Sulit Hamil pada Pasangan Baru? Ini Penyebabnya

8 Fakta Mengapa Sulit Terjadi Kehamilan pada Pasangan Baru!

Meski usaha untuk hamil sudah lama dilakukan, namun seringkali baby tetap saja belum muncul.

Keinginan sangat kuat untuk segera hamil membuat Moms stres. Padahal stres bisa memicu wanita sulit untuk hamil (infertile).

Tapi jangan pesimis Mom, banyak pasangan yang memerlukan waktu untuk memperoleh keturunan.

Beberapa fakta mengapa tidak segera terjadi kehamilan.

 Sulit Hamil 1

Fakta 1. Jangan Pernah Menunda Kehamilan Anda

Banyak Moms yang rela menunda kehamilan untuk alasan tertentu, misalnya dengan menggunakan obat KB.  Padahal, penggunaan pil KB sebelum Moms memiliki baby akan berdampak buruk bagi rahim.

Moms yang telah menyuntik homon pengendali kelahiran memerlukan waktu sekitar 1 tahun agar kesuburannya dapat pulih kembali. Tubuh harus mulai mengatur ulang periode menstruasi,  agar mencapai ovulasi secara berkala untuk meningkatkan kesuburan.

Meskipun siklus menstruasi sudah mulai normal lagi, namun proses ovulasi memerlukan waktu beberapa saat untuk normal lagi.  Moms cenderung akan mengalami kesulitan pada masa berikutnya untuk mendapatkan baby. Namun jangan khawatir, hormon pengendalian kelahiran sendiri tidak menyebabkan mandul.

Fakta 2. Usia Mempengaruhi Kesuburan

Pada Moms usia kesuburan berlangsung lebih cepat. Puncak kesuburan ada pada rentang usia 20-29 tahun. Peluang untuk hamil memiliki kesempatan 95%..

Pada usia 30-an prosentasenya menurun hingga 90%. Sedangkan memasuki usia 40, kesempatan hamil berkurang hingga menjadi 40%. Setelah ada pada usia 40 wanita hanya punya maksimal 10% kesempatan untuk hamil. Semakin tinggi usia, peluang kemungkinan bisa hamil lebih kecil.

 Sulit Hamil 2(sumber)

Fakta 3. Posisi dan Teknik Hubungan Intim

Tidak semua posisi hubungan intim bisa memberi peluang yang sama untuk terjadinya pembuahan.  Aneka posisi punya kelebihan dan kekurangan. Teknik hubungan intim yang popular adalah ala budaya India, yaitu Kamasutra.

Posisi dan teknik saat berhubungan intim tidak mempunyai pengaruh yang signifikan dalam pembuahan. Tidak ada riset yang benar-benar bisa membuktikan salah satu posisi hubungan intim bisa membuat pasangan memiliki kesempatan hamil lebih besar dari yang lainya.

Pilih posisi yang paling memungkinkan, agar sperma dapat melintasi rongga rahim dan tepat mencapai sel ovum. Konsultasikan dengan dokter ahlinya. Akan lebih bagus hal ini menjadi bagian dari serangkaian kombinasi yang kemudian diprogram.


Cara Cepat Hamil

 

Fakta 4. Bebas Penyakit Menular Seksual

Pastikan Moms & Dads bebas dari penyakit PMS (Penyakit Menular Seksual). Infeksi dapat mencegah ovulasi dan mengurangi kemampuan untuk hamil. Moms yang terinfeksi penyakit menular seksual, ada kemungkinan akan menjadi mandul.

Penyakit seperti klamidia dan gonore menyebabkan penyakit radang panggul yang dapat menyebar ke organ reproduksi.

 Sulit Hamil 3

Fakta 5. Frekuensi Hubungan Intim

Masa 14 hari setelah masa menstruasi adalah masa-masa Moms subur. Inilah saat tepat untuk berhubungan intim.

Frekuensi berhubungan intim, idealnya adalah sekitar 2-3 kali seminggu, agar sperma kuat dan bisa membuahi ovum dengan baik. Frekuensi hubungan intim yang terlalu sering, cenderung akan mengurangi kesempatan wanita untuk cepat hamil. Jika laki-laki terlalu sering ejakulasi, kemungkinan jumlah dan kualitas sperma-nya pun akan berkurang.

Sebaiknya, hindarkan pemakaian zat aditif apapun. Zat pelicin akan mengandung komponen-komponen yang bisa merusak fisik sperma. Penggunaan pelicin  misalnya, tidak dianjurkan untuk pasangan yang ingin segera memiliki anak.

 

Fakta 6.  Stop Merasa Cemas!

Relaks dan menjaga agar tidak stres merupakan dukungan yang paling kuat terhadap kesuksesan proses konsepsi (pertemuan & perlekatan sel sperma dengan sel ovum). Ini akan memperkuat jiwa yang positif.

Riset yang diterbitkan American Society for Reproductive Medicine, wanita yang mencemaskan proses fertilisasi-nya akan memiliki kemungkinan mengalami fertilisasi  lebih kecil.

 

Sulit Hamil 4

Fakta 7. Tahu Peluang Anda!

Jangan menjadi stres jika Moms tidak segera hamil!. Setelah semua usaha dilakukan, Moms sendiri sebenarnya hanya punya kesempatan sekitar 20 persen setiap kali Moms berovulasi. Peluang termasuk kecil dalam satu kali ovulasi.

Banyak faktor yang berpengaruh. Moms memiliki sekitar 3 (tiga) hari masa subur setiap siklus bulanan.  Saat berhubungan intim pun sebaiknya pada waktu yang tepat. Sementara kualitas sperma pun teruji agar mampu berenang dan mencapai sel ovum.

 

Fakta 8. Konsultasi dengan Dokter

Lakukan check-up ke dokter!. Terutama untuk mengetahui kaitan nya dengan penyakit ginekologi. Sesi konseling pra-konsepsi diperlukan untuk mendiskusikan kebiasaan gizi makanan, sejarah medis, serta check-up kesehatan.

Selain itu, konsultasi bisa digunakan sekaligus  sebagai sarana mendiskusikan dengan dokter tentang faktor-faktor apa saja yang dapat menyebabkan komplikasi saat kehamilan.

Sulit Hamil 5

Sebagai usaha untuk mencapai kehamilan, sebaiknya yang diperiksa tidak hanya Moms saja,namun  Dads pun juga perlu melakukan chek-up.

Bagaimana pun, pembuahan akan terjadi pada saat sel sperma bertemu dengan ovum dalam kondisi yang tepat. Soal tekniknya, bisa dipelajari di banyak informasi yang tersebar luas. @

 

Reply

two × four =