Yuk Moms, Ajak Si Kecil Untuk Mendapatkan Imunisasi Polio di Pekan Imunisasi Nasional Polio 2016

Pekan Imunisasi Nasional Polio (PIN Polio) 2016 akan dilaksanakan pada 8 sampai 15 Maret 2016.

Adapun sasaran dari PIN Polio ini adalah anak usia 0 sampai 59 bulan tanpa memandang status imunisasi polio sebelumnya.

Jadi, meskipun si kecil sudah pernah di imunisasi polio, moms tetap diharuskan untuk membawa sikecil ke PIN Polio untuk mendapatkan imunisasi polio tambahan.

Tujuan diadakannya PIN Polio gratis ini adalah untuk mengurangi resiko penularan virus polio serta memberikan perlindungan secara optimal secara merata kepada balita-balita di Indonesia terhadap kemungkinan munculnya kasus polio. Indonesia memang telah dinyatakakan bebas polio sejak bulan Maret 2014 lalu oleh WHO, namun demikian Indonesia masih dikategorikan sebagai negara dengan resiko penularan polio yang tinggi, sebabnya karena masih ada balita yang tidak mendapatkan vaksin polio dan atau adanya penularan dari negara lain.

Penyakit Polio merupakan penyakit pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus Polio. Penyakit polio haruslah diwaspadai karena dapat menyebabkan kelumpuhan pada kedua kaki dan otot-otot wajah hingga otot pernafasan jika tidak mendapatkan penanganan segera.

Hingga saat ini belum ada obat yang secara efektif mampu menyembuhkan penyakit polio. Pemberian obat antivirus juga tidak berpengaruh. Karenanya pencegahan merupakan satu-satunya cara terbaik untuk menyelamatkan buah hati moms dari bahaya penyakit ini.


 

Penyebaran penyakit polio bisa dengan cepat terjadi terjadi melalui kontak langsung dengan kotoran (tinja) atau air liur manusia yang telah ternfeksi oleh virus polio ataupun lewat makanan dan air yang sudah terkontaminasi virus yang sama. Penyakit yang pada umumnya menyerang anak umur 0-3 tahun ini ditandai dengan munculnya demam, lelah, sakit kepala, mual, kaku di leher dan sakit di tungkai dan lengan

Pencegahan penyakit polio membutuhkan kerja sama semua pihak, dan yang terutama adalah kerja sama orang tua para balita untuk ikut serta dalam menyukseskan PIN Polio. Pemberian imunisasi polio di Pekan Imunisasi Nasional Polio ini akan dilaksanakan di Posyandu, Polindes, Poskesdes, Puskesmas, Puskesmas Pembantu dan Rumah Sakit serta pos pelayanan imunisasi lainnya di bawah koordinasi dinas kesehatan setempat.

Adapun bentuk imunisasi polio yang diberikan adalah imunisasi oral, yaitu imunisasi yang diberikan dengan cara di teteskan ke mulut bayi sebanyak dua tetes. Pemberian imunisasi ini akan dilakukan oleh petugas medis untuk menjaga kualitas imunisasinya.

Reply

twelve + seventeen =