms akan diminta untuk Memeriksa gerakan yang terjadi pada janin    

Selain Itu Moms Akan di Test Kesehatan Seperti :     

  • Uji kadar darah dan kadar hemoglobin     
  • Tes urin untuk memeriksa kadar infeksi, gula, dan protein apa pun     
  • Uji toleransi glukosa, yang biasanya dilakukan pada akhir bulan ini    
  •  Uji coba tiga kali yang dikenal sebagai AFP (alps-fetoprotein), hCG, uji multiguna estriol untuk menyingkirkan patologi janin     
  • Cordocentesis untuk mendiagnosis kelainan kromosom dimana darah bayi ditarik. Hal ini dilakukan setelah kehamilan 18 minggu.

USG Pertama Saat Hamil 5 Bulan.

USG pertama dilakukan pada Moms Hamil 5 Bulan. Juga dikenal sebagai pemindaian anomali, pemindaian ultrasound rinci membantu Moms mengetahui usia kehamilan, kesehatan bayi, dan pemeriksaan untuk segala bentuk cacat.

Sungguh menakjubkan apabila mengetahui bahwa bayi Moms tumbuh dan berkembang tanpa masalah. Dokter Kehamilan Moms akan tahu jenis kelamin bayi sekarang.

Sementara tes dan prosedur akan memastikan bahwa tidak ada masalah dan kehamilan sedang berlayar dengan lancar, Moms harus berhati-hati

Berikut adalah video dari Board Certified OB-GYN, Dorothy Min, M.D. dari Downtown Women NYC. Hal ini dapat membantu Moms mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana perubahan dan pertumbuhan bayi Moms melalui bulan kelima kehamilan.

Itulah Beberapa perubahan yang terjadi saat Moms Hamil 5 Bulan atau Trimester Kedua, Semooga setelah membaca artikel ini Moms dapat mengikuti Perubahan Yang Terjadi pada Kehamilan Moms, Semoga Bermanfaat 🙂

Reply

four × three =