Stimulasi Motorik Halus Bayi dengan Cara Ini, Moms!

Gerakan Motorik Halus Dapat Mempengaruhi Perkembangan Bayi. 

Stimulasi Motorik Halus Bayi dengan Cara Ini, Moms!

Rupanya perkembangan motorik halus bayi sudah dapat distimulasi sejak bayi baru berusia dini, bahkan saat bayi masih berumur satu hari. Sebagai orang tua tentu saja Moms ingin si kecil tumbuh dengan sempurna bukan, baik secara fisik maupun mental? Oleh karena itu, saat si kecil masih berusia 0 hingga 12 bulan, stimulasi motorik halus dengan beberapa cara ini, Moms. Yuk, simak baik-baik caranya.

Bayi 0-1 bulan

Saat bayi masih berusia 0 hingga 1 bulan, refleks genggam yang dibawa sejak dalam kandungan masih sangat nampak, Namun di akhir bulan, refleks genggam tersebut akan terlihat melemah seiring dengan bertambahnya usia bayi.

Stimulasi: 

Stimulasi Motorik 1

Moms dapat memberikan stimulasi dengan cara menyentuhkan jari-jari pada kedua telapak tangan si kecil. Sentuhan hangat dari ibu akan mmebuat refleksnya muncul kembali sehingga ia akan menarik ujung jari ibu. Kegiatan ini dapat melatih motorik halus si kecil dengan menguatkan jari-jarinya.

Bayi 1-3 bulan

Pada usia ini, tangan bayi akna lebih sering mengepal, meskipun lebih lentur. Posisi tangan ini masih akan terus berlangsung hingga usia 3 bulan dimana bayi mulai membuka telapak tangannya.

Stimulasi:

Pada usia ini, stimulasi paling tepat yang Moms berikan adalah dengan memberikan arahan untuk membuka tangannya ketika bayi sedang santai. Sentuhan halus dari ibu akan merangsangnya untuk membuka kepalan tangan. Lakukan terus menerus sembari bersenandung agar si kecil lebih menikmati.

Bayi 3-6 bulan

Jari bayi sudah mulai digunakannya untuk bereksplorasi dengan benda sekeliling. ia juga sudah mulai mengamati apa saja yang terjadi di sekelilingnya.

Stimulasi:

Stimulasi Motorik 2

Moms masih tetap harus memberikan stimulasi motorik halus pada usai ini. Berikan mainan yang berbunyi atau rattle agar si kecil tertarik untuk meraihnya. Letakkan bayi pada bouncer atau tempat tidur dan rangsang dengan berbagai mainan menarik di atasnya, ia akan sangat senang dan berusaha untuk meraih mainan tersebut.

Bayi 6-9 bulan

Si kecil sudah pandai memegang benda, bahkan ia sudah dapat memindahkannya.

Stimulasi:

Stimulasi Motorik 3

Berikan dukungan pada si kecil dengan cara memberikannya makanan yang dapat dipegang sendiri (finger food) seperti biskuit, buah potong, dan lain sebagainya, Moms juga dapat memberikan mainan genggam warna warni yang dapat dipegangnya sendiri. Mengajari si kecil untuk minum dengan gelas bertelinga juga baik dilakukan pada masa ini.

Bayi 9-12 bulan

Selamat Moms, perkembangan motorik halus si kecil sudah berkembang pesat! Ia sudah dapat menjepit benda dengan kedua tangannya sendiri. Dan kekuatan jarinya pun sudah berkembang dengan sempurna.

Stimulasi:

Moms dapat mengajarkan bagaimana cara mengambil biskuit dari toples dengan tanggannya sendiri. Si kecil juga sudah bisa diberi kepercayaan untuk menyusun balok dengan kemampuannya. Fase ini sangat penting bagi pertumbuhannya kelak, Moms. Jadi manfaatkan setiap momen dengan baik ya.

Reply

thirteen + 17 =