Sebelum minumkan obat, coba dulu Metode Aman dan Natural Sembuhkan Pilek Anak tanpa Obat

Kadang-kadang tak tega ya mom kalau melihat si kecil sedang batuk dan pilek, tapi memberikan obat bagi anak dibawah lima tahun memunculkan dilema tersendiri.

Selain yang disarankan oleh tenaga medis yang kredibel, obat-obatan kimiawi pastilah tidak disarankan untuk diberikan si kecil, khususnya yang masih dibawah 5 tahun.

Pilek mungkin menghampiri si kecil di musim penghujan seperti sekarang ini. Ketika si kecil sakit, moms bisa terlebih dulu mencoba meringankan sakit si kecil di rumah dengan cara-cara yang natural yang tentunya lebih aman daripada memberikan obat pada si kecil sebelum membawanya ke dokter anak.

Ini dia beberapa saran yang bisa moms lakukan di rumah untuk sembuhkan pilek anak tanpa obat

1. Meringankan batuk

Trik sembuhkan pilek anak tanpa obat yang paling utama adalah dengan melibatkan ASI. ASI merupakan “obat” terbaik untuk mempercepat kesembuhan si kecil, sebab dapat meningkatakan sistem imun buah hati moms.

Nah, kalau si kecil masih disusui, maka moms bisa coba tingkatkan asupan ASI si kecil untuk meredakan batuk-batuknya.

Cap Lang Minyak Kayu Putih Ekaliptus  bisa anda dapatkan di lazada.co.id

Moms juga bisa membalurkan minyak kayu putih di dada dan punggung si kecil, sehingga ia merasa hangat dan dapat membantu melegakan jalan peranapasannya. Atau moms juga bisa mencampur olive oil atau baby oil dengan essential oil seperti eucaliptus oil  untuk membuat homemade rubbing oil.

JBS Essential Oil for Cold & Flu untuk Bayi dan Anak bisa anda dapatkan di lazada.co.id

2. Meredakan hidung yang meler

Karena bayi belum bisa mengeluarkan ingus atau mucus yang ada didalam hidungnya ketika pilek, hal yang bisa moms lakukan adalah menyedotnya menggunakan alat sedot khusus untuk bayi.

Jika mukus pada baby terlalu kental, moms bisa teteskan sedikit asi ke hidung atau saline water, baru kemudian menyedot keluar mukusnya. Baby mungkin tidak terlalu menyukainya, tapi ini bisa sangat membantu meringankan hidungnya yang sedang meler.

Pigeon Nose Cleaner With Blister  bisa anda dapatkan di lazada.co.id

Pigeon Nose Cleaner Suck Type bisa anda dapatkan di lazada.co.id

3. Mengatasi hidung tersumbat

Moms bisa meredakan hidung si kecil yang tersumbat dengan memandikan si kecil dengan air hangat dan beberapa tetes essensial oil seperti eucaliptus oil. Setelah mandi balurkan Rubbing oil seperti minyak kayuputih atau minyak telon.

Eucalyptus Essential Oil 10 ml bisa anda dapatkan di lazada.co.id

Nyonya Meneer Minyak Telon 100ml – Isi 3 Botol  bisa anda dapatkan di lazada.co.id

Langkah lain yang bisa moms aplikasikan adalah dengan memasang humidifier di kamar si kecil yang bisa membantu meringankan batuk dan hidung tersumbat.

4. Menurunkan demam

Demam si kecil memang kerap kali membuat kita jadi was-was. Demam, adalah cara alami tubuh untuk memerangi infeksi virus penyakit.

Ketika si kecil sedang demam, ASI adalah solusi terbaik untuk mendukungnya melawan virus. Dan lagi pula memang penting untuk menjaga agar si kecil tetap terhidrasi saat demam. Moms juga bisa mengkompres dahi si kecil dengan air.

Bila demam si kecil mengkhawatirkan, moms perlu segera membawanya ke dokter. Demikian juga jika demam dialami oleh baby berusia dibawah tiga bulan.  Sebab demam pada bayi berusia tiga bulan ke bawah bisa menjadi pertanda atau gejala adanya infeksi virus yang serius yang perlu penanganan dari dokter.

 

5. Obati dengan madu

Untuk sembuhkan pilek anak tanpa obat, moms bisa gunakan madu. Berbagai penelitian telah banyak membuktikan bahwa madu murni membantu si kecil yang sedang sakit tidur lebih baik sehingga mempercepat proses pemulihan.

Madurasa Madu Murni [650 mL] bisa anda dapatkan di blibli.com

Madu tidak disarankan untuk diberikan baby usia dibawah satu tahun, tapi aman di konsumsi oleh anak usia 1 tahun keatas Cuku berikan setengah sendok teh madu pada anak usia 1- 5 tahun dan satu sendok teh untuk usia 6-11 tahun.

6. Berikan sup hangat

Untuk batita yang sudah lepas dari ASI, moms bisa memberikan mereka sup hangat. Sup hangat dapat membuat  mereka merasa nyaman dan hangat serta membantu meredakan radang.

 

Reply

4 × 5 =