Intip Tips Rahasia Dokter Kandungan Untuk Aktivitas Aman Saat Hamil

Moms mungkin merasa khawatir jika menjalankan aktivitas saat hamil, seperti mengepel, mencuci dan memasak.

Para ibu khawatir akan mempengaruhi janin terutama kehamilan muda. Padahal kegiatan tersebut dapat dilakukan Moms asalkan tidak mengalami kelelahan dan perasaan tertekan. Jika tak sempat berolahraga, pekerjaan rumah tangga bukan lagi beban tapi bisa dimanfaatkan sebagai ganti olahraga. Berikut kami berikan Tips Rahasia Dari Dokter Kandungan Dalam menjalankan aktivitas aman saat hamil.

Mengepel, mengelap jendela, dan menyapu adalah kegiatan yang dapat melancarkan peredaran darah serta mengandalkan otot yang diperlukan dalam persalinan. Selain rumah jadi bersih, tubuh moms  pun sehat.

Menjalankan Aktivitas Saat Hamil 1


Berikut ini Tips Menjalankan Aktivitas Aman Saat Hamil Agar Moms Tetap Aman Menjalankanya:

  • Ketika berdiri dan berjalan saat beraktifitas pastikan tumit menjejak lantai lebih dahulu agar kaki dapat menapak lebih kuat dan stabil dan tidak membuat Moms terjatuh.

  • Pilih sapu dengan tangkai panjang sesuai dengan tinggi badan Moms. Lakukan gerakan menyapu dengan kedua tangan.

  • Menyapu bergantian kedua tangan kanan dan tangan kiri agar beban otot tangan kanan dan kiri menjadi seimbang.

  • Usahakan agar bahu Moms dalam posisi santai.

  • Kenakan masker penutup hidung agar tidak menghirup debu.

  • Jangan memindahkan furniture, perubahan pusat gravitasi dan keseimbangan perut membuat Moms lebih beresiko terjatuh. Hormon kehamilan telah melunakkan jaringan ikat Moms , ligamen, dan tendon, membuat Moms lebih rentan cedera. Para ahli menyarankan agar Moms mengurangi mengangkat beban sebesar 20 hingga 25 persen pada masa kehamilan.

  • Hindari penyiraman yang dilakukan dengan membawa air dengan ember besar dengan beban yang berat. Sebab dalam kondisi hamil Moms biasanya akan mudah kehilangan keseimbangan yang nantinya akan membahayakan jika Moms terjatuh. Selain itu ligamen Moms lebih lemas di kala hamil sehingga dikhawatirkan akan menimbulkan cidera.

  • Jika Moms berkebun, hendaknya tidak secara langsung menyentuh pupuk dan tanah atau kegiatan menggali tanah. Moms boleh melakukan hal lainnya seperti merawat tanaman dengan menyingsingkan dedaunan, memangkas serta memanen buah.


Catatan penting, hentikan aktivitas rumah tangga bila :

  • Muncul flek atau pendarahan dari vagina

  • Sakit kepala

  • Demam

  • Nyeri dan kontraksi pada bagian perut

  • Kram perut

  • Tegang pada punggung dan pinggang

  • Pecah ketuban

  • Merasa lelah

Berbagai aktifitas rumah tangga yang aman Moms lakukan di rumah:

Aktifitas Mengepel

Menjalankan Aktivitas Saat Hamil

Aktifitas ini sebaiknya dihindari di trimester pertama. Mengepel dengan cara tradisional menungging atau bersujud, dapat dimulai pada minggu ke-34 ketika janin sudah bersiap turun ke jalan lahir.

Lakukan gerakan dromedary droop, dengan menungging posisi kedua kaki ditekuk, tangan dalam posisi tegak lurus, telapak tangan dan lutut menempel ke permukaan lantai.

Lalu angkat pinggang dan panggul ke atas, tundukkan kepala, dan tahan sampai hitungan ke -8. Gerakkan kain pel untuk membersihkan lantai.

Mengepel dapat menguatkan otot-otot punggung, bokong, panggul, dan membantuposisi janin mendekati jalan lahir. Gerakan ini sangat dianjurkan bagi bayi sungsang agar posisi kembali ke normal. Bukandalam posisi dromedary droop melainkan posisi knee-chest yaknimenungging dalam posisi lutut lebih rendah dari bokong, lutut dantelapak tangan menempel di permukaan lantai.

Mengelap jendela

Menjalankan Aktivitas Saat Hamil 3

Moms akan menggunakan kedua lengan dan kaki, dan mengandalkan kekuatan otot panggul dan pinggang. Mengelap jendela dilakukan dalam posisi berdiri. Gerakan ini dapat menguatkan otot-otot lengan, paha bagian atas, kaki, serta melenturkan otot-otot pinggang dan panggul. Otot panggul yang lentur akan dapat memudahkan Moms dalam persalinan.

Menyapu

Menyapu sama dengan berjalan kaki yang melatih otot-otot lengan serta tangan. Saat menjangkau debu di kolong meja atau lemari, Moms mengandalkan otot lengan saat meluruskan lengan. Posisi tubuh berdiri setengah membungkuk yang disebut posisi forward bend juga bermanfaat seperti:

Memperkuat otot paru-paru dan jantung Moms

Memacu jantung Moms agar melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh

Meningkatkan stamina Moms , memperkuat otot-otot tungkai, lengan, dan pinggang.

Menggunakan alat vacuum cleaner hampir sama dengan menyapu, yakni mengandalkan kaki, tangan dan kekuatan otot tubuh saat harus setengah membungkuk.

Menyiram tanaman dan berkebun

Menjalankan Aktivitas Saat Hamil 4

Aktifitas ini tergolong Aktivitas aman saat hamil jika Moms melakukannya dengan menggunakan selang air. Dekatkan selang air ke tanaman dan siram dengan perlahan, batasi percikan air agar tidak mengenai Moms sehingga basah kuyup. Sebab, percikan air dingin di pakaian, di kaki dan tangan Moms dapat membuat mudah terkena masuk angin.

Kegiatan ini sangat baik sekali bagi Moms terutama dampak positif psikologis dari kegiatan berkebun yang menimbulkan perasaan senang karena berinteraksi dengan alam.

Menyetrika

Menjalankan Aktivitas Saat Hamil 5

Kegiatan ini dapat dilakukan Moms asalkan pada posisi yang benar. Terkadang Moms menyeterika dengan posisi duduk membungkuk dalam waktu yang lama sehingga tidak baik bagi tulang punggung Moms .

Carilah posisi yang memudahkan Moms seperti berdiri tapi tidak terlalu lama. Pekerjaan ini akan ringan dilakukan jika tidak sekaligus menyelesaikan banyak tumpukan pakaian. Caranya adalah menyelinginya dengan aktivitas lain.

Meski semua ini kegiatan rumah tangga, sebaiknya tetap konsultasikan dulu pada dokter kandungan sebelum Moms melakukannya. Dalam masa kehamilan, Moms mungkin berpikir tidak ada yang mengangkat furnitur sementara Moms menginginkan suasana rumah yang lebih baik.

Tapi karena kenyataannya Moms hamil, Moms harus mengabaikan kekuatan yang Moms miliki pada kondisi biasa dan lebih banyak beristirahat serta Berikut Tips Membangkitkan Kebahagiaan Saat Hamil Agar Terhindar dari Stress

Reply

one × three =