8 Situasi ini Mewajibkan Moms Operasi Caesar

Bisa Bersalin Secara Normal Adalah Impian Setiap Ibu Hamil. Namun Memaksakan Persalinan Normal Justru Membahayakan Janin.

Ini Dia 8 Keadaan yang Mewajibkan Operasi Caesar Dilakukan.

Apakah Moms memimpikan dapat bersalin secara alami dan normal? Ya, bisa bersalin secara alami memang impian semua ibu hamil. Tapi sayangnya, tak semua keadaan memungkinkan ibu hamil untuk melakukan persalinan normal. Ada keadaan-keadaan tertentu yang membuat Moms harus merelakan operasi Caesar demi keselamatan si kecil.

Operasi Caesar tidak selamanya buruk kok Moms, justru kecanggihan teknologi saat ini membuat operasi ini tidak seseram dan semenyakitkan dahulu. Apa saja keadaan yang “mewajibkan” seseorang untuk operasi caesar?

1. Plasenta previa totalis

Yaitu keadaan dimana plasenta menutup semua jalan lahir sehingga bayi tidak bisa keluar dari jalan lahir secara normal. Jika plasenta hanya menutup sebagian jalan lahir, dokter bisa menyarankan untuk bersalin normal, namun jika sudah menutup semua, jangan ambil resiko Moms! Segeralah ambil keputusan untuk tindakan operasi.

2. Fetal distress

Fetal distress adalah keadaan dimana kondisi janin sudah menurun akibat kurangnya pasokan oksigen. Jangan buang waktu untuk mengijinkan dokter melakukan operasi Caesar.

3. Pre-eklampsia

Keadaan ini disebut dengan keracunan kehamilan dimana tekanan darah mendadak tinggi menjelang persalinan. Kondisi ini sangat berbahaya bagi bayi dan ibu hamil, maka dokter akan melakukan tindakan operasi sesegera mungkin.

 4. Panggul sempit

Meskipun berperut besar saat hamil, tak semua ibu hamil memiliki panggul yang cukup untuk jalan lahir. Sebelum melahirkan, dokter akan memeriksa ukuran panggul dan mempertimbangkan berat bayi yang akan lahir. Jika dirasa panggul terlalu sempit, dokter akan menyarankan untuk Caesar.

5. Rahim terancam sobek

Meskipunn berperut besar saat hamil, tak semua ibu hamil memiliki panggul yang cukup untuk jalan lahir. Sebelum melahirkan, dokter akan memeriksa ukuran panggul dan mempertimbangkan berat bayi yang akan lahir. Jika dirasa panggul terlalu sempit, dokter akan menyarankan untuk Caesar.


 

6. Janin kembar

Kehamilan kembar biasanya sudah diketahui sejak minggu ke delapan. Memang tak semua kondisi hamil kembar mewajibkan persalinan Caesar, namun jika sang ibu lemah kondisinya, dokter akan menyarankan untuk bersalin dengan tindakan operasi saja.

7. Riwayat bersalin Caesar

Tak semua riwayat Caesar harus berakhir dengan Caesar juga, namun kemungkinan untuk bersalin dengan Caesar lagi di kehamilan selanjutnya lebih besar.

8. Kelainan letak janin

Janin yang letaknya melintang atau sungsang akan menyulitkan bersalun secara normal. Dokter akan menyarankan untuk dilakukan tindakan Caesar atau vacuum untuk menyelamtkan sang janin.

Reply

two × one =