Soya Milk: Solusi Terbaik untuk Anak Lactose Intolerant

Tentu moms ingin selalu memastikan bahwa anak-anak moms menerima asupan nutrisi yang cukup setiap harinya.

Salah satunya lewat konsumsi susu. Tapi beberapa anak tidak bisa mengkonsumsi susu karena lactose intolerant.

Anak-anak dengan kondisi lactose intolerant tidak dapat mencerna laktosa, yang merupakan jenis gula yang terdapat pada susu sapi. Hal ini disebabkan kerena usus mereka tidak memproduksi laktase dalam jumlah yang cukup.

Lactase adalah enzim yang berperan untuk memecah laktosa menjadi gula yang lebih sederhana yang dikenal dengan sebutan glukosa dan galaktosa yang kemudian diolah oleh tubuh menjadi energi.

Anak dengan lactose intolerant kadang-kadang masih bisa mengkonsumsi laktosa dalam jumlah yang kecil, bergantung pada seberapa parah tingkat intoleran laktosanya. Laktosa yang tidak terolah oleh lactase tidak akan tercerna di usus hingga laktosa terfermentasi didalam menyebabkan anak menjadi kembung, mual hingga diare.

Cara yang bisa dilakukan oleh moms untuk meghindari hal tersebut adalah dengan menghindari anak mengkonsumsi susu, namun dengan begitu anak dikhawatirkan tidak mendapatkan asupan nutrisi dari susu seperti anak-anak tanpa lactose intolerant.

Susu dan produk turunannya merupakan salah satu sumber kalsium dan nutrisi yang bermanfaat untuk pertumbuhan anak. Lalu bagaimana ya solusinya bagi anak yang tidak bisa mengkonsumsinya?

Solusi terbaik yang bisa menjadi pilihan moms adalah dengan mengganti susu sapi dengan soya milk atau susu kedelai. Kebanyakan soya milk sekarang teah difortifikasi dengan kalsium dan nutrisi lainnya yang ada didalamnya pun tak kalah dengan nutrisi yang terkandung dalam susu sapi.

Dapatkan SGM Soya Presinutri 3 – Vanilla – 400gr di lazada.co.id

Meski soya milk berasal dari tumbuhan, kandungan protein, vitamin A, D, riboflavin dan B12 susu kedelai hampir sama dengan susu sapi.

Soya milk bisa memberikan manfaat kesehatan bagi anak-anak moms meskipun mereka tidak minum susu sapi. Keuntungan lain dari konsumsi soya milk adalah rendah lemak dan kalori. Dengan demikian konsumsi soya milk dapat membantu mencegah obesitas pada anak. Soya milk juga membantu dalam menurunkan resiko penyakit jantung karena sangat rendah kolesterol.

Kelebihan soya lainnya adalah mengandung isoflavin. Isoflavin ini berguna dalam menurunkan kolesterol, mencegah osteoporosis dan menurunkan resiko beberapa tipe kanker seperti kanker payudara dan kanker prostat. Kerenanya moms dan anggota family lainnya juga disarankan untuk mengkonsumsi susu kedelai.

Dapatkan Morinaga Chil Mil Soya 600gr di blibli.com

Tak sulit meminta anak untuk minum soya milk. Rasanya yang enak mudah disukai oleh banyak anak-anak. Beberapa anak bahkan lebih menyukai rasa soya milk daripada rasa susu sapi. Apalagi sekarang soya milk tersedia dalam berbagai rasa. Moms juga bisa menggunakan soya milk untuk membuat smoothie dan berbagai jenis desert kesukaan si kecil.

Dapatkan Nutricia – Nutrilon Royal Soya 3 Vanila 700gr di lazada.co.id

Reply

twenty + 18 =